Kendala public speaking .|Unsplash.com
Kendala public speaking .|Unsplash.com

Apa saja kendala public speaking?

Diposting pada

Kendala public speaking yang bisa terjadi bisa berupa kendala teknis maupun kendala praktis. Seperti perangkat IT yang digunakan mengalami masalah, atau lupa pada sebagian materi. Hal ini tentu akan mengganggu pada kelancaran saat kamu melakukan presentasi pada seminar, di perusahaan atau ketika pidato di tempat umum.

Agar presentasi yang kamu lakukan berjalan dengan baik. Kamu perlu mengantisipasi berbagai kemungkinan kendala yang mungkin terjadi pada saat akan melakukan presentasi. Agar kamu dapat melakukan improvisasi untuk menutupi kendala tersebut. Untuk itu kamu perlu mengetahui berbagai kendala yang mungkin terjadi saat melakukan presentasi.

Kendala Public Speaking Dan Solusinya

Kendala public speaking .|Unsplash.com
Kendala public speaking .|Unsplash.com

Kendala ketika berbicara di depan umum memang sering terjadi pada siapa saja. Selain itu, tentunya kamu tidak ingin presentasi yang telah disiapkan berantakan begitu saja. Bahkan kamu telah memiliki target tertentu setelah melakukan presentasi. Untuk mengecek kesiapan kamu salah satunya untuk mengatasi beberapa kendala berikut ini.

1.      Tidak Percaya Diri

Untuk berkomunikasi pada khalayak umum, kamu perlu memiliki rasa percaya diri. Jika tidak maka kamu akan merasa ragu untuk menyampaikan materi yang telah kamu persiapkan. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan argumentasi kamu yang kurang kuat, atau bahkan sikap kamu yang terlalu kaku ketika melakukan presentasi.

Baca Ini Juga  Harga Sepatu Patrobas Terbaru 2021  

Karenanya kamu perlu mempertegas dan mempertajam argumen kamu saat presentasi. Agar ide kamu tidak mudah terbantahkan dan kendala public speaking ini teratasi. Namun, tidak menutup untuk terbuka pada ide dan gagasan baru yang datang dari audiens dalam interaksi dua arah. Kamu hanya perlu untuk meyakinkan audiens untuk memiliki persepsi yang sama. Kamu dapat mengatasinya dengan menemukan cara supaya mahir public speaking yang membuatmu enjoy.

2.      Tidak Menguasai Materi

Salah satu kendala public speaking yang paling fatal adalah tidak menguasai materi. Hal ini sering terjadi ketika kamu mempersiapkan materi secara mendadak, dalam waktu yang singkat. sehingga kamu tergesa – gesa dan tidak mempelajari secara baik materi yang akan disampaikan.

Untuk itu kamu harus menyiapkan materi dari jauh hari, selain untuk lebih menguasai materi kamu juga bisa lebih mantap dengan persiapan yang lainnya. Kamu perlu membuat jadwal persiapan dan latihan sebelum melakukan presentasi.

3.      Lupa Pada Materi

Kendala public speaking yang sering terjadi adalah lupa pada sebagian materi. Hal ini bisa terjadi saat kamu tidak fokus pada forum atau teralihkan dengan masalah kecil, seperti microphone yang rusak atau proyektor yang bermasalah. Atau bahkan kamu teralihkan perhatian pada audiens yang tidak fokus pada forum.

Baca Ini Juga  Kumpulan Akun COC Gratis TH 11/12/13 Terbaru

Untuk mengalihkan topik kamu perlu berimprovisasi, dengan mengajak audiens untuk terlibat dalam presentasi. Bisa dengan cara bertanya akan saran mereka maupun pendapat mereka. Kamu juga bisa mengalihkan pada pembahasan lain dengan topik yang sama.

4.     Public Speaking Yaitu Tidak Menguasai Forum

Kendala lainnya yang paling serius adalah ketika kamu tidak menguasai forum. Untuk menyampaikan informasi pada orang banyak kamu perlu mengkondisikan audiens untuk fokus pada forum materi. Kamu terlalu sibuk dengan presentasi tanpa memperhatikan kondisi audiens.

Untuk mengatasi ini kamu perlu melihat situasi dan kondisi dari para audiens. Jika ada audiens yang mengantuk, membuat gaduh atau bahkan membuat forum dalam forum, kamu dapat menegur atau mengingatkan secara langsung. Atau mencari topik yang bisa mencairkan suasana agar tidak bosan.

5.      Kendala Teknis

Kendala ini memang terlihat sepele. Akan tetapi, hal teknis inilah yang akan mendukung keberhasilan presentasi kamu di depan umum. Seperti data slide presentasi yang tidak jelas, proyektor yang bermasalah atau microphone yang mati. Perangkat tersebut umumnya banyak digunakan untuk mendukung kelancaran presentasi.

Baca Ini Juga  Yuk Cek tanda-tanda Stress ini!

Mengatasi kendala public speaking di atas kamu perlu melakukan latihan persiapan. Tidak hanya berlatih menguasai materi tapi juga melakukan pengecekan pada alat yang akan kamu gunakan saat melakukan presentasi. Selain itu kamu juga perlu melatih skill menguasai forum agar forum tetap hidup dan fokus pada materi yang kamu sampaikan.