ciri-ciri  teman yang iri.| Unsplash.com
ciri-ciri  teman yang iri.| Unsplash.com

Apa Saja Ciri- Ciri Teman Yang Iri?

Diposting pada

Ada beberapa ciri- ciri  teman yang iri perlu kamu ketahui lebih jauh. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang itu iri terhadapmu. Biasanya, orang ini merupakan orang terdekat kamu, salah satunya adalah teman.

Ciri- Ciri Teman Yang Iri

ciri-ciri  teman yang iri.| Unsplash.com
ciri- ciri teman yang iri.| Unsplash.com

Pernah tidak kamu memiliki seorang teman yang tidak menyukai kebahagiaan kamu. Bahkan sering meremehkan setiap apa yang kamu dapatkan. Inilah beberapa ciri-ciri teman yang sebenarnya iri dengan kehidupanmu.

1.      Tidak Senang Dengan Kabar Gembira

Pada umumnya seorang teman yang memiliki perasaan iri padamu, ia tidak akan senang ketika mendengar kabar gembira dirimu. Misalnya, kamu berhasil diangkat menjadi manajer di sebuah perusahaan. Ia cenderung akan mengalihkan pembicaraan dan bersikap cuek. Dimana normalnya, seorang teman akan ikut senang dengan kebahagiaan.

Bahkan bisa jadi, ia benar-benar menunjukannya dari mimic mukanya atau tatapan matanya dan kamu merasakan bahwa mereka tidak menyukai atas informasi yang kamu sampaikan. Bisa jadi memang benar mereka memiliki perasaan yang iri padamu.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT PP Persero Tbk dan Jabatannya

2.      Kerap Memuji Dengan Menampilkan Kelemahanmu

Pernah tidak kamu mendapatkan suatu hal yang membahagiakan atau kamu berhasil terhadap suatu bidang. Misalnya, kamu telah berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar. Teman-teman yang lain tentunya ikut berbahagia atas keberhasilanmu tersebut. Terutama mengingat perjuanganmu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Namun, ada salah satu temanmu yang memujimu tetapi disisi lain melemahkanmu juga. Hal tersbeut sebenarnya dilakukan untuk menutupi rasa jengkel atau kesalnya saja.  Misalnya, “ Selamat ya, padahal kan kamu tidak terlalu pintar ya. Berarti itu hanya keberuntungan buatmu”. Bisa juga dengan mengutarakan, “ Hebat sih bisa keterima di perusahaan yang bergengsi meskipun nanti nggak tahu kamu bisa bertahan apa nggak. Soalnya kamu kan orangnya baperan”.

3.      Berubah Sikap Menjadi Lebih Dingin

Apabila kamu sudah melihat temanmu tersebut selalu berubah sikap ketika kamu berhasil mendapatkan sesuatu, tentu perlu ditanyakan. Apakah dia benar-benar tulus berteman denganmu atau tidak. Bahkan bisa jadi, tidak hanya kepada dirimu saja, tetapi hal tersebut pun sering dilakukan kepada teman-teman yang lainnya. Misalnya, ketika kamu mendapatkan promosi dari kantor dan dia gagal mendapatkannya. Dia akan berubah sikap kepadamu.

Baca Ini Juga  5 Cara Ampuh Dalam Mengatasi Rasa Sakit Perut!

Padahal sebelumnya, baik-baik saja dan sudah sepakat siapapun yang mendapatkan promosi maka akan didukung. Akan tetapi, hal tersebut malah sebaliknya, temanmu tiba-tiba bersikap dingin kepadamu. Dimana makan selalu bareng, tetapi kali ini dia menolak bahkan tidak mau berbicara denganmu. Bahkan hal tersebut bukan hanya sekali dua kali, tetapi setiap kamu mendapatkan hal-hal baik temanmu akan berubah bersikap dingin padamu.

4.      Ciri Teman Yang Iri: Berusaha Menjatuhkanmu

Ciri teman yang iri selanjutnya adalah ia akan berusaha untuk menjatuhkanmu dengan berbagai cara. Bahkan dia akan mengikuti segala hal yang kamu lakukan. Mislanya, perlombaan, membngun bisnis, dan lain sebaginya. Temanmu tersebut akan berusaha untuk selalu lebih unggul dibandingkan dirimu.

Meskipun dengan melakukan cara-cara yang tidak baik atau tidak dibenarkan. Ia pun sering menjelek-jelekan kamu atau membicarakan hal yang tidak-tidak dibelakangmu. Bahkan kerap menghasut orang untuk tidak menyukaimu. Namun, biasanya, hasutan ini lebih halus dan tidak terang-terangan menyebutkan bahwa dia membencimu.

Itulah beberapa ciri-ciri orang yang iri, dimana hal tersebut wajib kamu ketahui. Apabila kamu menemukan orang seperti ini, maka sebaiknya tidak perlu untuk memberikan informasi mengenai rencana-rencanamu kedepannya. Hal ini karena biasanya tipe-tipe teman seperti ini akan menjatuhkanmu atau semua rencana yang kamu buat. Sehingga kamu pun akan ragu untuk melakukannya.

Baca Ini Juga  Cara Bayar Baf Lewat M Banking BCA, Cepat dan Mudah