cara membuat semir ban

Cara Membuat Semir Ban Sendiri yang Mudah

Diposting pada

Cara membuat semir ban sendiri yang mudah– Memiliki ban mobil yang bersih dan kinclong pastinya banyak yang menginginkannya. Selain membuat ban menjadi lebih awet, ketika orang memandangnya juga merasa lebih nyaman. Akan terkesan dari ban yang tampak bersih lebih baik daripada ban yang kumel.

Salah satu cara untuk melakukan perawatan ban adalah menggunakan semir ban. Kalian bisa membuatnya sendiri tanpa harus membeli bahan-bahan yang kalian butuhkan. Hasil yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan semir ban adalah tampilan yang lebih hitam dan berkilau.

Semir Ban Mobil

Ada banyak sekali semir ban mobil yang bisa kalian beli di toko aksesoris mobil atau lainnya. Setiap semir ban juga memiliki merk tersendiri yang pastinya memiliki kualitas berbeda. Jika kalian ingin menggunakannya, pastikan memilih semir yang berkualitas agar ban mobil milik Anda terjaga dengan baik.

Lanjutkan Membaca

Akan tetapi, banyak dari mereka yang merasa keberatan untuk membeli semir ban mobil. Hal ini dapat membuat pengeluaran budget menjadi lebih boros. Akan lebih efektif jika membuat semir ban sendiri yang terpenting memiliki fungsi sama dari semir ban yang dijual pada umumnya.

Baca Ini Juga  Pasang Indihome Telkom Speedy Wilayah Purwokerto Cilacap

Cara Membuat Semir Ban Sendiri yang Mudah

Bagi Anda yang penasaran membuat semir ban bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Semir ban dari Sunlight

Cuci terlebih dahulu ban mobil atau motor milik Anda sebersih mungkin agar debu dan kotoran menghilang. Supaya kotoran bisa terbawa air, gunakan air bersih mengalir. Siapkan tempat cairan ban dan tuangkan satu botol fanta ukuran 250 ml dan tambahkan 1 sendok sunlight. Aduk secara merata dengan menggunakan kuas kecil untuk mengoleskannya. Setelah itu, oleskan ke permukaan dinding ban tipis dan biarkan mengering. Hasilnya pasti berbeda dengan sebelumnya yakni perubahan warna yang lebih hitam dan mengkilap.

  • Semir ban dengan gula

Banyak yang tidak percaya gula bisa membuat ban Anda menjadi kinclong. Seperti biasa, kalian harus membersihkan ban terlebih dahulu dari kotoran dan debu. Siapakan cairan gula menggunakan air pada 1 gelas ukuran sedang menggunakan 4 sendok makan gula pasir. Pastikan kalian menggunakan air panas untuk mencampurkannya. Tunggu hingga air gula dingin dan oleskan langsung ke permukaan dinding ban mobil.

Baca Ini Juga  Cara Memperbaiki Timbangan Digital

Banyak sekali cara membuat semir ban sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat kalian jumpai di rumah. Bagi yang memiliki sunliight dan gula bisa mencobanya.

Membuat Semir Ban dari Cairan Silikon

Cairan silikon ternyata bisa Anda manfaatkan untuk membuat semir ban yang mengkilap. Caranya sangat mudah seperti berikut:

  • Campurkan silikon emulsi dan silikon oil ke wadah terlebih dahulu
  • Pastikan campuran merata, jika perlu menggunakan mixer supaya hasilnya lebih sempurna
  • Masukan air mineral sedikit demi sedikit sambil mengaduknya hingga merata
  • Cairan bisa kalian gunakan ke ban langsung yang sudah dicuci
  • Gunakan secukupnya saja, bila sisa bisa kalian gunakan untuk besok

Apakah Aman Membuat Semir Ban Sendiri?

cara membuat semir ban

Banyak yang masih ragu akan penggunaan semir ban yang dapat kalian buat sendiri. Jika Anda masih ragu, maka sebaiknya beli saja semir ban yang sudah melalui produksi khusus. Dengan begitu, hasilnya sudah tidak perlu kalian ragukan untk penggunaannya secara rutin.

Demikian cara membuat semir ban sendiri melalui bahan-bahan yang bisa kalian dapatkan di rumah. Ikutip beberapa tips di atas supaya hasilnya memuaskan. Terapkan langsung setelah kalian berhasil membuat semir ban tersebut.

Baca Ini Juga  Perjanjian Kredit Syariah yang Perlu Diperhatikan Kreditur