Dampak adu domba.| Unsplash.com
Dampak adu domba.| Unsplash.com

Apa Saja Dampak Dari Adu Domba?

Diposting pada

Dampak adu domba ternyata dapat berimbas pada segala aspek kehidupan. Baik dari pekerjaan maupun rutinitas sehari-hari. Meskipun hal tersebut dilakukan pasti karena suatu hal. Pasalnya   tidak mungkin orang akan melakukan suatu hal tanpa alasan yang jelas, bukan?

Disamping merugikan orang lain, ternyata hal ini pun akan merugikan diri sendiri. Maka tidak heran banyak orang yang menyebutkan bahwa perilaku atau sifat ini memang sia-sia atau hanya menguras energi saja

Dampak Dari Adu Domba

Dampak adu domba.| Unsplash.com
Dampak adu domba.| Unsplash.com

Ada beberapa dampak  dari adu domba yang akan dirasakan oleh orang lain maupun dirinya sendiri. Ketika kamu melakukan adu domba untuk alasan apapun. Nah apa saja nampaknya? Yuk simak informasi berikut ini dengan teliti ya!

1.      Permusuhan Antar Sesama

Hal pertama yang disebabkan oleh adu domba adalah melahirkan sebuah permusuhan antar sesama. Baik itu antar teman, keluarga, tetangga, bahkan pasangan. Selain itu, permusuhan ini pun akan semakin besar sehingga mempengaruhi hal lainnya.

Misalnya finansial, kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Contohnya ketika seseorang akan melamar pekerjaan di perusahaan. Namun harus ditolak oleh HRD tempat ia melamar. Bukan karena  tidak kompeten tetapi tercipta rasa benci atau marahnya atas masalah yang disebabkan oleh orang yang mengadu domba yang dilakukan.

Baca Ini Juga  Cara Pembelian Coin Yalla Live Dari Android dan iOS

2.      Dapat Menyebabkan Terputusnya Ikatan Silaturahmi

Akibat lain yang disebabkan oleh adu domba adalah putusnya sebuah hubungan dengan  cara yang tidak baik. Tidak ada rasa persaudaraan antar satu sama lain dan bertemu di jalan  pun seolah tidak kenal atau layaknya orang asing.

Padahal dulunya ada saudara dan saling menghormati satu sama lain. Namun perilaku orang yang suka mengadu domba lah yang harusnya minta maaf. Jika sudah seperti itu, maka hilang lah sebuah rasa kasih sayang antar sesama. Bukan hal tersebut sangat merugikan? Nah, hal ini pun cepat lambat akan dialami oleh pelaku adu domba. Pasalnya jarang ada ketidakjujuran akan bertahan lama karena pada akhirnya orang pun akan mengetahui. Sehingga kemungkinan mereka akan enggan untuk menjalin hubungan terlalu intens dengan pelaku adu domba ini.

3.      Merusak Ketentraman Orang Lain

Adu domba pun dapat merusak ketenangan orang lain. Bagaimana tidak, informasi yang diterima pasti akan mengganggu ketenangan batin. Seperti memfitnah, menjelek-jelekan orang, dan lain sebagainya sehingga memancing emosi dari penerima informasi tersebut.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Kentang Goreng Frozen untuk Jualan

Misalnya, ketika seseorang menyampaikan bahwa pihak lain menjelek-jelekan kamu bahkan merencanakan sesuatu hal untuk menjatuhkan kamu. Apabila hal tersebut ditelan begitu saja, maka kamu akan tersulut amarah, bukan? Hingga kamu akan merasa overthiking dan pada akhirnya kamu merasa tidak tenang. Maka sebaiknya ketika mendengar kabar apapun, sebaiknya untuk memastikan terlebih dahulu.

4.      Dampak Dari Adu Domba Adalah Kehilangan Kepercayaan Orang

Pelaku adu domba pun akan kehilangan kepercayaan orang lain kepadanya. Meskipun dia ngerasa dirinya aman, tetapi yang sudah di bahas di atas bahwa tidak ada kebohongan yang abadi. Sehingga ketika orang yang diadu domba mengetahui semua kelakuan nya, ia akan hilang respect kepadanya. Bahkan lebih parah lagi akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Misalnya finansial, hubungan sosial, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa dampak dari adu domba. Dari berbagai dampak di atas, semua mengandung hal yang merugikan. Maka, usahakan tidak melakukan hal tersebut terlebih hanya untuk memuaskan ego dirimu saja. Baca juga informasi di rekomendasi.id karena banyak info yang bisa jadi kamu butuhkan di sana.

Baca Ini Juga  Promo Produk Kecantikan Allyoung Gratis Ongkir