contoh cerpen persahabatan

Contoh Cerpen Persahabatan Singkat

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Bagi yang sedang mencari contoh cerpen persahabatan singkat tidak perlu bingung. Ada banyak sekali cerpen yang bisa kalian baca dan bisa menerapkannya secara langsung apabila ingin membuatnya. Terkadang dalam membuat cerpen perlu melihat contohnya terlebih dahulu agar proses pembuatannya lebih baik.

Ada banyak sekali cerpen tentang persahabatan yang mungkin sudah pernah kalian baca. Masing-masing cerita memiliki makna tersendiri yang biasanya menyesuaikan dengan kisah cerita penulis itu sendiri. Sesuai dengan namanya, cerpen berisikan kata yang tidak terlalu panjang kurang lebih 10 ribu kata. Biasanya cerita pendek umumnya menceritakan tentang suatu kejadian saja.

Apa Itu Cerpen?

Cerpen (Cerita Pendek) adalah salah satu karya sastra berbentuk prosa yang berisikan kisah fiktif. Cerita di dalamnya kurang lebih memuat 1500-30.000 kata. Cerpen memiliki banyak tema mulai dari persahabatan, kisah cinta, komedi, dan lain sebagainya. Biasanya penulis membuat cerita pendek tersebut menyesuaikan dengan kejadian nyata yang telah terjadi.

Cerpen berbeda dengan novel yang memiliki cerita lebih panjang. Biasanya cerpen lebih terfokus pada satu tokoh dengan memiliki puncak masalah. Di dalamnya juga berisikan solusi atau penyelesaian masalah yang terjadi. Alur yag singkat menjadikan cerpen tidak memiliki tokoh yang banyak. Isi ceritanya padat langsung tertuju pada tujuan cerita tersebut.

Baca Ini Juga  Filter Monyet TikTok Viral Terbaru dan Cara Mendapatkannya

Contoh Cerpen Persahabatan

Melihat contoh menjadikan referensi yang paling efektif bilamana kalian ingin membuat cerpen. Adapun contoh yang bisa kalian lihat tentang persahabatan sebagai berikut:

contoh cerpen persahabatan

Sore Hari di Pantai Kuta

Namaku Malika Nattaya. Orang asli Bali. Sekarang aku sedang di Pantai Kuta. Menikmati angin sore. Sore ini sangat cerah. Aku menulis sesuatu di pasir menggunakan kayu. ‘Malika dan Erin’ itu yang kutulis.

Erin adalah sahabatku. Nama lengkapnya adalah Erina Matthew. Sekarang dia sudah menemui sang kuasa. Aku teringat kejadian itu. Mataku mengalir.

“Malika!!!” Erin berteriak saat aku sedang menangis di pantai ini. Aku tidak menghiraukannya.

“Hey! Kenapa kau menangis?” Tanyanya.

“Baju ibu hanyut di laut” kataku. Aku takut dimarahi ibu.
“Akan aku ambilkan!” Erin melepas bajunya.

Dengan leging dan kaus ia berenang ke laut, padahal waktu itu sudah hampir malam. Aku terus menunggu dengan cemas. Sampai seorang nelayan datang menghampiriku.

“Adek ngapain malam-malam di sini?” Tanyanya.

“Bapak akan melaut? Tolong carikan teman saya, dia dari sore belum kembali” aku dengan gelisah menjelaskan.

Baca Ini Juga  Harga Sepatu Patrobas Terbaru 2021  

Bapak itu mengangguk. Aku disuruh menunggu di rumahnya.

Esok pagi bapak itu kembali dengan Erin.

Aku sangat senang. Tapi raut wajah bapak itu tidak senang.

“Maaf dek, teman adek sudah ditemukan mengambang di air. Dan dia sudah pergi” bapak itu berkata dengan wajah tertunduk.

Aku tak percaya akan hal ini. Sahabatku pergi karena aku! Aku menyesali perbuatanku untuk tidak melarangnya. Aku menangis sejadi-jadinya saat itu.

Kini pantai ini adalah saksi bisu persahabatan kami, dan untuk pengorbanan Erin. Semoga kau tenang di sana Erin!

Selamat Jalan, Erin!

Cerita Pendek Persahabatan

Sesuai dengan temanya, cerpen persahabatan berisikan tentang kisah persahabatan. Seperti halnya kalian memiliki sahabat sejati, kalian bisa menceritakannya dalam bentuk cerpen. Supaya lebih mudah, kalian harus memahami terlebih dahulu unsur-unsur dalam membuat cerpen.

Biasanya di dalam cerpen membuat banyak hal seperti tokoh, isi cerita, konflik, dan lain sebagainya. Bila kalian sudah memiliki gambaran, maka untuk membuatnya akan lebih mudah. Sebagai referensi, kalian bisa melihat contoh cerpen persahabatan di atas.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Ukom Kebidanan