Kesehatan mata .|Unsplash.com
Kesehatan mata .|Unsplash.com

Mau Menjaga Kesehatan Mata? Yuk Hindari ini!

Diposting pada

Kesehatan mata menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena tanpa mata yang sehat maka kegiatan atau rutinitas pun pasti terkendala. Permasalahan mata merupakan masalah kesehatan dunia dan  gangguan penglihatan yang paling umum dialami oleh banyak orang adalah mata minus, katarak, serta glaucoma.

Gangguan ini pun tidak bisa dibiarkan begitu saja, perlu ada bantuan untuk mengatasinya. Misalnya, terhadap mata minus, seseorang yang yang memiliki gangguan penglihatan ini mengharuskan mereka untuk mengenakan kacamata pendukung, agar aktivitasnya tidak terhambat.

Hal Yang Perlu Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata .|Unsplash.com
Kesehatan mata .|Unsplash.com

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?  Sehingga  kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah matamu menjadi rusak. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari gangguan tersebut?

1.    Hindari Menggunakan Laptop, Tablet, Atau HP Ketika Gelap

Hal yang perlu Anda hindari pertama adalah menggunakan barang-barang elektronik dalam kondisi ruangan atau kamar gelap. Apabila dalam waktu 30 menit menatap layar atau monitor dari laptop maupun HP, ini dapat mengganggu kesehatan dari mata karena dapat merusak makula lutea atau bahasa awamnya dikenal dengan bagian yang ada di retina.

Tentu ini bukanlah hal bagus, mengingat retina berfungsi untuk memicu suatu impuls saraf, dimana hal ini terjadi melalui saraf optic dengan tujuan membentuk penglihatan. Selain itu, apabila macula lutea ini rusak maka akan memperbesar tingkat kebutaan dan kanker mata.

Memang efek kerusakan ini tidak akan terasa saat ini juga, tetapi dampaknya sangat mengerikan. Biasanya dampak dari kerusakan ini akan terasa ketika usia menjelang lansia. Akan tetapi, dampak inipun ditemukan pada orang dengan rentan usia 30 tahun hingga 40 tahun.

2.    Mengenakan Lensa Mata Saat Tidur

Mengenakan lensa mata termasuk kepada tren kecantikan ataupun fashion di Era sekarang. Dengan mengenakan lensa mata, orang-orang dapat memiliki lensa mata dengan berbagai warna. Tentu ini sangat menarik, bukan?

Baca Ini Juga  Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

Namun, sayangnya hal ini dapat mengganggu kesehatan dari mata sendiri karena apabila tidak di copot atau dikenakan saat tidur, bisa jadi merusak mata. Tentu hal ini bukanlah tanpa sebab, melainkan karena penggunaan lensa dalam waktu lama hingga digunakan saat tidur dapat menyebabkan rentannya kornea rusak.

Hal ini pun ditunjang oleh sebuah penelitian dari American Academy of Ophthalmology yang hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa ditemukannya suatu fakta bahwa lensa yang digunakan dalam waktu lama ( dari pagi atau siang hari hingga malam hari) dapat dengan mudah merusak kornea.

Ini disebabkan karena lensa digunakan di mata secara langsung, sehingga sangat rentan mata terluka hingga mengalami kerusakan. Dengan begitu, mencopot lensa ketika hendak tidur itu wajib. Mungkin sulit dilakukan, tetapi cobalah untuk memaksakan diri hingga membuat diri terbiasa.

3.    Riasan Di Daerah Mata Tidak Dibersihkan

Tidak membersihkan riasan pada area mata dengan tepat dapat membuat kesehatan dari mata pun terganggu. Penyebabnya adalah iritasi serta peradangan pada area mata maupun kulit wajah. Iritasi ini akan menimbulkan rasa gatal maupun ruam merah pada kelopak mata.

Tidak hanya itu, riasan yang tidak dibersihkan pun dapat menyebabkan infeksi, hal ini terjadi karena kuman dapat dengan mudah masuk sehingga menyebabkan konjungtivitis. Infeksi ini terjadi pada bagian konjungtiva atau lapisan luar dari bagian putih mata. Dengan begitu, penting sekali untuk langsung membersihkan make up ketika hendak tidur.

4.    Membaca Dalam Keadaan Lampu Redup Dan Terlalu Dekat

Membaca buku merupakan sebuah hobi yang menyenangkan, selain itu membaca pun dapat membuat pengetahuan bertambah, baik dari kosa kata yang bertambah maupun ilmu dari buku yang dibaca.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Sastra

Namun, membaca dalam kondisi cahaya kurang atau redup serta membacanya terlalu dekat (jarak kurang dari 40 meter atau lebih dari 45 meter) akan menyebabkan gangguan terhadap kesehatan mata itu sendiri.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan mata mengalami minus, memiliki gangguan ini tidaklah nyaman karena dalam menglihat pun tidak terlalu jelas, kecuali menggunakan kacamata untuk membantunya melihat dengan jelas.

Membaca pun sebaiknya, tidak lebih dari 30 menit. Anda bisa mengistirahatkan mata Anda dengan cara melihat warna-warna hijau, mengalihkan pandangan, dan hal lain yang serupa. Setelah itu, barulah mulai membaca kembali.

5.    Jaga Kesehatan Mata Dengan Sering Mengucek Mata

Hal ini tentu sering dilakukan, terlebih ketika bagun tidur atau ketika mata terasa gatal. Namun, faktanya kebiasaan ini tidaklah baik untuk menunjang kesehatan dari mata itu sendiri. Kebiasaan mengucek mata ternyata dapat membuat pembuluh darah pada mata pecah.

Mengucek mata dengan tangan yang tidak bersih dapat membuat peluang mata infeksi semakin tinggi karena masuknya kuman ke dalam mata. Maka untuk mengurangi rasa gatal pada mata, Anda dapat menggunakan obat tetes mata.

Makanan Untuk Membantu Kesehatan Mata

Selain menghindari hal yang dapat merusak kesehatan mata, kamu pun perlu mengkonsumsi beberapa makanan. Dimana makanan tersebut dapat membantu menjaga mata supaya tetap sehat. Adapun Makanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

1.    Wortel

World menjadi salah satu sayuran paling terkenal dalam menjaga kesehatan untuk mata. Hal ini tentunya bukanlah tanpa sebab, melainkan karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. Selain itu, ada kandungan beta karoten dan keduanya memiliki manfaat untuk membuat permukaan mata tetap sehat.

Baca Ini Juga  300+ Akun FF Sultan Gratis No Hoax Tidak Terpakai

Bahkan dapat mencegah timbulnya infeksi yang terjadi pada mata serta gangguan mata lainnya yang serius.  Sayuran ini dapat kamu jadikan sop, jus, bahkan hanya di kukus. Pastikan untuk rutin mengkonsumsinya.

2.    Jeruk

Sebagaimana buah pada umumnya yang kaya akan vitamin C, maka jeruk pun memiliki kandungan yang sama. Dimana hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengurangi perkembangan katarak. Bahkan dengan sokongan nutrisi lain, vitamin mampu membuat resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia menjadi turun.

3.    Ikan

Dari jenis sebagai jenis, ikan salmon lah yang paling sering dikonsumsi untuk membantu mata menjadi sehat. Selain itu, ikan jenis ini pun memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu perkembangan visual. Selain itu, dapat membantu menghindarkan kita dari  mata kering dan menjaga retina pada bagian belakang mata tetap sehat.

4.    Yogurt (Olahan Susu Sapi)

Produk olahan susu satu ini memiliki kandungan zinc dan vitamin A. Tentu kandungan tersebut sangat baik untuk membantu mata dapat melihat ketika malam hari. Bahkan dapat membantu mencegah terjadinya katarak. Selain itu, kamu dapat memilih jenis rasa mana yang memang cocok untuk dirimu. Pasalnya, tersedia berbagai varian rasa.

Kesehatan mata perlulah dijaga dan Anda bisa menjaganya dengan cara menghindari 5 hal diatas tadi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan untuk mata. Jika hal tersebut sangat sulit, cobalah secara perlahan-lahan sampai Anda terbiasa. Untuk mendapatkan informasi lain, yuk kunjungi website harga belanja!