Dessert buah.|Unsplash.com
Dessert buah.|Unsplash.com

Apa Saja Dessert Buah Yang Mudah Dibuat?

Diposting pada
Dessert buah.|Unsplash.com
Dessert buah.|Unsplash.com

Dessert buah merupakan makanan yang disajikan ketika penutup. Untuk jenis dessert sendiri sebenarnya banyak. Namun, kali ini akan membahas mengenai dessert yang sangat mudah untuk dibuat, Sehingga kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam membuatnya.

Dessert Buah Yang Mudah Dibuat

Untuk membuat dessert buah tidak perlu terlalu mewah, pasalnya kamu dapat membuat makanan ini dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Selain itu, harga dari bahan tersebut pun cenderung terjangkau. Adapun menu dessert tersebut adalah sebagai berikut!

1.   Puding Buah Naga

Rekomendasi menu dessert yang bukan hanya manis, tetapi juga sehat yakni, puding buah naga. Buah dengan warna merah yang pekat ini tentu saja akan sangat menarik dan terlihat menyegarkan. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan santapan ketika berbuka puasa. Adapun, untuk proses pembuatannya juga cenderung mudah.

Bahan baku makanan dibutuhkannya yakni, agar-agar plain sebanyak 1 bungkus atau kurang lebih seberat 7 gram. Kemudian, gula pasir sebanyak 5 sendok makan atau sesuai selera, air 480 ml, susu cair 240 ml, dan terakhir buah naga sebanyak satu buah atau kurang lebih 200 gram.

Baca Ini Juga  Bocoran Event Free Fire Juni 2021

Selanjutnya, untuk proses pembuatan dessert ini hampir mirip seperti membuat puding pada umumnya. Pertama, kamu hanya perlu memblender buah naga dengan susu cair. Kemudian, campurkan agar-agar, air, dan gula pasir kedalam panci lalu masak hingga setengah mendidih. Masukan buah naga dan aduk hingga mendidih, lalu masukan ke cetakan puding.

2.   Dessert Buah Es Pisang Ijo

Menu untuk dessert berikut ini mungkin sudah sangat tidak asing lagi yaitu, es pisang ijo. Menu ini bisa kamu pilih jika sudah terlalu bosan dengan menu pisang yang itu-itu saja. Untuk membuat es pisang ijo bahan baku makanan yang kamu butuhkan diantaranya pisang raja yang sudah matang sebanyak 5 buah, tepung beras 215 gram, garam ½ sendok teh, air daun suji 100 ml.

Kemudian, kamu juga membutuhkan sedikit pewarna makanan dan air 300 ml. kemudian, bahan-bahan untuk sausnya yaitu, santan 650 ml, tepung terigu 50 gram, gula pasir 75 gram, daun suji 1 lembar, garam ¼ sendok teh. Untuk membuat sausnya kamu cukup mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Blog Agar Menghasilkan Uang

Untuk membuat es pisang ijo pertama garam, air, pewarna hijau, air daun suji kedalam panci dan masak hingga mendidih. Kemudian, campurkan tepung beras secara perlahan-lahan sambil diaduk hingga adonan jadi kalis (tidak lengket). Lalu, tipiskan adonan tersebut menjadi lembaran untuk membalut pisang yang telah dikupas. Setelah itu kukus pisang selama kurang lebih 20 menit.

Kemudian, untuk bubur sumsumnya, kamu hanya perlu mencampurkan tepung beras dan garam, lalu didihkan hingga mengental. Terakhir, potong pisang ijo yang telah matang dan susun di mangkuk, tambahkan bubur sumsum dan siram dengan saus es pisang ijo.

3.   Sop Buah Spesial

Sop buah merupakan salah satu hidangan wajib yang selalu hadir saat bulan Ramadhan terutama ketika menjelang waktu berbuka puasa. Namun, menu takjil ini pun, enak untuk dijadikan makanan penutup. Pasalnya, selain memiliki rasa manis juga dapat menyegarkan. Adapun proses pembuatannya terbilang sangat mudah.

Kamu hanya perlu memilih buah-buahan yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera. Namun, jika kamu bingung untuk memilih buahnya kamu bisa mengikuti rekomendasi buah-buahan ini. adapun, buah-buahan tersebut diantaranya potong dadu papaya sebanyak 100 gram, semangka merah 100 gram, anggur yang dibelah dua 100 gram, nanas 100 gram, melon 100 gram, strawberry 100 gram.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Pabrik di Bekasi Terbaru

Kemudian, untuk bahan sirupnya es batu atau es serut secukupnya, air 1 liter, susu kental manis 100 ml, dan air 1 liter. Cara pembuatannya, pertama campurkan semua buah-buahan ke dalam mangkuk besar, aduk rata air, sirup vanili, dan susu kental manis kemudian tuangkan kedalam mangkuk buah, terakhir tambahkan es.