cara membuat google form

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Diposting pada

Halo sobat belanja! Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial cara membuat google form dengan langkah mudah.

Google form biasanya di gunakan oleh seseorang untuk keperluan survei biasanya untuk meminta sesuatu, membuat pernyataan, perintah, atau bahkan keluhan

Kegiatan sepert ini adalah kegiatan yang tersebar luas dalam kehidupan kampus, sekolah, korporat atau yang lainnya. Meskipun beberapa orang masih menggunakan metode kertas yang di isi secara manual, formulir kertas berevolusi ke versi online, yang dapat kamu buat dengan perangkat lunak seperti Google Form, aplikasi administrasi survei dari G Suite, yang memungkinkan kamu membuat formulir atau bahkan kuesioner dalam beberapa menit saja.

Google Formulir tersedia dalam paket G Suite Office, Google Documents , Google Sheets , dan Google Slides . Dan hebatnya semua aplikasi ini, Formulir dapat kamu akses lewat kamu. Paket yang ditawarkan oleh Google ini mudah digunakan dan memiliki fitur kolaborasi.

Apa itu Google Form, dan mengapa kamu harus menggunakannya?

Google Forms adalah perangkat lunak survei dan kuesioner berbasis cloud. Artinya kamu dapat membuat semua formulir atau perangkat survei secara online di browser. Google Form diluncurkan pada tahun 2008 sebagai integrasi sederhana dengan Google Sheets. Dalam versi lawasnya, kamu harus menggunakan tiga lembar berbeda: satu untuk menambahkan formulir, satu untuk memformatnya, dan satu lagi untuk melihat respons yang diperolehnya. Kemudian pada tahun 2016, Google Formulir menjadi aplikasi independen dengan fitur yang lebih canggih.

Cara Membuat Google Form

Kamu dapat dengan mudah membuat formulir guna mengumpulkan beberapa data yang dikumpulkan dari banyak orang.

Baca Ini Juga  Review game pohon, apakah terbukti menghasilkan uang?

Jika kamu ingin membuat google form kamu harus membuat sejumlah daftar pertanyaan atau pernyataan yang hendak kamu ajukan kepada para respondens. Jadi kami menyarankan untuk membuat daftar pertanyaan atau pernyataan tersebut dalam sebuah dokumen tersendiri jadi nantinya kamu tinggal mengcopas-nya saja ke google form. Atau kamu bisa langsung menulis daftar pertanyaan tersebut ke google form.

Langsung saja ke topik utamanya, simak cara membuat google form yang telah hargabelanja.com rangkum berikut ini:

  1. Buka Google Form melalui link ini: https://docs.google.com/forms/u/0/
  2. Klik bagian kosong yang bersimbolkan tanda +.
  3. Nantinya kamu akan membuka formulir baru.
  4. Kemudian kamu bisa menambahkan judul dan deskripsi.
  5. Selanjutnya, silahkan tambahkan sejumlah pertanyaan yang akan kamu ajukan.
  6. Kamu bisa memilih beberapa jenis jawaban yang tersedia diaplikasi ini, seperti tulisan (uraian), pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale) dan lain sebagainya.
  7. Jika kamu sudah menyelesaikan pertanyaan dan jawabannya. Kamu bisa menyelesaikan dengan klik “send” atau “kirim”, nanti kamu akan diberikan link yang akan kamu kirim kepada peserta atau responden.
  8. Google form telah kamu buat dan kamu dapat membagikan link google form tersebut kepada peserta/responden untuk mendapatkan respon.

Cara Membuat Google Form untuk Penilaian Ujian

Google form menyediakan fitur Quizzes yang dapat kamu gunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta didik. Cara membuat google frm untuk ujian juga sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu “settings” atau pengaturan, kemudian klik “Quizzes” dan buat kuis baru untuk melanjutkannya.

Baca Ini Juga  Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila yang Harus Diterapkan

Cara Mengedit

Nah ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Google Form ketimbang media konvensional. Kamu dapat mengeditnya walaupun kamu sudah membagikannya. Jika kamu merasa ada beberapa item yang perlu diedit atau ditambahkan kamu dapat dengan mudah merevisi google form yang sudah kamu bagikan tadi.

Cara Menambahkan Gambar

Kamu juga dapat menambahkan gambar pada setiap item pertanyaan yang kamu ajukan dengan jenis jawaban “multipel choic” atau “check box”. Caranya pun cukup mudah kamu hanya perlu meng-klik pertanyaana atau jawaban kemudian pada bagian kanan akan muncul ikon tambahkan gambar/video. Selanjutnya kamu sisipkan gambar atau video yang kamu inginkan dan terakhir kamu tinggal menguploadnya saja.

Fitur Unggulan

1. Template

Bila kamu tidak punya banyak waktu untuk mengambil formulir kosong dan mempersonalisasikannya, kamu bisa menggunakan template, dengan begini kamu bisa menghemat waktu. Pertama, buka https://docs.google.com/forms/ , dan di bagian atas laman, kamu akan menemukan opsi di bawah bagian “Mulai formulir baru”. Selanjutnya, klik tautan “Galeri Template” untuk memeriksa semua template yang tersedia. Kemudian akan ada dua tab jika kamu pengguna G Suite. Pada tab Umum model akan di pisahkan ke dalam kategori:

  1. Pekerjaan: Lamaran Pekerjaan, Permintaan Pekerjaan, Permintaan Waktu Istirahat, Umpan Balik Pelanggan, dan lain-lain;
  2. Pribadi: Informasi Kontak, RSVP, Pendaftaran Acara, dan lainnya;
  3. Pendidikan: Penilaian, Lembar Kerja, Evaluasi Kursus, dan juga opsi untuk membangun kuis baru.
Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Menjadi Perempuan Elegan?

Ingatlah bahwa kamu juga dapat membuat template sambil membangun yang baru. Formulir buatan kamu akan berada di tab dengan nama domain kamu.

2. Penyimpanan otomatis

Jika komputer kamu mati karena alasan apa pun, atau jika internet mati, formulir kamu akan aman dan sehat di penyimpanan cloud kamu dan dengan versi terbaru yang kamu edit. Jadi setiap kali kamu selesai menulis formulir, Google Forms secara otomatis menyimpannya. Itu berarti tidak ada tombol “Simpan file” yang perlu kamu ingat untuk menekan sesekali.

3. Tampilan yang Menarik

Google formulir memang didesain dengan sedemikian rupa agar penggunanya betah untuk meluangkan waktu untuk membuat atau mengisi formulir tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur berikut ini:

  1. Kustomisasi Tema: ubah tema dan warna latar belakang, tambahkan gambar di header, ubah gaya font;
  2. Pratinjau: Lihat bagaimana formulir kamu  akan terlihat dengan edisi saat ini;
  3. Pengaturan: Mengontrol kinerja formulir kamu, menyiapkan kuis, dan cara penyajiannya;

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai cara membuat google form, semoga artikel ini bermanfaat buat mempermudah pekerjaan kamu ya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke kerabat dan orang terdekat kamu!