Contoh Soal Ukom Kebidanan

Diposting pada

Contoh soal Ukom kebidanan – Bidan menjadi salah satu profesi yang banya orang inginkan. Tugas seorang bidan adalah mendampingi dan merawat calon ibu mulai dari proses mengandung sampai melahirkan. Oleh karena itu menjadi seorang bidan itu tidak mudah karena untuk menjadi bidan harus mengenyam pendidikan yang tinggi agar menjadi bidan yang baik serta profesional.

Bidan memiliki tanggung jawab yang besar karena membantu kelahiran seseorang ke dunia. Selain itu masih banyak lagi tanggung jawab se

  • orang bidan antara lain:Memperhatikan kesehatan calon ibu serta janin selama masa kehamilan sampai melahirkan.
  • Menyampaikan informasi tentang gizi dan nutrisi yang calon ibu butuhkan selama proses kehamilan. Selain itu bidan juga bertugas untuk memperhatikan kesehatan mental calon ibu beserta perawatannya.
  • Memberitahukan tentang opsi melahirkan untuk calon ibu serta meyakinkan bahwa keputusan yang calon ibu ambil tepat.
  • Bidan harus memandu dan mendampingi calon ibu dan bayi dalam persalinan.
  • Apabila menemukan kendala dalam persalinan, bidan harus bekerja sama dengan dokter kandungan.

Sebelum menjadi bidan, kalian harus menempuh pendidikan minimal D3 serta memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan surat izin praktek bidan. Untuk mendapatkan surat izin praktek, para calon bidan harus menghadapi ujian kompetensi terlebih dahulu. Ujian kompetensi tersebut berguna untuk menguji serta mengetahui sejauh mana ilmu yang sudah calon bidan kuasai. Bagi para calon bidan bisa mencoba mengerjakan contoh soal ukom kebidanan agar nantinya lebih siap dalam menghadapi ujian kompetensi.

Lanjutkan Membaca

Contoh Soal Ukom Kebidanan

Berikut ini contoh soal ukom kebidanan yang bisa kalian pelajari untuk menghadapi ujian kompetensi:

1. Seorang perempuan berusia 35 tahun hamil kedua Usia Kehamilan 8 bulan, datang ke polindes dengan keluhan nyeri kepala, muka bengkak. Pada pemeriksaan didapatkan T = 150/100 mmHg, reflek patella (+). Hasil Lab protein urin (++). Apakah diagnosa yang tepat untuk kasus tersebut?

Baca Ini Juga  Aplikasi Pengganti X8 Speeder Terbaik untuk Higgs Domino

a. Preeklampsi
b. Preeklampsi ringan
c. Preeklampsi berat
d. Hipertensi kronis
e. Impending Eklampsi

Jawaban: B

2. Seorang perempuan berusia 35 tahun hamil kedua Usia Kehamilan 8 bulan, datang ke polindes dengan keluhan pusing, kaki bengkak. Pada pemeriksaan didapatkan T = 150/100 mmHg, kaki oedema+/+, reflek patella (+).TFU 4 Jari atas pusat (28cm), djj + (144x/menit). Hasil Lab protein urin (++).

Apakah komplikasi yang terjadi saat ini pada janin dari kasus tersebut?

a. IUGR
b. IUFD
c. BBLR
d. Cacat Bawaan
e. Fetal distress

Jawaban: A

3. Seorang perempuan berusia 35 tahun hamil kedua Usia Kehamilan 8 bulan, datang ke polindes dengan keluhan pusing, kaki bengkak. Pada pemeriksaan didapatkan T = 150/100 mmHg, kaki oedema+/+, reflek patella (+). Hasil Lab protein urin (++)
Apakah tindakan yang tepat pada kasus tersebut?

a. Tirah Baring
b. Batasi Aktivitas dan istirahat cukup
c. Diet tinggi lemak rendah garam
d. Kontrol setiap 1 bulan sekali
e. Pemeriksaan laborat secara rutin

Jawaban: B

Soal Ukom Kebidanan

Contoh Soal Ukom Kebidanan

4. Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke polindes untuk memeriksakan kehamilan pertamanya dengan keluhan terlambat tidak haid 3 bulan disertai pusing, malas melakukan aktivitas. Hasil Pemeriksaan KU : baik, TTV dalam batas normal, BB : 45 kg TB : 155 cm
Apakah data penunjang untuk menentukan diagnosa tersebut?

a. Plano tes positif
b. USG terlihat kantong kehamilan
c. Palpasi Abdomen Secara Leopold
d. Pemeriksaan Fisik Secara Lengkap
e. Auskultasi untuk mendengarkan DJJ

Jawaban: A

5. Seorang bidan melakukan kunjungan rumah ditemukan seorang perempuan berusia 21 tahun hamil anak pertama usia kehamilan 7 bulan mengeluh nyeri pinggang. Pada pemeriksaan TTV dalam batas normal, TFU : 3 jari atas pusat Djj +, tidak oedema.

Baca Ini Juga  Cara Setting APN XL Menjadi Lebih Cepat dan Stabil

Apakah Asuhan yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Anjurkan Tidur miring
b. Anjurkan Jalan- Jalan
c. Anjurkan Kaki ditekuk
d. Anjurkan Tidur kaki lebih tinggi
e. Anjurkan Tidak membungkuk

Jawaban: E

6. Seorang perempuan berusia 32 tahun hamil anak ke empat tidak pernah abortus, usia kehamilan 9 bulan ke BPM mengeluh keluar cairan merembes dari kemaluan berwarna jernih, berbau anyir, dan perut tidak mulas.

Apakah pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosa tersebut?

a. Tes protein urin
b. Tes glukosa urin
c. Tes lakmus
d. Tes Ph Urin
e. Tes Albumin urine

Jawaban: C

7. Seorang perempuan berusia 32 tahun hamil anak ke empat, anak pertama sampai ketiga lahir normal hidup dan tidak pernah abortus, usia kehamilan 9 bulan ke BPM mengeluh keluar cairan merembes dari kemaluan berwarna jernih, berbau anyir, dan perut tidak mulas. TTV dalam batas normal, VT : Tidak ada pembukaan tes lakmus (+).

Apakah diagnosa yang tepat dari kasus tersebut?

a. GIV P3 A0 dengan Partus Prematur
b. GIV P3 A0 dengan KPD
c. GIV P3 A0 dengan Inpartu
d. GIV P3 A0 dengan Risiko tinggi
e. GIV P3 A0 dengan Kehamilan normal

Jawaban: B

Lanjutan Contoh Soal Ukom Kebidanan

8. Seorang perempuan berusia 32 tahun hamil anak ke empat, anak pertama sampai ketiga lahir normal hidup dan tidak pernah abortus, usia kehamilan 9 bulan ke BPM tanggal 23 Oktober 2012 Jam 8.00 wib jam mengeluh keluar cairan merembes dari kemaluan berwarna jernih, berbau anyir, dan perut tidak mulas, jam 05.00 wib. TTV dalam batas normal, VT : Tidak ada pembukaan tes lakmus (+).

Baca Ini Juga  Cara Mendapatkan Chip Higgs Domino Gratis Terbaru

Apakah Asuhan yang tepat pada kasus tersebut?

a. Menganjurkan tirah baring
b. Memasang infus
c. Merujuk ke rumah sakit
d. Memberikan Obat Tokolitik
e. Memberikan Obat Antibiotik

Jawaban: C

9. Seorang perempuan usia 20 tahun, periksa ke polindes mengeluh tidak haid 1 bulan yang lalu disertai mual muntah 2 x/hari, tidak nafsu makan. Pada pemeriksaan fisik, Keadaan umum baik, tanda chadwik (+), Palpasi TFU 2 jari atas simpisis. TTV normal, Pemeriksaan penunjang tes pek (+).

Apakah diagnosa kasus tersebut?

a. Tanda pasti kehamilan
b. Tanda – tanda presumtif
c. Tanda tanda emesis ringan
d. Tanda – tanda hamil muda
e. Tanda kemungkinan hamil

Jawaban: E

10. Seorang perempuan berusia 23 tahun hamil pertama, usia kehamilan 8 bulan datang ke Puskesmas dengan keluhan, merasa cepat lelah, pusing, mata berkunang – kunang dan setelah melakukan aktifitas kadang jantung berdebar – debar. Hasil pemeriksaan didapatkan konjungtiva pucat, tensi 90/70 mmHg, Hb 8 gr %.

Apakah diagnosa yang tepat untuk kasus tersebut?

a. Anemia berat
b. Anemia ringan
c. Anemia sedang
d. Hipotensi

Jawaban: C

Bagi kalian yang ingin menjadi bidan, kallian sebelumnya harus mempunyai pengalaman dasar seperti mendapatkan gelar sarjana serta mendapatkan pengalaman bekerja dengan bidan. Semoga contoh soal ukom kebidanan tersebut bisa membantu kalian yang sedang menyelesaikan pendidikan kebidanan.