Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri.| Unsplash.com
Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri.| Unsplash.com

Inilah Alasan Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri!

Diposting pada

Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri yaitu untuk menghindari dari hal yang tidak kamu inginkan. Baik itu berupa gangguan dari orang yang tidak berkepentingan maupun dari orang-orang terdekat. Sebab saat orang lain mengetahui data pribadi kita atau kehidupan pribadi kita, hal ini akan menjadi masalah yang serius

Alasan Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri

Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri.| Unsplash.com
Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri.| Unsplash.com

Di era digital ini semua dapat mengakses internet. Baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Semua kalangan dapat memperoleh dan memberikan informasi apapun di berbagai kanal media sosial. Untuk beberapa hal, terkadang kita perlu menyimpan informasi pribadi sebab beberapa faktor berikut.

1.     Alasan Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri Karena Keamanan

Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri adalah untuk menjaga keamanan. Ketika kamu memberikan informasi pribadi yang penting secara sembarangan, kamu akan terancam pencurian data. Seperti menginformasikan tanggal lahir, alamat lengkap rumah, nama jelas, nomor rekening, nama orang tua dan sebagainya.

Data-data diatas rawan disalahgunakan, oknum atau orang yang tidak bertanggung jawab dapat melakukan pencurian data. Bukan tidak mungkin jika orang lain menggunakan data di atas untuk melakukan pinjaman secara diam-diam tanpa kamu ketahui. Atau bahkan membuat akun lain yang mengatasnamakan kamu, sehingga reputasi kamu menjadi buruk.

Baca Ini Juga  Review seva.id Layanan Otomotif Online Terpercaya

2.      Tindak Kriminal

Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri yaitu agar kamu terhindar dari kejahatan atau tindak kriminal. Ketika memberikan informasi mengenai kehidupan sehari – hari, kamu perlu selektif dan berhati – hati. Pasalnya beberapa oknum melakukan kejahatan yang didukung dengan informasi yang diberikan oleh korban.

Seperti saat kamu mengabarkan di media sosial bahwa kamu sedang sendirian di rumah, atau di rumah tidak ada orang atau siapapun. Hal ini bisa menarik perhatian pelaku tindak kriminal melakukan aksi kejahatannya dengan mencuri di rumah korban bahkan sampai melakukan pembunuhan berencana.

3.      Reputasi Diri, Keluarga hingga Lembaga

Ketika kamu memberikan informasi yang bersifat privasi di sosial media, seperti masalah pribadi , keluarga, pekerjaan bahkan dengan pasangan. Sebagian mungkin akan peduli pada kamu dengan memberikan saran dan motivasi. Tetapi sebagian yang bisa jadi merasa risih dan menilai kamu sebagai pribadi yang buruk.

Bukan hanya citra dirimu, melainkan juga reputasi institusi tertentu dimana kamu bekerja atau bersekolah. Terlalu mengumbar masalah pribadi, imbasnya kamu akan memperoleh kerugian baik ketika bersosialisasi dengan keluarga, teman kerja maupun di lingkungan sekolah.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi 100% Berhasil dan Mudah

4.      Kesehatan Mental

Alih-alih ingin mencari solusi atau perhatian dari orang lain, mengumbar informasi pribadi justru mengundang komentar dan hujatan dari netizen. Hal ini sering terjadi pada kalangan selebritis, ketika para selebritis membagikan aktivitas dengan keluarga, masalah pribadi atau pekerjaannya, tidak sedikit netizen juga menjadi haters diantara para fans.

Bagi selebritis hal tersebut sudah biasa, bahkan berguna untuk menaikan popularitas. Tapi sayangnya hal ini tidak akan berlaku untuk kamu, jika kamu bukan orang yang populer. Justru kamu akan mengalami depresi karena tekanan dari hujatan dan komentar buruk dari para netizen lainnya yang tidak mengenal kamu sama sekali.

5.    Alasan Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri Karena Untuk Menjaga Fokus Utama

Alasan pentingnya menjaga privasi diri sendiri salah satunya adalah agar kamu tetap fokus dengan kehidupan kamu di dunia nyata. Ketika kamu sibuk membagikan segala hal di sosial media, kamu lupa untuk membangun relasi dengan orang – orang terdekat kamu. karenanya menjaga privasi merupakan hal yang penting agar hidup kamu tetap tenang.

Baca Ini Juga  Ukuran Kertas F4 dan Cara Settingnya Pixel, Inci, MM, CM

itulah beberapa alasan pentingnya menjagaprivasi diri sendiri. Sehingga hal tersebut pun akan meminimalisir kejadian buruk yang kamu terima. Selain itu, baca pula infromasi menarik lainnya di rekomendasi.co untuk mengikuti info uptade lainnya.