contoh soal garis bilangan

Contoh Soal Garis Bilangan

Diposting pada

Contoh soal garis bilangan – Dalam mata pelajaran matematika terdapat salah satu materi yang selalu keluar saat ujian yaitu materi garis bilangan. Garis bilangan adalah sebuah garis berisikan titik-titik yang mengandung bilangan tertentu seperti bilangan bulat, bilangan rasional maupun bilangan rill.

Garis bilangan mempunyai fungsi untuk mengurutkan bilangan serta membantu dalam melakukan operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Titik pusat garis mempunyai angka yang termasuk bilangan cacah yaitu 0 sedangkan sisi kanan berisi nilai postif dan sisi kiri negatif. Untuk jarak antara titik satu dengan titik yang lain pun sama. Contoh nilai positif yaitu 1,2,3,4,5,6 dan seterusnya, sedangkan nilai negatif -1, -2, -3, -4 dan setrusnya.

Cara Membuat Garis Bilangan

Sebelum membahas contoh soal garis bilangan,terlebih dahulu kalian harus tau cara membuat garis bilangan. kalian bisa mengikuti cara seperti berikut ini.

Lanjutkan Membaca

1. Pertama-tama untuk membuat garis bilangan kalian harus membuat garis horizontal lurus . kalian bisa menambahkan garis vertikal yang pada akhirnya terlihat seperti tanda plus

Baca Ini Juga  Cara Menggunakan Wax Cloud Wallet Dengan Mudah

2. Buat titik-titik untuk menempatkan bilangan bulat. Untuk jarak setiap titik dengan titik sebelumnya atau sesudahnya harus sama sehingga titik yang kalian buat terlihat rapih.

3. Tulislah bilangan bulat pada setiap titik yang telah kalian buat. Untuk bilangan negatif berada sebelah kiri bilangan nol sedangkan bilangan positif berada di sebelah kanan bilangan nol. Semakin ke kanan maka nilai bilangan pun semakin besar, begitu juga sebaliknya semakin ke kiri nilai bilangan semakin kecil.

4. Kedua ujung garis harus kalian beri tanda panah. Tanda panah tersebut berguna untuk menunjukkan bahwa garis bilangan tersebut terus berlanjut baik ke kanan (semakin besar) maupun ke kiri (semakin kecil), karena prinsip garis bilangan memuat semua angka yang ada.

Contoh Soal Garis Bilangan

Banyak contoh soal garis bilangan beserta pembahasan yang dapat kalian temui di google. Mulai dari contoh soal tingkat SD sampai perkuliahan. Berikut ini contoh soal yang bisa kalian pelajari.

1. Apa yang dimaksud dengan garis bilangan?

Baca Ini Juga  Oploverz Bz Nonton Anime Gratis Tanpa Bayar

Jawaban: Garis bilangan merupakan salah satu representasi garis yang mana setiap titik-titiknya mewakili bilangan tertentu.

2. Bagaimana cara menggambar garis bilangan?

Jawaban: Pertama, buat garis lurus horizontal, beri tanda titik dengan jarak yang sama, tuliskan bilangan pada setiap titiknya.

3. Jelaskan bagaimana menghitung 6 – 5 dengan menggunakan garis bilangan.

Jawaban: Langkah pertama dengan membuat garis dari 0 menuju 6. Setelah itu, hitung 5 satuan ke kiri (operasi pengurangan). Diperolah titik terakhir pada bilangan 1. Sehingga hasil operasi pengurangannya yaitu 1.

4.

contoh soal garis bilangan

Beni mempunyai dau jeruk yang panjangnya 4 cm. Beni memegang daun jeruk yang panjangnya 3 cm. Berapakah panjang kedua daun jeruk tersebut?

Jawaban: 4 + 3 = 7

5.

contoh soal garis bilangan

Edo mempunyai daun nangka dengan panjang 10 cm. Lani menemukan daun nangka dengan panjang 5 cm. Berapakah panjang kedua daun nangka tersebut?

Jawaban: 10 + 5 = 1

6.

contoh soal garis bilangan

Lani mengukur 2 batang ranting panjangnya 9 cm dan 10 cm. Berapakah panjang kedua ranting tersebut?
Jawaban: 9 + 10 = 19

Bagaimana Agar Menguasai Materi Garis Bilangan

Kunci penting dalam menguasai materi garis bilangan adalah terus belajar sampai benar-benar bisa. Caranya dengan terus berlatih soal-soal yang ada. Semakin sering kalian berlatih maka akan semakin terbiasa untuk menjawab berbagai macam soal garis bilangan dengan mudah.

Baca Ini Juga  Cara Download Video Dari Facebook Secara Online

Anda bisa mempelajari beberapa contoh soal garis bilangan tersebut agar bisa memahaminya. Salah satu soal garis bilangan yang ada merujuk pada bilangan bulat positif dan negatif. Pelajari dengan baik supaya materi ini bisa Anda kuasai sepenuhnya.