Lulusan jurusan psikologi .| Unsplash.com
Lulusan jurusan psikologi .| Unsplash.com

Apa Saja Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan Psikologi?

Diposting pada

Para lulusan jurusan psikologi memiliki prospek kerja yang cukup luas. Dari mulai menjadi dosen sampai menjadi konsultan.  Selain itu, program studi ini menjadi salah satu favorit para calon mahasiswa. Namun, ketika kamu memilih jurusan ini saat tes masuk, maka akan ada dua macam rumpun keilmuan yang menaunginya. Ada universitas yang memasukkannya ke dalam keilmuan SOSHUM, tetapi ada pula yang memasukkannya ke dalam SAINTEK seperti halnya UNPAD.

Prospek kerja bagi Para Lulusan Jurusan Psikologi

Lulusan jurusan psikologi .| Unsplash.com
Lulusan jurusan psikologi .| Unsplash.com

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari program studi ini. Selain itu, meskipun objek dari pekerjaan ini adalah manusia, tetapi tujuannya berbeda. Inilah beberapa peluang pekerjaan bagi para sarjana Psikologi!

1.      HRD (Bagian personalia)

Apabila kamu tertarik pada jurusan ini, maka kamu perlu menguasai keterampilan dalam memahami karakter manusia. Tentunya, hal tersebut tidak hanya mencakup satu orang saja. Melainkan, meliputi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Seorang HRD pun akan bertanggung jawab dalam perekrutan karyawan dan memilih kandidat yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Ini Juga  Cara Top Up Saldo Dana Dijamin Berhasil Dan Cepat

Tentu, dengan begitu HRD pun harus memahami apa saja kebutuhan dari perusahaan tersebut. Bahkan kamu pun nantinya bertanggung jawab terhadap monitoring sampai dengan evaluasi para karyawan. Adapun kisaran gaji untuk posisi ini yaitu sekitar Rp 3.500.000 sampai dengan Rp 5.000.000 tergantung dari keadaan perusahaannya. Namun, bagi manajer HRD dapat mencapai Rp 55.000.000 setiap bulannya.

2.      Psikolog

Kamu pun dapat menekuni karir menjadi seorang psikolog. Namun, perlu diingat bahwa psikolog tidak sama dengan psikiater. Dimana untuk S1 nya, seorang psikiater mengambil program studi kedokteran  kemudian mengikuti pendidikan spesialisasi dalam bidang ilmu kejiwaan. Berbeda halnya dengan psikolog, dimana program sarjana nya adalah psikologi. Selain ranah tanggung jawabnya pun berbeda.

Seorang psikolog hanya bertugas untuk melakukan konseling dan diagnosa pada pasien yang dihadapinya. Berbeda dengan seorang psikiater yang bertanggung jawab terhadap pengobatan dan melakukan perawatan yang insentif pada pasien gangguan jiwa.

Sehingga bisa jadi, penanganan pertama akan ditangani oleh psikolog kemudian diteruskan oleh psikiater. Adapun gaji dari profesi ini beragam dan bahkan bisa mencapai Rp 13.000.000, tergantung dimana ia bekerja.

Baca Ini Juga  Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 SD dan Jawabannya

3.      Konsultan Karir

Apabila kamu tertarik terhadap penggalian potensi seseorang, maka kamu dapat melamar sebagai konsultan karir.  Dimana nantinya, kamu akan mendorong klien mu untuk mengenal potensi yang mereka miliki. Hal tersebut dilakukan agar klien memahami dan mengetahui dirinya sendiri sehingga dapat menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan dirinya.

Kemudian setelah itu, maka klien akan diberikan simulasi tes sesuai dengan bidang profesi yang diinginkan oleh klien. Dengan begitu, klien akan mengetahui dengan betul pola dari pekerjaan tersebut. Adapun kisaran gaji seorang konsultan karier adalah sekitar Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 10.000.00 untuk setiap bulannya.

4.      Konsultan pendidikan

Profesi ini memiliki fokus yang berbeda dengan konsultan karier, dimana bidang pekerjaan ini memfokuskan kepada bidang pendidikan.  Baik untuk lembaga formal maupun non-formal. Nantinya, kamu memiliki tanggung jawab untuk  memberikan bimbingan atau arahan mengenai jurusan maupun kampus yang diinginkan oleh klien.

Selain itu, seorang konsultan pendidikan pun bertugas untuk mengurus berbagai jenis administrasi. yang dibutuhkan. Ketika klien akan melakukan pendaftaran sekolah atau kuliah. Adapun kisaran gaji untuk profesi ini adalah sekitar Rp 7.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000 untuk setiap bulannya.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Hukum Archimedes

‍selain profesi di atas, kamu pun dapat melamar sebagai perawat kesehatan mental, dosen psikologi, maupun yang lainnya. Selain itu, pastikan kamu memang minimal mengetahui dan memiliki skill dasar untuk profesi yang ingin kamu lamar. Selain itu, untuk menambah pengetahuan lainnya silahkan baca artikel di rekomendasi.co.