Manfaat bekerja part time.| Unsplash,com
Manfaat bekerja part time.| Unsplash,com

Apa Manfaat Bekerja Part Time Untuk Anak Kuliah? Simak Ini!

Diposting pada

Ada beberapa manfaat bekerja part time yang akan kamu rasakan. Dari mulai belajar mandiri hingga mendapatkan uang saku. Selain itu, mental kamu pun akan lebih terarah sehingga lebih siap[dalam menghadapi dunia pasca lulus dari kampus.

Manfaat Bekerja Part Time Bagi Anak Kuliah

Manfaat bekerja part time.| Unsplash,com
Manfaat bekerja part time.| Unsplash,com

Bekerja part time merupakan pekerjaan yang dikerjakan dengan hitungan jam atau bisa juga setengah hari. Dimana hal tersebut tergantung dari kebijakan atau kesepakatan dari kedua belah pihak. Namun, biasanya kerja part time itu durasinya 3 sampai dengan lima untuk setiap harinya. Inilah beberapa manfaat yang aku rasakan apabila melakukan pekerjaan ini!

1.    Manfaat Kerja Part Time: Uang Saku Bertambah

Seperti hal nya pekerjaan full time, bekerja dengan sistem ini pun berhak mendapatkan gaji. Selain itu, besaran gajinya itu tergantung dari kebijakan pemberi. Biasanya ada yang gajinya memang per jam sampai dengan per tiga jam. Untuk hitungan jam, biasanya diberlakukan lembaga pendidikan. Seperti kursus atau privat class.

Baca Ini Juga  Musicallydown.com TikTok, Pengunduhan Video Audio Cepat

Selain itu, selama bekerja kamu pun perlu menaati peraturan yang telah disepakati bersama. Sehingga sangat penting sebelum bekerja kamu mengetahui sistem gaji, peraturan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Kamu mengetahui apa saja kewajiban maupun  hak yang menjadi milikmu.

  1. Memiliki Waktu Fleksibel

Apabila kamu bekerja dengan sistem ini, maka kamu tidak perlu khawatir pembelajaran selama proses kuliah akan terganggu. Hal ini karena dasarnya pekerjaan ini berdasarkan kesepakatan sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal kuliahmu.

Maka cobalah untuk merinci jadwal kuliahmu dan di waktu kapan saja kamu memiliki waktu kosong. Nah, gunakanlah waktu tersebut untuk kamu bekerja part time. Selain itu, biasanya aka nada hari libur bekerja dan hal tersebut pun berlaku untuk kamu. Meskipun kamu bukanlah pegawai atau bekerja dengan sistem full time.

3.    Mengenal Dunia Kerja

Apabila kamu memutuskan untuk bekerja part time maka kamu dapat mengenal dunia kerja secara langsung. Baik itu secara suasana, lingkungan, dan lain sebagianya.  Bahkan kamu pun dapat mengenal lebih jauh karakteristik orang-orang saat bekerja. Meskipun karakter tersebut tidak bisa dijadikan patokan akan selalu ada dalam dunia kerja nantinya.

Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman Bank BCA Jaminan Sertifikat Rumah

Namun, disini kamu akan lebih mengenal bagaimana sistem pekerjaan maupun karakter atasa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja dari seorang pegawai. Bahkan budaya lingkungan bekerja pun dapat mempengaruhi seseorang sehingga berimbas terhadap kinerja seseorang. Nah, dengan begini nantinya kamu tidak akan syok ketika harus terjun dalam dunia kerja.

4.    Belajar Untuk Lebih Mandiri

Ketika kamu bekerja part time, maka kamu pun harus mampu mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Salah satunya adalah memanage waktu antara kuliah, istirahat, belajar, dan kerja. Selain itu, kamu pun akan lebih menghargai uang yang kamu miliki. Pasal Nyalanya kamu mengetahui dengan baik bagaimana susahnya mencari uang.

Sehingga kamu akan menggunakannya dengan bijak dan jika ingin sesuatu maka kamu akan berusaha mewujudkannya dengan usahamu sendiri. Namun, meskipun begitu, kamu akan tahu kapan harus meminta tolong dan kapan untuk menyelesaikannya sendiri. Bahkan ketika kamu bekerja part time, mau tidak mau kamu harus terbiasa dalam memecahkan masalah yang dihadapi,

Baca Ini Juga  Prediksi Harga Saham ADRO dan Analisanya

5.    Pengalaman Bertambah

Salah satu manfaat bekerja part time yang tidak terlupakan adalah mendapatkan pengalaman yang berharga. Dengan pengalaman tersebut, kamu akan lebih mengetahui cara menghadapi orang, menghadapi masalah, dan lain sebagainya. Bahkan bisa jadi yang awalnya kamu tidak menguasai suatu bidang, tetapi lama-kelamaan karena berlatih akhirnya kamu mengatasi hal tersebut dengan baik.

Manfaat bekerja part time untuk anak kuliah memang banyak, dari mulai mendapatkan pengalaman, mendapatkan uang saku, memiliki waktu fleksibel, dan lain sebagainya. Selain itu, pekerjaan ini pun dapat dijadikan sebagai suatu latihan ketika kelak kamu bekerja nantinya. Meskipun bidang pekerjaan part time tidak sesuai dengan karir yang ingin kamu capai.