Cara mencuci baju dengan tangan
Cara mencuci baju dengan tangan.|Unsplash.com

Bagaimana Cara Mencuci Baju Dengan Tangan Supaya Harum?

Diposting pada
Cara mencuci baju dengan tangan
Cara mencuci baju dengan tangan.|Unsplash.com

Cara mencuci baju dengan tangan ini dapat membantu kamu yang sedang di perantauan dan tidak memiliki mesin cuci. Selain itu, cara ini pun tentu membantu bagi mereka yang memilih untuk mencuci dengan tangan. Selain lebih hemat, hal ini pun dapat dijadikan ajang untuk olahraga.  Tidak hanya bersih, tetapi baju yang dicuci pun akan memiliki aroma harum.

Cara Mencuci Baju Dengan Tangan Supaya Harum

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari mulai merendam pakaian hingga menyetrika. Untuk lebih jauh, yuk simak informasi berikut Ini!

1.    Cara Mencuci Baju Dengan Tangan Yaitu Merendam Pakaian  

Pertama-pertama cobalah kamu memisahkan baju berdasarkan jenis warna maupun bahan. hal ini dimaksudkan agar meminimalisir terjadinya warna luntur. Sehingga mewarnai pakaian lain. Untuk klasifikasinya sendiri dibagi menjadi dua.

Yaitu baju berwarna dan berwarna putih. Adapun jika kamu ingin memisahkan sesuai bahan. maka pisahkan baju yang berbahan jeans dan non-jeans. Kemudian setelah itu, isi ember dengan air secukupnya. Setelah itu, campurkan deterjen atau sabun cuci. Kemudian, rendam baju tersebut dalam ember sesuai dengan waran maupun bahannya.

Baca Ini Juga  Persyaratan Pendaftaran PPPK 2021

2.    Cuci Baju  Hingga Bersih

Setelah direndam kurang lebih 5 hingga 6 menit, maka cucilah baju dengan bersih. Untuk cara mencucinya sendiri, kamu bisa menggunakan sikat untuk baju atau pakaian yang berbahan jeans maupun yang memiliki noda.

Selain itu,  untuk menghilangkan noda, kamu bisa menggosoknya sampai nosa tersebut hilang. Adapun untuk baju-baju lainnya, cukup dengan menggosoknya secara perlahan saja. Pastikan pula kamu mencuci bagian luar maupun dalam pakaian.

3.    Siapkan Wadah Yang Berisi Pewangi

Setelah semua pakaian selesai dicuci, maka saatnya sekarang kamu menyiapkan air dalam ember untuk membilasnya. Pastikan membuatnya pun disesuaikan dengan bahan atau warna nya. Sehingga, airnya tidak akan bercampur dengan baju yang berbeda warna. Setelah semua pakaian selesai dibilas, saatnya sekarang kamu isikan ember dengan air bersih dengan volume yang cukup. Sesuai dengan banyak cucian kamu.

Kemudian, campurkan pewangi baju pada air hingga semua larut. Rendamlah baju tersebut sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Hindari untuk merendam baju  dengan durasi waktu sebentar maupun lama. hal tersebut akan membuat pengharum pakaian tidak akan menempel dengan maksimal.

Baca Ini Juga  Kombinasi Warna Cat Gold Depan Rumah

4.    Peras Dan Tunggu Sampai Airnya Tidak Terlalu Banyak Menetes

Setelah sudah direndam selama beberapa menit sesuai dengan anjuran. Maka, langkah selanjutnya adalah memeras pakaian tersebut sampai tidak ada air yang menetes. Apabila masih ada air, kamu dapat mengantungkankannya sehingga air dari cucian tersebut tidak terlalu banyak  keluar. Setelah yakin, airnya sudah diperas.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah bobot sehingga kamu pun mengangkat ke tempat jemuran tidak terlalu berat. Selain itu, hal tersebut pun dimaksudkan untuk  membuat baju lebih cepat kering.  Usahakan mengecek pakaian, jika sudah kering nantinya langsung diangkat saja. pasalnya, jika terlalu lama dibawah sinar matahari pun itu tidak terlalu bagus.

5.    Setrika Menggunakan Pewangi

Untuk membuat pakaian lebih wangi, sebaiknya kamu pun menyetrikanya menggunakan pewangi. Sehingga wangi yang menempel pada baju mu akan lebih tahan lama dan pekat. Untuk jenis dan aromanya, kamu bisa memilihnya sendiri, sehingga sesuai dengan keinginanmu.

Beberapa cara mencuci baju supaya harum  di atas, dapat kamu perhatikan langsung. Ketika hendak mencuci baju. Namun, jika kamu pertama kalinya mencuci dengan tangan, usahakan untuk menggunakan sabun cuci cair. Pasalnya, sabun cuci yang serbuk memiliki dampak panas saat terkena air. Meskipun begitu, fungsinya tetap sama saja. Hanya saja, sabun serbuk lebih murah dan banyak isinya.

Baca Ini Juga  Bio IG Aesthetic Keren Bahasa Inggris Kekinian