Permainan ciri khas daerah di Indonesi.| Unsplash.com
Permainan ciri khas daerah di Indonesi.| Unsplash.com

Mengenal Permainan Ciri Khas Daerah di Indonesia

Diposting pada

Permainan ciri khas daerah di Indonesia begitu beragam. Meski terlihat sederhana namun sarat akan kebersamaan. Anak – anak pada masanya akan berkumpul melakukan permainan tradisional. Sehingga pada saat itu dunia anak begitu mengasyikan, karena dapat beraktivitas dan bergerak bebas.

Berbeda dengan permainan di zaman sekarang, kebanyakan permainan berbasis teknologi. Sedangkan permainan tradisional menggunakan alat – alat yang sederhana. Meskipun demikian permainan zaman dahulu lebih memiliki nilai positif dari permainan zaman sekarang. Dimana anak – anak lebih sibuk dengan dunianya sendiri dengan bermain gadget.

Permainan Ciri Khas Daerah di Indonesia

Permainan ciri khas daerah di Indonesi.| Unsplash.com
Permainan ciri khas daerah di Indonesi.| Unsplash.com

Kekayaan budaya Indonesia seolah tidak ada habisnya. Budaya tersebut lahir dari kebiasaan masyarakat yang turun temurun dari generasi ke generasi. Termasuk didalamnya adalah permainan tradisional yang lahir dari tradisi atau budaya. Beberapa permainan ini pernah menjadi trend tersendiri. Adapun permainan khas daerah di Indonesia adalah sebagai berikut.

1.      Permainan ciri khas daerah di Indonesia  Yaitu Congklak

Congklak atau dakon, merupakan salah satu permainan tradisional daerah Indonesia. Pada permainan ini kamu perlu menggunakan papan congklak. Papan tersebut terdapat 16 lubang yang berisikan 98 biji atau kerikil. Pada permainan congklak ini  kamu akan bermain dengan satu orang lawan. karena permainan ini hanya bisa dimainkan oleh 2 orang saja.

Baca Ini Juga  Biaya Cat Mobil di Auto2000

Aturan pada permainan ini adalah orang yang memenangkan permainan dapat mengambil seluruh biji pada lubang lawan. Cara bermain congklak juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil biji atau kerikil pada satu lubang milik kamu kemudian mengisinya ke lubang yang lain dari arah kiri ke kanan untuk mengumpulkan jumlah biji terbanyak.

2.      Engklek

Permainan ciri khas daerah di Indonesia ini merupakan salah satu yang paling disukai oleh anak – anak pada zaman dulu. Cara bermain nya cukup sederhana, sebelum memulai kamu harus membuat beberapa kotak persegi yang menyerupai kerangka kubus.

Setelah kotak tersedia, aturan bermainnya adalah kamu perlu menapaki setiap kotak dengan satu kaki pada kotak tertentu. Selain itu kamu juga perlu menginjakkan kedua kaki pada kotak lainnya. Permainan ini bisa dilakukan minimal oleh dua orang. Lebih banyak yang bermain tentu lebih ramai dan menyenangkan.

3.      Petak umpet

Petak umpet merupakan permainan ciri khas daerah di Indonesia yang populer hingga sekarang. Untuk bermain petak umpet dibutuhkan banyak orang. Aturan bermainnya adalah satu orang berjaga dan yang lainnya bersembunyi. Orang yang berjaga akan berhitung bilangan hingga semua pemain telah selesai bersembunyi.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank Danamon dan Jabatannya

Cara bermain petak umpet ini juga terbilang mudah. Yang berjaga harus mencari pemain lainnya yang bersembunyi. Orang yang pertama kali ditemukan harus berjaga pada permainan berikutnya. Ketika permainan berulang, pemain yang berjaga kemudian harus mencari pemain lainnya yang bersembunyi.

4.      Permainan ciri khas daerah di Indonesia  Yaitu Lompat tali

Lompat tali merupakan permainan tradisional yang menggunakan tali panjang yang terbuat dari karet. Jika kamu pernah melakukan permainan ini tentunya sudah mengetahui cara dan aturan mainnya. Permainan yang digemari anak perempuan ini membutuhkan pemain lebih dari dua orang. Nantinya dua orang memegang tali dan pemain lainnya akan melompat.

Aturan mainnya adalah pemain akan melompati tali tahap demi tahap. Jika pemain berhasil melewati level rendah kemudian akan dinaikan ke level yang lebih tinggi. Dimana ketinggian tali dinaikan, pemain yang melompati tali tidak boleh menyentuh tali sedikitpun. Sehingga jika didapati menyentuh tali saat melompat maka pemain harus mengulang lagi dari tahap awal.

Baca Ini Juga  Cara Download File Scribd Gratis Tanpa Login dan Bayar