Dampak dari Insecure untuk karier.| Unsplash.com
Dampak dari Insecure untuk karier.| Unsplash.com

Apa Saja Dampak dari Insecure Untuk Karier? Yuk Simak Ini!

Diposting pada

Dampak dari Insecure untuk karier sangat mempengaruhi kualitas kinerja. Ketika kamu mengalami insecure, akan banyak target pekerjaan yang tidak tercapai. Karena pikiran didominasi oleh perasaan khawatir tidak mampu untuk melakukan pekerjaan. Sehingga kamu disibukan dengan berbagai asumsi, memikirkan hal yang bahkan belum tentu terjadi.

Hal ini tentu akan menjadi kendala bagi karir kamu kedepannya. Bukan tidak mungkin, jika kamu akan kehilangan pekerjaan karena kinerja kamu yang semakin menurun. Karenanya kamu perlu mengantisipasi hal tersebut, tentunya dengan senantiasa memotivasi diri dan mengantisipasi rasa insecure dan dampaknya pada karir kamu kedepannya.

Dampak Dari Insecure Untuk Karier

Dampak dari Insecure untuk karier
Dampak dari Insecure untuk karier.| Unsplash.com

Insecure bisa terjadi pada berbagai kalangan dan usia. Baik tua maupun muda, termasuk bagi para pekerja. Banyaknya tekanan dan tuntutan pekerjaan, kemudian memunculkan sikap overthinking dan insecure. Jika rasa kurang percaya diri ini dibiarkan, maka akan menimbulkan berbagai masalah pada pekerjaan yang kamu miliki. Seperti beberapa dampak di bawah ini.

1.      Menghambat pada Kemajuan Karir

Dampak dari insecure untuk karier salah satunya adalah terhambatnya perkembangan karir kamu dalam pekerjaan. Karena merasa takut tidak berhasil, akhirnya tidak mampu mengemukakan ide dan gagasan yang dimiliki. Sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan promosi pekerjaan.

Baca Ini Juga  100+ Nama FF Keren Bucin Terbaru Paling Romantis

Tidak sedikit yang merasa gugup untuk bisa menyampaikan ide, hingga berpikir tidak dapat meraih target. Sedangkan dalam dunia kerja, sebuah perusahaan atau lembaga tertentu lebih memilih orang – orang yang memiliki expert lebih dalam pekerjaan. Sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan mereka.

2.      Takut akan Tantangan

Setiap pekerjaan memiliki resiko dan konsekuensi tersendiri dan menjadi tantangan tersendiri. Baik berupa tingkat kesulitan pekerjaan yang semakin bertambah. Hingga waktu dan pikiran yang tercurah untuk pekerjaan tersebut. Seluruh tuntutan tersebut harus dihadapi secara profesional. Selain itu, dalam dunia kerja juga selalu memiliki target yang harus dicapai.

Dampak dari insecure untuk karir kamu akan merasa takut akan tantangan. Muncul perasaan tidak  mampu untuk menghadapi berbagai tantangan. Kamu akan kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Selain itu kamu juga akan mengalami kesulitan mengatur aktivitas kamu setelah bekerja.

3.      Mempengaruhi kualitas Pekerjaan

Jika kamu mengalami insecure, hal ini akan mempengaruhi performa kinerja kamu. karena perasaan insecure memunculkan sikap ragu dengan kemampuan diri sendiri. Selain itu seorang yang mengalami insecure juga mengalami perasaan cemas dan berpikir berlebihan. Tidak percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya.

Baca Ini Juga  Mengenal Lebih Jauh Tentang Privasi Diri

Dampak dari insecure untuk karier tentu akan mempengaruhi kualitas kinerja kamu. Sedangkan pekerjaan membutuhkan kamu dalam keadaan pikiran yang jernih. Sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan secara sempurna. Sehingga kamu perlu untuk tetap berfikir positif saat bekerja.

4.      Sulit Membangun Relasi

Dampak dari insecure untuk karier yang bisa menjadi kendala terbesar untuk pekerjaan kamu adalah sulit membangun relasi. Sedangkan relasi sangatlah penting dalam dunia pekerjaan.  Sebagai  jaringan yang mendukung perkembangan karir dan kinerja kamu. Sehingga kamu perlu membangun relasi dari berbagai kalangan.

5.      Terganggunya Hubungan dengan Rekan Kerja

Karena rasa tidak percaya diri, membuat kamu minder dan menjadi orang yang tertutup. Alhasil hubungan dengan rekan sesama pekerja menjadi terganggu. Hal ini akan menjadi kendala pada pekerjaan kamu. sedangkan komunikasi dibutuhkan dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan yang sama. Bahkan kamu akan sangat butuh dukungan dari lingkungan tempat kamu bekerja.

Dampak dari insecure untuk karier sebagaimana yang digambarkan di atas tentunya perlu menjadi pelajaran yang penting. Agar kamu tidak mengalami kendala pada pekerjaan. Karenanya kamu perlu mengatasi rasa insecure, bahkan sebisa mungkin untuk menghindari perasaan insecure. Sehingga kamu tetap profesional dalam pekerjaan.

Baca Ini Juga  Pengertian & Contoh Soal Permutasi Unsur Berbeda