cara membuat surat lamaran kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, Disertai dengan Template

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar disertai dengan template-nya.

Surat lamaran kerja penting untuk kamu sertakan saat kamu mengirimkan resume untuk melamar suatu pekerjaan. Jenis surat ini memungkinkan kamu untuk menguraikan kualifikasi kamu dan menjelaskan mengapa kamu layak dan menginginkan posisi tersebut.

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik dapat menginspirasi atau memberi gambaran kepada HRD untuk menghubungi kamu untuk wawancara, mendorong kamu maju sukses dalam proses perekrutan.

Pada artikel ini, kami akan membagikan langkah-langkah untuk menulis surat lamaran kerja beserta template dan contoh untuk kamu gunakan saat menulis sendiri.

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang menyertai resume kamu saat kamu melamar suatu pekerjaan. Surat ini memperluas informasi yang telah kamu catat di resume kamu. Ini memberi kamu peluang yang kuat untuk menekankan kualifikasi kamu yang paling relevan dan menjelaskan mengapa kamu layak sebagai kandidat terbaik untuk posisi pekerjaan itu.

Meskipun kamu tidak selalu diharuskan untuk menyertakan surat lamaran dengan resume kerja, menyertakan surat lamaran kerja merupakan ide yang baik. Dokumen ini memungkinkan kamu untuk menyajikan argumen persuasif mengapa kamu layak  mendapatkan pangglan wawancara kerja.

Surat lamaran kamu juga dapat membantu menjelaskan resume kamu lebih lanjut, seperti kesenjangan yang panjang dalam pekerjaan atau penurunan pangkat yang nyata.

Apa beda surat lamaran kerja, resume, dan cv?

Sekali lagi surat lamaran kerja secara garis besar merupakan dokumen yang menggunakan bahasa persuasif untuk meyakinkan HR untuk memilih kamu

Baca Ini Juga  Tips Meningkatkan Imun Tubuh Paling Ampuh

Sementara itu resume terbatas pada format ringkas dan secara rinci menjelaskan riwayat hidup kamu berdasarkan pengalaman, kualifikasi, dan prestasi pada suatu bidang yang lebih sepesifik.

Sedangkan CV menjelaskan pengalaman hidup kamu pada bidang yang cukup luas dan sederet prestasi atau kualifikasi tidak hanya pada satu bidang.

Jadi kesimpulannya jika CV itu lebih umum menggambarkan pengalaman hidup kamu, sedangkan resume terbatas pada suatu bidang yang relate dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, dan surat lamaran kerja berisi pesan persuasif untuk meyakinkan HR untuk memilih kamu.

Nah untuk penggunaan CV biasanya digunakan untuk melamar pada bidang akademik seperti beasiswa atau suatu program volunteering. Sedangkan resume digunakan untuk melamar posisi suatu pekerjaan.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat surat lamaran yang menarik:

1. Teliti perusahaan dan lowongan pekerjaan

Teliti secara menyeluruh perusahaan tempat kamu melamar dan spesifikasi posisi kerja yang hendak kamu lamar. Semakin banyak kamu tahu tentang pekerjaan itu, semakin baik kamu dapat menyesuaikan surat lamaran kamu. Cari detail seperti:

  • Penghargaan terbaru perusahaan.

  • Pencapaian atau pembeda utama yang membedakan bisnis ini dari pesaing

  • Sertifikasi, keterampilan, atau pengetahuan khusus yang di perlukan atau berguna untuk pekerjaan itu.

  • Ukuran perusahaan.

  • Budaya perusahaan.

  • Proyek amal yang melibatkan perusahaan.

  • Nama dan jabatan manajer perekrutan.

2. Gunakan format profesional

Surat ini harus mengikuti format profesional dan mencantumkan nama kamu, informasi kontak kamu, tanggal dan informasi perusahaan. Mulailah dengan salam profesional, seperti “X Yang Terhormat,” dan panggil manajer perekrutan dengan nama jika memungkinkan. Jika penelitian menyeluruh tidak menghasilkan nama manajer perekrutan, kamu dapat menggunakan kata”Manajer Perekrutan [Departemen] yang terhormat,” untuk memanggilnya.

3. Sebutkan posisi yang kamu lamar

Buka surat dengan pernyataan yang jelas tentang posisi yang kamu lamar. Sebutkan nama perusahaan. Kamu juga bisa menambahkan tempat di mana kamu melihat postingan pembukaan lowongan pekerjaan tersebut. Jika kamu direkomendasikan oleh seseorang di perusahaan, pastikan untuk mencantumkan nama orang tersebut beserta posisinya.

4. Jelaskan mengapa kamu merupakan orang paling cocok untuk pekerjaan itu

Dalam satu atau dua kalimat yang berdampak, jelaskan mengapa kamu paling cocok untuk lowongan pekerjaan ini. Berikan detail yang jelas mengenai pengalaman, keterampilan, pendidikan, atau sertifikasi kamu.

5. Ringkas kualifikasi kamu.

Sebutkan kualifikasi teratas yang membuat kamu cocok untuk pekerjaan itu. Berikan ringkasan singkat tentang latar belakang kamu yang menyoroti poin terpenting dari resume kamu. Pertimbangkan apa yang ingin manajer perekrutan (HRD) ketahui tentang kamu terlebih dahulu. Pembaca kemungkinan akan membaca surat lamaran kamu sebelum meninjau resume kamu, jadi ini adalah kesempatan kamu untuk membuat argumen yang meyakinkan mengapa pembaca harus meninjau resume kamu.

6. Sebutkan mengapa kamu menginginkan pekerjaan itu

Sertakan pernyataan pribadi tentang mengapa kamu menginginkan posisi ini. Jika tadi kamu telah menjelaskan mengapa perusahaan menginginkan kamu. Bagian ini merinci mengapa kamu memilih perusahaan ini dan apa yang paling menggairahkan kamu tentang peluang kerja ini.

7. Sertakan penutupan profesional

Berikan kalimat “Terima kasih” kepada pembaca karena telah meninjau surat lamaran kamu, referensi resume kamu dan dokumen terlampir lainnya dan menawarkan untuk memberikan informasi tambahan yang diperlukan. Sebutkan bahwa kamu menantikan langkah selanjutnya dalam proses perekrutan dan akhiri dengan “Hormat kami,” sebagai penutup.

Template surat lamaran

[Nama Kamu]
[Alamat Kamu]
[Kota, Provinsi, dan kode pos Kamu]

[Tanggal]

[Nama manajer perekrutan]
[Jabatan manajer perekrutan]
[Nama perusahaan]
[Alamat perusahaan]
[Kota perusahaan, provinsi, dan kode pos]

Yang terhormat [Nama manajer perekrutan],

Saya menulis untuk menyatakan minat saya pada posisi [jabatan] di [perusahaan]. [Jelaskan bagaimana Kamu mendengar tentang pekerjaan itu dan sebutkan kontak Kamu jika Kamu dirujuk oleh seseorang di dalam perusahaan.] Saya yakin [keterampilan dan kualifikasi] saya membuat saya cocok untuk pekerjaan ini.*

[Gunakan paragraf kedua untuk menjelaskan bagaimana Kamu akan membantu perusahaan. Referensikan kampanye atau proyek tertentu jika memungkinkan.]

[Gunakan paragraf ketiga untuk meringkas kualifikasi utama Kamu. Uraikan pencapaian terpenting Kamu dan sertakan detail yang tidak dapat Kamu berikan dalam format resume Kamu yang lebih ringkas.]

[Gunakan paragraf keempat untuk menjelaskan secara singkat mengapa Kamu ingin bekerja di perusahaan ini. Sebutkan dokumen tambahan yang disertakan dengan surat lamaran Kamu, dan ungkapkan kegembiraan Kamu tentang bergerak maju dalam proses perekrutan.]

Hormat kami,
[Nama Kamu]

Nah itulah tadi adalah pembahasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang telah hargabelanja.com rangkum hanya untuk kamu. Terimakasih telah berkunjung!

1 komentar.

Comments are closed.