cara membuat pdf hargabelanja.com

Cara Membuat PDF dengan Berbagai Langkah Mudah

Diposting pada

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat PDF dengan menggunakan Laptop dan HP.

PDF adalah salah satu format dokumen digital yang masih digunakan sampai sekarang. Tidak hanya karyawan tetapi juga siswa dan mahasiswa juga sering menggunakan PDF. Karyawan membuat PDF untuk menulis laporan, sementara mahasiswa lebih cenderung menggunakan PDF untuk menyelesaikan tugas dan menulis esai atau skripsi.

Banyak orang menggunakan Portable Document Format karena format file ini dapat dengan mudah dibagikan kepada orang lain. Juga, jika kamu membagikan dan membuka file ini, format penulisan dan lembar kerja yang kamu buat tidak akan berubah. File Portable Document Format ini juga berukuran relatif kecil, sehingga tidak memakan banyak memori pada perangkat elektronik seperti handphone, laptop.

Tidak hanya itu, format file PDF bersifat portable sehingga format file ini dapat digunakan di berbagai platform. Bahkan, kamu bisa membukanya dari browser kamu. File Portable Document Format ini juga dapat diberi kode sandi atau kata sandi untuk keamanan.

Namun, tidak semua orang tahu cara membuat PDF. Pada artikel ini, kami akan membahas secara mendetail tentang bagaimana cara membuat PDF. Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Apa itu PDF?

PDF sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format, yang dimulai sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan mulai dari membuat dokumen hingga mengeditnya. PDF juga merupakan istilah yang mengacu pada format file yang dibuat oleh Adobe Systems untuk memudahkan pertukaran dokumen dalam format digital.

Secara khusus, format Portable Document Format ini dimaksudkan untuk membuat file gambar dua dimensi yang berisi karakter, teks, garis, dan vektor. Oleh karena itu, dengan menggunakan file Portable Document Format memudahkan pengguna untuk bertukar dokumen antar orang.

Sebenarnya, ada berbagai jenis dan ukuran file yang bisa digunakan untuk mengarsipkan dokumen, termasuk Portable Document Format. File Portable Document Format sebenarnya lebih baik karena biasanya lebih kecil dan karenanya tidak memakan banyak ruang disk.

Jika kamu ingin mencetak, meskipun versi Microsoft berbeda, file ini tidak akan mengubah format kepenulisan. Selain itu, file Portable Document Format ini memiliki banyak keunggulan lain, termasuk keamanan yang lebih terjamin. Ini karena kita juga dapat memberikan kata sandi untuk file Portable Document Format. Selain itu, dokumen Portable Document Format dapat dibuka di berbagai pembaca Portable Document Format yang berbeda, diedit dengan pembaca Portable Document Format dan kita dapat membuka PDF melalui komputer atau smartphone.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Hukum Coulomb Kelas 9 dan Pembahasannya

Terlepas dari banyak kelebihan PDF sebagai format dokumen digital, masih ada beberapa orang yang bingung ketika harus membuat file PDF. Apalagi bagi mereka yang hanya memiliki pemahaman dasar tentang cara menggunakan komputer, laptop atau smartphone.

Aplikasi untuk Membuat File PDF di Laptop

Alangkah baiknya, untuk mempermudah membuat file PDF, kamu dapat menginstal beberapa program office yang dapat membantu kamu dalam membuat file PDF. Aplikasi tersebut seperti Microsoft Office, LibreOffice dan WPS Office.

1. MS Word

ms word cara membuat pdf

Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata paling populer yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Microsoft. Melalui fitur dan layanan yang ditawarkannya, kamu dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan terkait dokumen, seperti: saat mengerjakan dokumen, artikel, proyek, dan laporan hingga membuat file Portable Document Format.

Untuk membuat dokumen PDF di Microsoft Word, langkah-langkahnya sangat sederhana. Kamu dapat membuat file baru atau membuka dokumen dengan Microsoft Word lalu menyimpan dokumen sebagai PDF. Untuk memudahkan pemahaman, lihat dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka Microsoft Word.
  2. Kemudian lengkapi lembar kerja sesuai dengan kebutuhan kamu
  3. Jika sudah, klik menu File dan pilih Save As.
  4. Lalu klik Browse » dan cari folder atau lokasi penyimpanan file. Pada bagian “Save as type”, ubah format file menjadi PDF (*.pdf) »dan klik Save untuk menyimpan.
  5. Proses pembuatan file Portable Document Format di Microsoft Word selesai.

2. LibreOffice

cara membuat pdf menggunakan libre office

Selain Microsoft Word, kamu dapat memanfaatkan fitur LibreOffice sebagai alternatif Microsoft Office untuk membuat file Portable Document Format. LibreOffice adalah perangkat lunak atau aplikasi sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh The Document Foundation. Program ini juga tersedia untuk beberapa sistem operasi populer, seperti Windows, Linux, Mac dan FreeBSD.

Melalui aplikasi ini kamu dapat melakukan hal yang sama di Microsoft Office secara gratis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bagi kamu yang belum menginstal LibreOffice, unduh dan instal terlebih dahulu. Setelah selesai, buat atau buka dokumen di program LibreOffice.
  2. Di sisi kanan ruang kerja LibreOffice, klik menu File » Ekspor sebagai » dan pilih Ekspor sebagai PDF. Di bagian ini kamu dapat mengatur halaman mana pun yang ingin kamu konversi ke PDF atau mengurangi kualitas gambar (kompresi JPEG atau kompresi Lossless).
  3. Ekspor. Ekspor file Word ke LibreOffice PDF
  4. Kemudian tentukan folder penyimpanan yang mudah diakses dan beri nama file PDF. Pastikan file Portable Document Format dipilih di bagian “Save as type”.
  5. Klik “Save” untuk menyimpan.
Baca Ini Juga  Soal Tematik Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Terbaru

3. WPS Office

wps office

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, WPS Office juga merupakan program office lain yang menggantikan Microsoft Office dan akan membantu penggunanya untuk membuat dokumen secara gratis dan efisien.

Berkat pengembangan dan pembaruan yang dilakukan oleh Kingsoft Corporation, WPS Office tidak hanya tersedia untuk perangkat seluler, tetapi dapat dijalankan di berbagai platform, seperti Windows, Mac, dan Linux.

Dalam program ringan ini Anda juga dapat membuat berbagai jenis file seperti .docx, .xls, .ppt, dan bahkan .pdf.

Untuk menggunakan file Portable Document Format dan mengeditnya, Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini:

  1. Pertama, unduh aplikasi WPS Office dan instal di PC atau laptop kamu.
  2. Setelah itu, buat dokumen baru atau buka dokumen dengan WPS Office. Jika sudah, klik Menu » dan pilih Eksport to PDF.
  3. Di bagian ‘Save Path‘, buka Custome Directory » dan klik kolom kedua untuk memilih lokasi penyimpanan.
  4. Setelah itu, klik Ekspor ke PDF lagi. Biasanya, file PDF yang berhasil disimpan akan muncul secara otomatis.

Cara Membuat PDF Di HP atau Smartphone

Bagi kamu yang tidak ingin repot menggunakan komputer atau laptop, kamu juga bisa menggunakan smartphone untuk membuat file PDF. Untuk membuat file PDF di ponsel, kamu dapat menginstal aplikasi office seperti Microsoft Word, WPS Office atau Word to PDF Converter.

1. Microsoft Word Mobile

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di Android kamu.
  2. Kemudian buka file yang ingin Anda konversi ke PDF.
  3. Dalam hal ini, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih opsi Bagikan sebagai PDF.
  4. Kemudian gulir ke bawah layar, temukan File Manager dan tentukan lokasi penyimpanan.

2. WPS Office

Tampaknya aplikasi WPS tidak dikhususkan untuk pengguna PC saja. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini di ponsel cerdas kamu untuk membuat file PDF. Fungsionalitas aplikasi ini mirip dengan yang di gunakan di laptop, dan salah satunya menyediakan cara membuat PDF dengan lebih mudah dan cepat.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat file PDF di HP menggunakan WPS:

  1. Unduh aplikasi WPS dari Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya dan klik icon “+” yang terletak di kanan bawah layar smartphone.
  3. Kemudian pilih dan buat dokumen baru di lokasi yang di tentukan. Setelah kamu membuat dokumen, kamu dapat langsung menyimpannya.
  4. Pilih folder atau lokasi penyimpanan dan ganti nama dokumen sesuai kebutuhan.
  5. Terakhir, pilih format untuk menyimpan dokumen ke PDF.
  6. Di akhir proses, file dokumen akan disimpan dalam format PDF.
Baca Ini Juga  Impor Barang China Melalui Taobao

3. Word to PDF Converter

  1. Buka aplikasi Word to PDF Converter, lalu pilih File dan telusuri file yang ingin Anda konversi ke PDF.
  2. Di bagian Server, kamu dapat memilih opsi “Windows Server” dan klik Convert Now!
  3. Kemudian, kamu dapat mengeklik File di bagian “Output Files” untuk mengunduh dokumen PDF yang telah di konversi.
  4. Selanjutnya, alihkan ke browser web, klik Unduh dan selesai.

Cara Membuat PDF Online

Selain langkah-langkah di atas, kamu juga dapat membuat file PDF secara online menggunakan berbagai aplikasi kantor berbasis cloud, layanan web, dan situs web konversi file PDF. Ini adalah metode lain yang biasa di gunakan oleh pengguna komputer dan smartphone.

1. iLovePDF

iLovePDF menawarkan banyak tools untuk membantu kamu membuat dan mengedit file PDF secara gratis. Kamu juga dapat menggabungkan dan mengkonversi sebuah dokumen. Untuk membuat file PDF di iLovePDF, kamu dapat mengonversi file Word ke PDF. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka tautan berikut: ilovepdf.com/word_to_pdf.
  2. Kemudian klik menu Choose WORD File, cari lokasi di mana kamu ingin mengonversi file dan klik Convert to PDF.
  3. Tunggu beberapa menit untuk proses konversi. Setelah itu klik Download untuk melihat hasilnya.
  4. Prosesnya selesai.

2. SmallPDF

Opsi kedua adalah menggunakan fitur konversi SmallPDF. SmallPDF sendiri tidak berbeda dengan layanan sebelumnya. Dengan SmallPDF, kamu dapat melakukan banyak hal yang berkaitan dengan dokumen PDF, seperti: Mengedit dokumen Portable Document Format atau bahkan menghapus halaman Portable Document Format dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu tidak perlu membayar uang jika kamu hanya ingin mengonversi file Word ke file PDF. Langkah-langkah konversi juga sangat sederhana:

  1. Pertama, buka tautan berikut: smallpdf.com/word-to-pdf.
  2. Kemudian pilih Pilih file dan pilih file format Word » klik Open.
  3. Harap tunggu proses upload dan konversi dalam beberapa menit.
  4. Jika sudah, kamu bisa memilih Download untuk mendownload dan melihat hasilnya.

Nah itu tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat pdf dengan berbagai cara mudah yang bisa kamu praktikan di PC maupun HP.

Baca Ini Juga:

Cara Membuat PPT di HP yang Menarik, Disertai Template Gratis

Cara Membuat CV yang Menarik untuk Fresh Graduate Disertai dengan Contoh