Persiapan kerja ke luar negeri.|Unsplash.com
Persiapan kerja ke luar negeri.|Unsplash.com

Apa Saja  Persiapan Kerja Ke Luar Negeri?

Diposting pada

Persiapan kerja ke luar negeri membutuhkan waktu yang cukup agar setiap kebutuhan untuk persyaratan dapat terpenuhi. Beberapa dokumen harus disertakan calon pekerja sebagai persyaratan. Sebelum itu tentunya harus memilih jenis pekerjaan dan negara tujuan untuk menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki agar memudahkan proses melamar kerja.

Peluang bekerja di luar negeri lebih terbuka daripada dalam negeri. Pasalnya kualifikasi keahlian luar negeri tergolong luas dan tersedianya lapangan pekerjaan yang sesuai. Hal ini menyebabkan banyak lowongan pekerjaan dengan menawarkan gaji fantastis. Demikian  jumlah pekerja dari negara asing mengalami peningkatan seiring tersedianya lowongan kerja.

Persiapan Kerja ke Luar Negeri

Persiapan kerja ke luar negeri.|Unsplash.com
Persiapan kerja ke luar negeri.|Unsplash.com

Bekerja di luar negeri pastinya membutuhkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan seluruh persyaratan yang diperlukan. Pasalnya persiapan kerja ke luar negeri memiliki perbedaan berupa dokumen tambahan yang digunakan untuk tinggal di negara tersebut. Sebelum itu menentukan jenis pekerjaan dan negara tujuan dilakukan terlebih dahulu.

1.    Memilih Pekerjaan Dan Negara Tujuan

Langkah pertama untuk bekerja di luar negeri yaitu memilih negara yang menyediakan lowongan pekerjaan lebih banyak. Pasalnya mencari tahu negara sekaligus UMR yang diberlakukan dapat menyesuaikan dengan gaji yang dibutuhkan. Tersedianya pekerjaan yang dapat di jangkau oleh seluruh lulusan pendidikan menjadi keuntungan memilih negara tujuan.

Baca Ini Juga  Pajak Impor Barang dari China

Misalnya negara Amerika Serikat yang menyediakan lowongan pekerjaan di berbagai bidang dengan kualifikasi tertentu. Tentunya negara tersebut memberikan jaminan mendapatkan gaji besar sesuai UMR. Peluang pekerjaan ini dapat diketahui melalui informasi lowongan pekerjaan dari berbagai negara.

2.    Persiapan Dokumen Yang Dibutuhkan

Lowongan pekerjaan di setiap negara pasti memiliki persyaratan berupa dokumen yang harus disertakan pelamar. Selain itu terdapat sesi wawancara dan portofolio bahkan sertifikasi khusus keahlian sebagai tambahan untuk jenis pekerjaan tertentu. Persyaratan ini dapat berbeda sesuai dengan kebijakan dari negara tersebut.

Dokumen umum yang harus dimiliki setiap calon pekerja seperti akta kelahiran, KTP, paspor dan visa bekerja sebagai bentuk izin tinggal di negara tersebut. Dokumen lain yang dibutuhkan seperti surat kelulusan, ijazah, transkrip nilai bahkan sertifikasi ujian tes IELTS dan TOEFL dalam bidang tertentu.

3.    Gaji yang Ditawarkan

Sebelum melamar pekerjaan sebaiknya kamu memerhatikan gaji yang ditawarkan. Pasalnya setiap pekerjaan dari berbagai negara menawarkan gaji  berbeda sesuai dengan kebijakan UMR yang berlaku. Misalnya Amerika Serikat dengan ketentuan UMR mendapatkan gaji Rp.1,8 juta per hari. Negara juga memberikan kebijakan untuk bekerja selama 8 jam per hari.

Baca Ini Juga  Contoh Cerpen Persahabatan Singkat

Setiap negara memiliki kebijakan tersendiri mengenai gaji yang diberikan kepada pekerja. Sehingga di luar negeri kesempatan mendapatkan gaji yang fantastis lebih besar disertai dengan jaminan keamanan selama bekerja. Tentunya hal tersebut menjadi keuntungan yang didapatkan selama bekerja.

4.    Kemampuan Bahasa Asing

Bekerja di luar negeri hal yang perlu diperhatikan dalam segi bahasa. Seperti bahasa Inggris yang wajib untuk dikuasai sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Pasalnya bahasa ini ditetapkan secara Internasional. Sehingga kemampuan dasar bahasa asing sangat penting agar memudahkan kamu selama tinggal dan bekerja di luar negeri.

Persiapan kerja ke luar negeri harus dilakukan dengan matang untuk menghindari terjadinya kegagalan bekerja. Sebab persiapan ini mencakup kebutuhan dokumen sebagai syarat bekerja. Apabila kamu minat untuk bekerja di luar negeri sebaiknya melakukan persiapan dengan maksimal. Hal ini memudahkan kamu bekerja di negara yang diinginkan.