Dampak dari rasa malas.| Unsplash.com
Dampak dari rasa malas.| Unsplash.com

5 Dampak Dari Rasa Malas Yang Terjadi Terus Menerus

Diposting pada

Dampak dari rasa malas ternyata dapat mempengaruhi kehidupanmu secara signifikan.  Tidak heran apabila orang tua jaman dahulu tidak bersikeras untuk melarang anak-anak nya bermalas-malasan. Tentunya hal tersebut dilakukan karena akan merugikan kamu juga di masa depan. Sehingga hal tersebut perlu diatasi dengan cepat.

Dampak Dari Rasa Malas

Dampak dari rasa malas.| Unsplash.com
Dampak dari rasa malas.| Unsplash.com

Ada beberapa dampak yang akan kamu rasakan apabila sifat malas ini secara terus-menerus dibiarkan begitu saja. Meskipun tidak dipungkiri rasa malas dapat menyerang siapa saja, baik anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Lantas apa saja dampaknya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini!

1.    Mengalami Masalah Ekonomi Maupun Sosial

Disadari atau tidak, rasa malas dapat mempengaruhi keadaan ekonomi , baik di masa sekarang maupun di masa depan. Bagaimana tidak? Untuk mendapatkan uang tentu semua orang butuh untuk bekerja, bukan? Apabila kamu bermalas-malasan pekerjaan tersebut tidak dapat dikerjakan dengan maksimal sehingga mempengaruhi reputasi kinerja kamu. Dimana hal tersebut dapat berdampak pada pemotongan gaji bahkan pemecatan.

Selain bekerja, jika kamu adalah seorang pengusaha kemudian tidak melakukan inovasi dan memperhatikan kebutuhan karyawan karena malas-malasan maka akan menyebabkan kebangkrutan. Selain berdampak pada kondisi finansial, ternyata sifat ini pun berpengaruh terhadap kehidupan sosial yang kamu jalankan. Dimana kamu sering bersikap acuh terhadap lingkungan, hidup  semaunya tanpa memperhatikan kepentingan umum,  dan lain sebagainya. Maka, kehidupan sosial mu pun tidak akan harmonis.

Baca Ini Juga  Tips dalam Menentukan Nama Toko Online yang Menjual

2.    Menghabiskan Waktu Untuk Hal Yang Cenderung Sia-Sia

Kemalasan pun ternyata dapat mempengaruhi rutinitas yg dilakukan. Dimana kamu sering menghabiskan waktu hanya untuk melakukan suatu hal yang sebabnya tidak terlalu penting, misalnya nongkrong sampai pagi tanpa alasan yang jelas, bergosip, dan lain sebagainya. Tentu hal tersbeut membuat kamu tidak akan berkemabng, baik secara hard skill maupun soft skill.

Maka, cobalah untuk mengubah hal tersebut secara perlahan-lahan. Jika perlu paksakan diri untuk mengikuti course atau pelatihan hard skill yang sesuai dengan minat dan tujuan karirmu. Dengan begitu, waktu yang kamu lakukan akan lebih bermanfaat. Bisa juga kamu mengisinya dengan olahraga sehingga tubuhmu akan lebih bugar.

3.    Menimbulkan Sikap Lalai

Dampak selanjutnya adalah secara tidak sadar atau pun sadar maka kebiasaan ini akan menimbulkan sikap lalai terhadap apa yang kamu kerjakan. Baik karena tidak fokus atau hanya karena malas melakukan tugas tersebut dengan maksimal. Maka tidak heran apabila pekerjaan tidak dilakukan dengan benar.

Baca Ini Juga  Cara Mendownload Aplikasi Terlarang di Play Store Tanpa Root

Sehingga pada akhirnya hal tersebut pun membuat pekerjaanmu tambah kacau. Padahal dengan memperhatikan hal sekecil apapun, pekerjaan akan lebih mudah selesai dengan maksimal. Daripada kamu cepat melakukan pekerjaan, tetapi ternyata banyak yang harus dibereskan setelahnya. Tentu hal tersebut hanya akan menguras energi maupun waktu, bukan?

4.    Dampak Dari Rasa Malas Yaitu Menyebabkan Pekerjaan Menumpuk

Rasa malas pun dapat menyebabkan pekerjaan yang kamu miliki menumpuk. Hal ini karena ketika kamu malas maka akan timbul sikap menunda-nunda pekerjaan. Maka tidak heran, apabila pekerjaan akan menumpuk seiring berjalanya waktu.

Bahkan ketika kamu ingin menyelesaikannya semuanya, kemungkinan kamu akan merasa kewalahan. Pasalnya, seringan apapun bobot pekerjaannya, jika banyak dan harus dikerjakan dengan durasi waktu yang sempit, tentu itu tidaklah mudah, bukan?

5.    Tingkat Kepercayaan Orang Lain Menjadi Rendah

Pernah tidak kamu merasa malas, lalu melakukan sesuatu dengan ala kadarnya? Karena yang paling penting adalah pekerjaan tersebut selesai. Nah, ternyata hal tersebut dapat menjadi bumerang karena dapat merugikan diri sendiri.  Misalnya, kamu baru merintis bisnis catering dan ada yang memesan 500 box.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank Maspion dan Jabatannya

Namun, karena kamu merasa malas untuk mengecek detail pesanan karena dirasa sudah hafal akhirnya menyebabkan pesanan salah. Dimana harusnya ada kentang balado, kamu lamah hanya menyediakan kentang goreng saja. Tentu hal tersebut dapat berimbas kepada tingkat trust atau kepercayaan pelanggan pada usahamu.

Dampak dari rasa malas diantaranya adalah menimbulkan masalah finansial maupun sosial, membuat melakukan sesuatu dengan alakadarnya, menyebabkan pekerjaan menumpuk, dan lain sebagainya. Dengan beberapa dampak tersebut, sebaiknya kamu coba untuk menggali lebih dalam apa yang membuatmu malas dan atasi hal tersebut secepat mungkin.