harga cengkeh hari ini

Harga Cengkeh Hari Ini Berbagai Jenis

Diposting pada

Cengkeh merupakan tangkai bunga kering yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur dan juga obat herbal. Banyak kandungan yang terdapat pada cengkeh, terutama untuk kesehatan manusia. Berbagai macam penyakit bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan cengkeh. Selain itu, cengkeh menjadi salah satu rempah-rempah yang memiliki cita rasa khas untuk bumbu makanan. Ketahui harga cengkeh hari ini sebelum membeli.

Anda bisa mendapatkan rempah-rempah yang satu ini dengan membelinya di warung terdekat. Harga cengkeh hari ini mengalami penurunan, Anda bisa membelinya untuk keperluan yang Anda butuhkan. Dengan berbagai macam fungsi yang terdapat pada cengkeh, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Harga Cengkeh

Dari tahun ke tahun, harga cengkeh berubah-ubah. Sempat mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi dan kini harganya kembali menurun. Harga cengkeh hari ini kisaran Rp. 53 per kg. Seperti yang Anda ketahui sendiri, cengkeh sebelumnya menjadi tanaman primadona masyarakat karena memiliki khasiat yang sangat baik.

Baca Ini Juga  5 Cara Membuat Spaghetti Rumahan yang Enak dan Simpel

Pada tahun 2014/2015, harga cengkeh sempat mencapai Rp. 120 ribu. Hingga saat ini, nilai harga cengkeh kering justru semakin menurun menjadi Rp. 53 ribu per kg. Terdapat beberapa faktor yang membuat harga cengkeh menurun. Seperti halnya semenjak ada kampanye anti rokok yang berpengaruh dalam memproduksi rokok. Sehingga berpengaruh terhadap penyerapan tembakau dan cengkeh yang merupakan bahan dasar untuk membuat rokok.

Selain itu, semenjak munculnya pandemi covid-19 ini juga mempengaruhi nilai harga cengkeh yang berubah. Kejadian ini membuat petani cengkeh mewanti-wanti karena harganya belakangan ini menurun sejak adanya Pandemi Covid-19.

Harga Cengkeh Kering Hari Ini

Terdapat dua macam cengkeh yang bisa Anda dapatkan, yaitu cengkeh kering dan cengkeh basah. Harga dari jenis cengkeh tersebut juga berbeda, nilai harga cengkeh kering lebih tinggi dibandingkan dengan cengkeh basah. Berikut daftar harga cengkeh hari ini :

  • Harga cengkeh kering 1 kg Rp. 67.500
  • Harga cengkeh kering 1 kg kualitas ekspor Rp. 155.000
  • Harga cengkeh kering super premium 1 kg Rp. 120.000
Baca Ini Juga  Mapel IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Harga cengkeh setiap daerah juga berbeda-beda, Anda bisa mengecek sendiri di daerah Anda mengenai harga cengkeh kering yang dijual. Untuk Anda yang ingin membeli cengkeh bisa datang langsung ke warung terdekat atau membelinya secara online. Saat ini sudah sangat mudah untuk mendapatkan makanan secara online seperti lewat Tokopedia, Shopee, dan beberapa toko online terpercaya lainnya.

Apa Itu Cengkih

Cengkih menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Cita rasa makanan akan semakin lezat apabila Anda menambahkan cengkeh di dalamnya. Cengkeh seringkali dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menambah aroma dan rasa yang lezat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk pengobatan secara alami. Banyak berbagai macam jenis penyakit yang bisa Anda sembuhkan menggunakan cengkeh.

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan yaitu dapat meredakan sakit perut dan batuk berdahak. Ekstrak cengkeh yang ada di dalamnya bisa mengatasi diare, perut kembung, mual, hernia dan bau mulut. Bahkan berbagai macam penelitian telah menyebutkan bahwa cengkeh dapat mencegah ejakulasi dini pada pria.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Psikologi

Sebaiknya Anda rutin mengkonsumsinya karena cengkeh memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Harga cengkeh hari ini cukup terjangkau, Anda bisa membelinya untuk kebutuhan sehari-hari. Namun Anda harus tetap mengetahui bagaimana cara mengkonsumsinya yang tepat. Apabila asal mencobanya, hal ini dapat berpengaruh terhadap efek samping yang ditimbulkan. Akan lebih efektif jika Anda menanyakan terlebih dahulu kepada dokter untuk anjuran mengkonsumsi cengkeh yang tepat.