Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU

Diposting pada

Cara mengisi baterai mobil listrik perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Berbeda ketika Anda menggunakan mobil konvensional, ada petugas yang membantu mengisi bahan bakar mobilnya. Jika Anda menggunakan mobil listrik, besar kemungkinan harus melakukannya sendiri. Untuk pengisian baterai mobil listrik bisa di rumah atau di SPKLU yang tersebar di berbagai tempat.

Dalam pengisian baterai mobil listrik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sehingga nantinya tidak terjadi masalah yang menyebabkan kerusakan. Biaya charge mobil listrik di rumah lebih hemat daripada Anda mengisi melalui SPKLU. Akan tetapi, durasi pengisiannya lebih lama karena daya listrik dari rumah berukuran kecil.

bagaimana-cara-mengisi-baterai-mobil-listrik

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU

Untuk mengisi baterai mobil listrik, Anda bisa melakukannya di rumah maupun di SPKLU. Jika ingin mengisi di rumah, pastikan sudah memiliki home charging terlebih dahulu.

Charge Baterai Mobil Listrik Di Rumah

Untuk melakukan pengisian baterai di rumah, Anda harus memiliki daya listrik yang besar. Misalnya Anda menggunakan daya pengisian 12A, maka akan lebih baik jika memiliki daya listrik di rumah sekitar 2.640 Watt. Anda bisa menggunakan portable charger yang biasanya disediakan oleh produsen mobil listriknya. Dengan alat ini, Anda bisa dengan mudah mengisi baterai tidak hanya di rumah sendiri karena mudah dibawa kemana-mana.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Antropologi Budaya

Kekurangan dari portable charger ini ada pada kecepatan pengisiannya. Untuk mengisi baterai dari 0 sampai 100 persen, maka membutuhkan waktu 14 sampai 21 jam.

Selain menggunakan portable charger, Anda juga bisa menggunakan wall charger. Akan tetapi, wall charger harus dipasang terlebih dahulu di rumah melalui bantuan teknisi. Anda perlu menyiapkan daya listrik yang lebih besar jika menggunakan wall charger. Anda perlu menyiapkan daya 7.200 Watt di rumah agar wall charger bekerjasa secara maksimal. Durasi pengisian menggunakan wall charger dari 0 sampai 100, hanya membutuhkan waktu 5-6 jam saja.

Jika Anda sudah memiliki kedua alat tersebut, mudah untuk mengisi baterai. Caranya cukup dengan mencolokkan alat ke lobang pengisian di mobil. Setelah itu tunggu sampai baterai terisi penuh.

Charge Baterai Mobil Listrik Di SPKLU

Jika ingin mengisi baterai melalui SPKLU yang disediakan oleh PLN, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Charge.IN terlebih dahulu.
  2. Setelah itu cari SPKLU terdekat melalui aplikasi Charge.IN
  3. Lalu, datang SPKLU yang sudah Anda tentukan
  4. Parkir mobil ke tempat yang sudah tersedia, kemudian colokan nozzle pengisian baterai ke mobil
  5. Lalu Adnda perlu menempelkan kartu NFC mobli listrik pada tempat pengisian untuk otentikasi
  6. Setelah itu scan QR Code yang tersedia di SPKLU
  7. Masukkan kWh yang akan diisikan ke mobil listrik (biaya charge mobil listrik otomatis akan terlihat)
  8. Bayar biaya pengisian dengan LinkAja
  9. Setelah itu tinggal tunggu proses pengisian daya selesai.
Baca Ini Juga  Aplikasi Cloud Computing Paling Populer

Pengisian daya baterai melalui SPKLU memang lebih praktis. Anda tinggal datang ke lokasi dan melakukan pengisian sampai penuh. Biaya pengisian secara otomatis juga akan terlihat, hal ini akan memudahkan Anda melakukan kalkulasi biaya operasional mobil listriknya.

Durasi yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai sampai penuh di SPKLU juga lebih cepat. Bahkan tidak sampai 1 jam, baterai mobil listrik Anda sudah 100%. Tapi yang  menjadi kekurangannya adalah, SPKLU hanya ada di kota besar saja.

Demikian informasi mengenai cara mengisi baterai mobil listrik di rumah dan SPKLU. Anda bisa mengisi daya di manapun sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk selalu mengisi daya sampai penuh agar lebih nyaman selama perjalanan.