Materi Cerpen Kelas 9

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Materi cerpen kelas 9 apa saja? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya. Memasuki kelas 9, kalian akan tetap mempelajari materi cerpen seperti kelas 7 dan 8. Cerpen termasuk ke dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang terbilang susah-susah gampang.

Bagi yang baru mempelajarinya pastinya masih bingung mengenai cerpen. Hal ini sudah cukup familiar semenjak duduk di bangku sekolah dasar, beragam buku di dalamnya memuat cerpen yang bisa kalian baca. Bahkan saat ini sudah tersedia di berbagai media baik Google, Media Sosial, dan lain sebagainya.

Apa itu Cerpen?

Sebelum membahas materi cerpen kelas 9, kalian harus mengetahui penjelasannya. Cerpen merupakan karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas, dan singkat. Biasanya cerpen hanya mencakup suatu permasalahan satu tokoh saja.

Selain itu, cerpen sering juga disebut sebagai fiksi prosa karena ceritanya hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh, baik dari pengenalan karakter hingga permasalahan yang dialami oleh tokoh itu sendiri. Jumlah kata tidak lebih dari 10 ribu.

Baca Ini Juga  Mapel PPKN Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Cerpen juga terdiri dari berbagai kisah seperti percintaan, kasih sayang, jenaka, dan lain sebagainya. Cerpen juga mengandung pesan dan amanat untuk para pembaca, sehingga hanya terhibur saja dan bisa menerapkan setiap pesan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Cerpen Kelas 9

Berbagai macam materi cerpen sangat menarik untuk diketahui agar bisa mempelajarinya dengan mudah. Berikut beberapa hal yang harus dipelajari:

1. Prosa: Bentuk Karya sastra berupa narasi atau cerita.

Contoh: novel, roman, cerpen, cergam, cermis, cermin, komik.

  • Novel yaitu sebuah karya prosa panjang yang adanya perubahan nasib pada tokohnya. Contohnya Negeri Lima Menara (Ahmad Fuadi).
  • Roman yaitu, sebuah karya prosa panjang yang menceritakan tokoh dari kecil sampai dia meninggal. Contohnya Roman Siti Nurbaya (1922, Marah Rusli) penerbit Balai Pustaka

2. Puisi

Puisi, adalah bentuk karya sastra berupa susunan diksi (pilihan kata) yang indah dan mempunyai makna yang dalam.

Ada dua jenis puisi yaitu puisi lama dan puisi baru.

  • Puisi lama adalah puisi yang ditulis mengikuti aturan yang mengikat
Baca Ini Juga  Pengertian, Rumus dan Contoh Soal Relativitas Newton

Contohnya : Pantun, Syair, Gurindam, Karmina

  • Puisi baru disebut juga pusii bebas dan tidak mengikuti aturan yang tetap.

3. Drama

Drama yaitu, bentuk karya sastra berupa dialog dengan tujuan untuk dipentaskan

Struktur Cerpen

blank

Setelah mengetahui materi cerpen kelas 9, mungkin kalian tertarik untuk membuatnya. Pahami terlebih dahulu struktur di dalamnya sebagai berikut:

  • Abstark: inti atau ringkasan dari cerita pendek yang dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian kejadian atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerpen (setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abstrak).
  • Orientasi: berkaitan dengan suasana, waktu, dan tempat yang berkaitan dengan alur cerita dari cerpen.
  • Komplikasi: berisi urutan peristwa-peristiwa yang dihubungkan dengan sebab dan akibat.
  • Evaluasi: struktur konflik yang terjadi yang mengarah pada klimaks serta mulai mendapatkan penyelesaian dari konflik yang terjadi pada cerpen
  • Resolusi: bagian ini, pengarang mulai memberi solusi yang dialami tokoh.
  • Koda: bagian ini, terdapat pelajaran atau nilai yang dapat dipetik dari cerpen tersebut oleh pembaca.

Itulah informasi mengenai materi cerpen kelas 9. Pahami dengan baik berbagai macam materi yang ada di dalamnya baik dari pengertian, struktur, maupun materinya. Dengan memahami cerpen, kalian nantinya bisa membuatnya sendiri atau dapat menjawab berbagai macam soal yang terkait dengan cerita pendek.