Cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan.| Unspalsh.com
Cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan.| Unspalsh.com

Inilah Cara Menyiapkan Dana untuk Resepsi Pernikahan

Diposting pada

Cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan yang paling mudah adalah dengan membuat perencanaan anggaran.  Kamu bisa melakukannya dimulai saat setelah penetapan tanggal pernikahan akan dilangsungkan. Dana yang akan kamu butuhkan untuk persiapan pernikahan bergantung kepada konsep pernikahan yang akan dilangsungkan.

Kamu perlu menyiapkan alokasi dana untuk berbagai hal yang menunjang acara pernikahan. Seperti biaya gedung, dekorasi, catering, rias dan baju pengantin, undangan, dokumentasi serta persiapan lainnya. Tentunya semua persiapan tersebut membutuhkan dana yang cukup banyak, sehingga untuk mengumpulkan dana pernikahan disiapkan sedini mungkin.

Cara Menyiapkan Dana untuk Resepsi Pernikahan

Cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan.| Unspalsh.com
Cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan.| Unspalsh.com

Menikah merupakan momen yang sangat istimewa bagi setiap pasangan. Pernikahan tersebut tentunya dilangsungkan dengan perayaan yang berkesan dan tidak terlupakan. Sehingga dibutuhkan perencanaan yang matang. Untuk itu kamu bisa mengikuti beberapa cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan seperti di bawah ini.

1.      Menentukan Konsep dan Jenis Pernikahan

Langkah awal untuk menyiapkan pernikahan adalah menentukan konsep serta jenis pernikahan yang akan dilangsungkan. Hal ini akan berpengaruh pada anggaran dan persiapan lainnya yang dibutuhkan. Kamu perlu memilih konsep pernikahan dengan menentukan tempat dan tema dekorasi yang kamu inginkan.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Waskita Karya dan Jabatannya Terbaru

Kamu bisa menentukan konsep pernikahan di gedung atau di hotel berbintang lima misalnya. Atau pernikahan dengan konsep sederhana dengan melangsungkan pernikahan di kediaman pribadi. Hal tersebut disesuaikan dengan budget yang kamu miliki untuk menggelar sebuah pernikahan. Untuk merencanakannya kamu bisa menggunakan jasa Wedding Organizer.

2.      Menghitung Budget dan Buat Skala Prioritas

Setelah menentukan konsep acara yang akan digelar, kamu perlu menghitung budget anggaran yang dibutuhkan. Semakin mewah sebuah pernikahan, maka semakin banyak anggaran yang harus dikeluarkan. Jika pernikahan dilangsungkan dengan sederhana tentunya biaya pernikahan relatif lebih murah.

Adapun cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan berikutnya adalah  dengan merinci setiap kebutuhan. Untuk itu kamu perlu membuat prioritas, mulai dari prioritas utama sampai prioritas terakhir. Selain itu kamu perlu menyiapkan anggaran darurat untuk hal yang tidak terduga. Hal ini bisa membantu kamu untuk tetap mengatur keuangan dengan baik.

3.      Menyiapkan Anggaran dengan Menabung

Selanjutnya cara menyiapkan dana untuk resepsi pernikahan adalah dengan menabung. Jika anggaran pernikahan telah diketahui secara rinci, kamu bisa mulai menabung bersama pasangan. Setelah itu, tentukan berapa banyak jumlah dana yang harus ditabung setiap bulannya. Kamu bisa menyisihkan penghasilan kamu bersama pasangan.

Baca Ini Juga  Kode Redeem MSC Mobile Legends

Untuk mempersiapkan tabungan pernikahan, kamu perlu membuat target pada sisa bulan yang kamu miliki sebelum pernikahan. Kamu bisa memasukan kontribusi dari tabungan yang kamu miliki sebelumnya dengan kontribusi dari pihak kedua keluarga. Setelah itu kamu dapat mengkalkulasikannya dan menentukan jumlah uang yang harus disimpan setiap bulannya.

4.      Mencari Vendor untuk Pernikahan dari Jauh Hari

Sebelum pernikahan dilangsungkan, kamu beserta pasangan perlu melakukan riset mengenai biaya yang dibutuhkan. Banyak dari pasangan pengantin menyerahkan semua persiapan pada vendor,  sehingga tidak jarang biaya yang dikeluarkan menjadi cukup tinggi.

Setelah melakukan riset, kamu dapat mengetahui mana saja vendor yang menawarkan harga yang terlalu tinggi maupun rendah. Lalu kamu dapat meminta vendor tersebut memodifikasinya. Untuk memilih vendor, perlu dilakukan dari jauh hari dengan melakukan pertemuan dengan beberapa vendor dan menentukan salah satu vendor terbaik.