Penyebab  rasa malas.| Unsplash.com
Penyebab  rasa malas.| Unsplash.com

Inilah Beberapa  Penyebab Rasa Malas

Diposting pada

Penyebab  rasa malas memang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Baik itu faktor internal maupun eksternal. Sehingga  dapat disimbolkan perilaku ini tidak timbul begitu saja, tetapi ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Lantas, bagaimana apabila hal tersebut berlanjut dengan durasi waktu yang lama? Tentu hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan yang kamu miliki. Dimana dampaknya lebih cenderung negatif dibandingkan dengan positif. Sehingga penting mengenali penyebab kamu merasa malas kemudian menemukan solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Rasa Malas

Penyebab  rasa malas.| Unsplash.com
Penyebab  rasa malas.| Unsplash.com

Malas merupakan suatu keadaan tidak ingin melakukan suatu hal padahal dirinya mampu melakukan kegiatan atau pekerjaan tersebut. Sehingga rasa malam sering menimbulkan dampak yang kurang baik. Padahal  hal tersebut didorong oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut!

1.    Minimnya Motivasi

Beberapa orang menganggap motivasi hanya seperti omong kosong belaka, padahal secara tidak langsung hal tersebut mempengaruhi kinerja yang kamu lakukan. Dimana semakin besar dorongan yang kamu miliki, maka besar pula effort yang diberikan terhadap tugas atau pekerjaan tersebut. Apabila kamu tidak memiliki motivasi yang kuat, maka rasa malas akan senantiasa menghampiri.

Baca Ini Juga  Sinopsis The Mauritanian, Film Terbaru 2022

Cobalah tanyakan pada diri sendiri, alasan kamu melakukan pekerjaan atau kegiatan tersebut yang sebenarnya. Berilah waktu dirimu untuk merenungkan hal tersebut sebaik mungkin. Selain itu, ingat kembali dampak yang akan kamu dapatkan apabila pekerjaan atau kegiatan tersebut tidak dilakukan. Dengan begitu, lambat laun kamu akan menemukan motivasi dari segala hal yang kamu lakukan tersebut.

2.    Penyebab Rasa Malas: Mengalami Depresi

Depresi merupakan sebuah keadaan dimana kamu kehilangan minat terhadap apapun. Sehingga tidak semangat untuk melakukan sesuatu yang dulunya sering lakukan. Adapun penyebab dari depresi ini sebenarnya beragam, dari mulai kekecewaan sampai dengan kehilangan orang yang sangat berarti.

Dimana hal tersebut terjadi dengan durasi waktu yang cukup panjang, maka jika begitu, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan orang yang memang ahli dibidangnya. Masalahnya, jika dibiarkan begitu saja, hanya karena membuatmu jauh lebih buruk dan tentunya akan merugikan dirimu sendiri.

3.    Belum Menemukan Tujuan Hidup Dengan Spesifik

Ketika kamu memiliki tujuan hidup yang benar-benar spesifik, maka kamu secara tidak langsung akan termotivasi atas hal tersebut. Sehingga jika kamu belum menemukan tujuan hidupmu, maka segala hal yang kamu lakukan cenderung akan terasa biasa saja.

Baca Ini Juga  Download Higgs Domino Mod Apk

Hingga pada akhirnya rasa malas pun akan menghampiri karena melakukan rutinitas yang sama. Maka untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya , kamu menemukan atau bahkan membuat tujuan hidup yang ingin kamu capai itu seperti apa. Dengan demikian, meskipun merasa lelah, kamu tidak akan menyerah lantas bermalas-malasan.

4.    Takut Mengalami Kegagalan

Tidak ada yang langsung berhasil melakukan sesuatu dengan sempurn, bukan? Termasuk dirimu, jika kamu sebelumnya pernah berkali-kali gagal, bukan berarti kehidupanmu akan gagal seterusnya.  Dimana jika kamu terus merasakan perasaan seperti ini, hal tersebut dapat memicu rasa malas untuk melakukan sesuatu karena beranggapan semaunya akan sama saja.

Lantas hal apa yang perlu dilakukan ketika ketakutan akan kegagalan ini menghampiri? Cobalah untuk pertama-tama  menenangkan diri, setelah tenang evaluasi lah segala yang telah kamu lakukan. Kemudian temukan kesalahan yang seharusnya kamu tidak lakukan. Setelah itu, koreksi dan mencoba kembali dengan strategi yang berbeda.

Penyebab rasa malas pun disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, dimana sering menunda pekerjaan karena mendahulukan memuaskan kesenangan. Seperti menghabiskan uang untuk menonton bioskop, pergi ke konser, nonton film di rumah, dan lain sebagianya. Tentu jika kegiatan tersebut dilakukan secara terus-menerus akan menyebabkan kamu malas melakukan apapun, bukan?

Baca Ini Juga  Gaji Operator Produksi PT AHM Cikarang Terbaru