de permainan untuk mengisi liburan.|Unsplash.com
de permainan untuk mengisi liburan.|Unsplash.com

Apa Saja Ide Permainan Untuk Mengisi Liburan? Yuk Simak ini!

Diposting pada

Ada beberapa ide permainan untuk mengisi liburan dengan begitu momen tersebut pun akan lebih seru dan berkesan. Dibandingkan hanya diisi dengan memamerkan sesuatu seperti prestasi, materi, dan lain sebagianya. Sebaiknya bermain dan bersenang-senang bersama. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa tali persaudaraan antar sesama anggota keluarga maupun teman.

Ide Permainan Untuk Mengisi Liburan

de permainan untuk mengisi liburan.|Unsplash.com
de permainan untuk mengisi liburan.|Unsplash.com

Ada berbagai macam game yang bisa kamu dan anggota keluarga atau teman ikuti. Beberapa diantaranya membutuhkan sebuah alat untuk menunjang dan lainnya tidak membutuhkannya. Adapun ide tersebut adalah sebagai berikut!

1.    Permainan Memindahkan Air

Untuk memainkan permainan ini, kamu hanya membutuhkan ember, gayung atau botol aqua, dan air. Kemudian, isilah satu ember dengan penuh air dan satunya lagi dibiarkan kosong. Kamu dan teman-teman atau anggota keluarga tinggal memutuskan akan memindahkannya dengan gayung atau botol aqua. Jika sudah diputuskan, tentukan batasan waktu yang diberikan.

Misalnya, hanya lima menit dan permainan ini dilakukan secara estafet. Misalnya, ad alim anggota mak gayung yang dibutuhkan untuk dua kelompok adalah sepuluh. Kemudian, pindahkan secara perlahan-lahan air dari ember tersebut ke wadah yang satunya lagi.

Baca Ini Juga  Text Generator FF Unik dan Keren Symbol Color Terbaru

2.    Bermain Truth Or Dare

Permainan ini dapat menggunakan kartu , botol aqua atau lain sebagainya. Dimana yang kalah atau ditunjuk akan diajukan dua pertanyaan. Dimana pertanyaan tersebut adalh truth (berkata jujur dengan apapun yang ditanyakan) dan dare ( melakukan tantangan apapun yang diberikan). Namun, untuk tidak menyakiti siapapun, sebaiknya tentukan batasan terlebih dahulu sebelum bermain.

Sehingga tidak ada yang tersakiti. Misalnya, boleh bertanya apapun asalkan tidak menyakut hal yang sangat privasi seperti pendapatan, karakter pasangan, dan lain sebagainya. Begitupun dengan tantangan, apapun bisa. Asalkan tidak membahayakan diri maupun orang lain.

3.    Petak Umpet

Permainan ini sama hal nya dengan permainan yang lainnya. Dimana ada satu penjaga dan yang lainnya bersembunyi. Nantinya, akan dicari oleh orang yang menjaga tadi. Permainan ini sebenarnya sudah populer sejak dahulu kala, tetapi masih asyik dan seru untuk dimainkan. Permainan inipun umumnya dimainkan oleh  empat atau lima orang.

4.    Main Tebak Kata

Permainan ini juga seru dan tidak kalah dengan permainan yang lainnya. Dimana permainan ini bisa mengenai politik, music, budaya, dan lain sebagianya. Namun, untuk memudahkan sebaiknya menentukan tema terlebih dahulu. Kamu hanya perlu membagi oang-orang menjadi dua, tiga, atau berapapun kelompok yang dibutuhkan.

Baca Ini Juga  Bagaimana Tips Mengelola Gaji 2,5 Juta

Namun, harus adala salah satu diantaranya yang akan menjadi tim pembuat pertanyaan sekaligus memandu jalannya cerita.  Dengan begitu, acara pun akan lebih seru, ditambah jika ada hadiahnya. Untuk hal ini, tidak perlu hal yang mahal-mahal. Bisa berbentuk permen, cemilan, dan lain sebagainya.

5.    Bertanding Kebersihan

Bukan hanya sebatas seru-seruan saja, tetapi kamu pun dapat sekali bersih-bersih. Jika kamu dan keluarga sedang menghabiskan waktu di tempat penginapan, maka silahkan coba bertanding kebersihan.

Sama halnya dengan bermain tebak kata, maka harus ada tim untuk memandu atau menilainya. Untuk yang menjadi penilai bisa jadi orang yang lebih tua atau pemilihan berdasarkan keputusan bersama. Lebih asyik lagi jika ada hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada mereka.

Beberapa ide permainan untuk mengisi liburan di atas dapat kamu praktikan. Terutama jika kamu anggota keluarga maupun teman yang lainnya merasa suasananya terasa cukup hambar.  Jangan sia-siakan momen tersebut dan hidupkanlah suasana yang menyenangkan. Baca artikel lainnya di harga belanja ya!

Baca Ini Juga  Contoh Soal JLPT N5 Terbaru