Merawat ikan,| Unsplash.com
Merawat ikan,| Unsplash.com

Inilah Cara Merawat Ikan yang Baik

Diposting pada

Masing-masing orang memiliki kebiasaan untuk melepas rasa lelah. Salah-satu diantaranya dengan merawat ikan. Terutama ikan hias atau koi yang bisa disimpan dalam akuarium.

Beberapa sumber lain menyebutkan, memelihara ikan dapat membantu mengurangi stress dan rasa cemas, meski tidak ada kontak langsung sama sekali. Hal ini karena suara air yang mengalir dari akuarium juga dapat membuat pikiran rileks dan memiliki efek menenangkan.

 Cara Merawat Ikan yang Baik

Merawat ikan,| Unsplash.com
Merawat ikan,| Unsplash.com

Merawat ikan tak sekadar memilikinya saja, ada beberapa cara pemeliharaan agar ikan mampu bertahan hidup lebih lama. Ikan yang dirawat dengan baik berpeluang memiliki masa usia panjang. Untuk itu, yuk simak cara berikut ini :

 1.Memberikan waktu untuk ikan beradaptasi

Ikan yang akan dirawat di dalam akuarium harus diberi jeda waktu beradaptasi. Dengan cara cukup mudah, yaitu memasukkan ikan yang telah dibeli ke dalam campuran air plastik dan akuarium perbandingan 50 : 50.

Diamkan ikan sekitar 15 sampai 20 menit, kemudian matikan lampu akuarium untuk mengurangi stres pada ikan. Jika ikan lebih dari satu, masukkan secara bersamaan agar tidak berkoloni dan menyudutkan ikan baru.

Baca Ini Juga  Harga Keramik Lantai Roman Semua Ukuran

2. Kenali Kebutuhan Ikan

Ikan memiliki kebutuhan yang  berbeda-beda. Dengan begitu, pasti ada perbedaan dalam perawatan masing-masing ikan. Ada jenis ikan yang tidak dapat disatukan dengan ikan lain yang karakteristiknya berbeda, seperti ikan nemo dengan ikan agresif.

Untuk akuariumnya sendiri, ada yang perlu dibersihkan dan airnya diganti dalam beberapa hari sekali. Ada juga ikan yang bisa bertahan di dalam akuarium tanpa dibersihkan sangat lama. Semua itu mempengaruhi keadaan ikan pada tingkat kesetresan nya.

3. Siapkan Akuarium dan Peralatannya yang Berkualitas Baik

Media untuk merawat ikan harus dipersiapkan terlebih dulu sebelum membeli ikannya. Akuarium dan peralatan terbaik dapat memastikan ikan yang dipelihara bisa hidup.

Diantara peralatan yang perlu disiapkan yaitu : Filter atau penjernih air untuk membunuh bakteri, penghangat air (Aerator) dan lampu aquarium. Bisa juga ditambah seperti tanaman air untuk menghias akuarium. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas air di dalam akuarium dengan baik.

4. Membersihkan Akuarium

Perawatan rutin merupakan kegiatan inti dari cara merawat ikan yang baik. Hal ini karena, ikan dapat benar-benar hidup baik jika dirawat setiap hari.

Baca Ini Juga  Kirain Gampang, 3 Contoh Soal GMB Ini Ternyata Susah!

Jangan biarkan air di dalam akuarium tidak lama diganti, meski sudah dipasangi filter penyaring air, minimal seminggu sekali harus dibersihkan. Air dapat membantu menjaga kesehatan ikan dan menghilangkan kotoran di dalam.

5. Memberi Ikan Makanan Secara Rutin

Ada beberapa pakan yang biasa digunakan para pecinta ikan. Jenis pakan tersebut salah-satunya berupa tepung yang ditabur di akuarium atau kolam. Ada juga cairan yang disemprot, dan pakan cacing atau pellet.

Menurut beberapa sumber untuk ikan berukuran besar sebaiknya berikan makanan 4 kali sehari, sedangkan ikan kecil sebaiknya diberikan 6 kali sehari dengan jarak minimal 2 jam.

Akan tetapi sebelum itu lebih baik berkonsultasi dulu kepada kepada penjual ikannya untuk memilih jenis makanan yang tepat. Agar penyesuaian ukuran makanan terhadap ikan bisa sangat efektif.

Dengan demikian ulasan cara merawat ikan yang baik bisa kamu praktekkannya langsung di rumah. Bagaimana? Apakah sekarang kamu tertarik untuk merawat ikan? Apalagi jika mengingat manfaatnya. Siapa tahu memang bisa menjadi obat kamu ketika sedang stress, Sobat.

Baca Ini Juga  Resep Udang Goreng Mentega 2021 Istimewa