jenis ikan hias.| Unsplash.com
jenis ikan hias.| Unsplash.com

Apa Saja Jenis Ikan Hias?

Diposting pada

Beragam jenis ikan hias terdapat di akuarium mereka dengan berbagai bentuk dan ukuran. Bahkan hari ini telah banyak orang yang menjadikan ikan hias sebagai hewan peliharaan. Sebagai salah-satu sarana mempercantik dan membuat nyaman suasana rumah.

Selain itu, biasanya diletakan di sudut ruangan. Suara gemericik aliran air akuarium dan gerakan tentang ikan hias mampu memberi ketenangan. Ikan hias yang memang terlihat indah dapat memanjakan penglihatan

Jenis-Jenis Ikan Hias

jenis ikan hias.| Unsplash.com
jenis ikan hias.| Unsplash.com

Didunia ini ada bermacam-macam jenis ikan hias yang tersebar. Mulai dari ukuran sampai warna berbeda yang menjadi ciri khas ikan hias masing-masing. Oleh karena itu berikut ini berbagai ikan hias yang biasa dipelihara oleh orang-orang.

1.      Ikan Guppy

Ikan Guppy termasuk salah-satu ikan yang cukup populer di Indonesia. Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini, memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuk tersebut memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor yang menjadi daya tariknya.

Ikan hias ini mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Hal inilah yang menjadi alasan ikan Guppy bisa tersebar luas hingga ke seluruh dunia.

Baca Ini Juga  Ciri-Ciri Telegram Diblokir Teman atau Tidak Terbaru 2021

2.      Ikan Cupang

Ikan Cupang sudah pasti kamu tidak asing lagi dengan nama tesebut, bukan?Hhal ini karena ikan satu ini telah terekenal bahkan anak SD pun mengetahuinya. Banyak penjual ikan cupang yang tersebar di berbagai wilayah maupun tempat. Bahkan ada pula yang memasarkannya melalui online dan kemudian sampai pada hari itu juga. Biasanya, layanana ini hanya belaku jika tempat penjual maupun pembeli berdekatan.

Ikan cupang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm. Ikan ini dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya, dimana sebutannya adalah labirin. Keunikan tersebut menjad hal menarik ikan cupang.

3.      Ikan Molly

Ikan Molly atau nama lainnya adalah ikan balon memiliki perut yang buncit dan bentuk tubuh bundar. Termasuk jenis ikan yang mudah adaptasi dan cinta damai, artinya tidak agresif.

4.      Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki termasuk ikan hias yang banyak  orang yang menyukainya. Hal tersebut karena memiliki perut buncit dan warna yang cerah serta cantik.

5.      Ikan Koi

Ikan Koi merupakan ikan hias yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an. Ikan ini hasil dari persilangan beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Baca Ini Juga  5 Tips Merawat Kucing Agar Sehat dan Bahagia

6.      Ikan Komet

Ikan hias jenis ini hampir sama dengan ikan mas dan ikan mas koki. Ikan komet memiliki nama lain, yaitu ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer.

Nama latin Ikan komet yaitu Carassius Auratus. Tubuh yang jenis hewan ini pun sangat ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang seakan melambai saat berenang. Sehingga membuat ikan ini banyak peminatnya, terutama oleh para pecinta ikan hias.

7.      Ikan Neon Tetra

Ikan ini berasal dari Amerika Latin tepatnya di Sungai Amazon. Ikan Neon Tetra memiliki variasi warna biru terang dan putih perak yang menghiasi tubuh kecilnya. Ikan memiliki karakteristik berkoloni atau membentuk gerombolan.

Ikan neon tetra termasuk ikan yang bersifat omnivora. Ikan ini juga memiliki beberapa keluarga termasuk neon tetra albino, black neon, neon blue eyes dan fire neon.

8.      Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan hias yang berukuran besar. Ikan berasal dari Brasil dan Indonesia. Osteoglossum sp adalah nama ilmiah ikan arwana yang berasal dari Brasil.

Baca Ini Juga  Cheat Lengkap Kode GTA San Andreas For PC

Ikan arwana tersebut memiliki bentuk pipih yang memanjang ke samping dan bentuk tubuhnya meruncing ke arah ekor.  Selain itu, sirip ekor terlihat sempit karena bagian sirip punggung dan sirip perut ikut memanjang ke arah ekor. Kebanyakan ikan arwana Brazil berwarna putih perak atau hitam walaupun terkadang susunan antar sisik tidak begitu jelas.

Ikan arwana dari indonesia sendiri memiliki dua jenis nama ilmiah berbeda, yaitu Scleropages formosus dan Sclerophagus jardini. Untuk jenis Scleropages formosus asalnya dari pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Sedangkan jenis Scleropages jardini asalnya dari pulau Irian. Perbedaan dua etnis ikan arwana beda negara ini terletak di bentuk tubuh yang tidak meruncing ke arah ekor.

Jenis-jenis ikan hias memang beragam, dengan begitu ada banyak opsi pilihan untuk memutuskan ikan hias mana yang dapat kamu pelihara.