Penyebab insecure.| Unsplash.com
Penyebab insecure.| Unsplash.com

Penasaran Dengan Penyebab Insecure? Yuk Simak Ulasan Ini!

Diposting pada

Penyebab insecure seringkali muncul karena tidak dapat memenuhi ekspektasi diri dan tanggapan orang lain. Baik itu berupa pencapaian prestasi, atau bahkan kondisi tubuh yang tidak diharapkan. Misalnya saat kamu memiliki badan gemuk, wajah berjerawat,  belum mendapatkan pekerjaan atau dan membandingkan diri dengan orang lain.

Pada dasarnya insecure atau perasaan tidak percaya diri ini adalah wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Karena manusia memiliki naluri untuk bisa memiliki atau mencapai sesuatu. Akan tetapi bila insecure ini kemudian menjadi masalah, maka kamu perlu membenahi diri. Untuk itu penting dalam melakukan kontemplasi dan mengetahui apa saja penyebab rasa insecure.

Faktor Penyebab Insecure

Penyebab insecure.| Unsplash.com
Penyebab insecure.| Unsplash.com

Insecure menjadikan kamu enggan untuk membuka diri dalam berinteraksi dan bergaul di komunitas. Lebih dari itu insecure juga akan membuat kamu sulit untuk meraih pencapaian tertentu. Karena perasaan minder mend ominasi pikiran, sehingga sulit untuk keluar dari “rantai gajah” yang membelenggu dalam diri kamu. berikut ini adalah faktor penyebab insecure.

Baca Ini Juga  Cara Download File Scribd Gratis Tanpa Login dan Bayar

1.      Faktor Finansial

Salah satu penyebab insecure adalah masalah finansial. Ketika kamu memiliki penghasilan lebih rendah dari orang lain, atau bahkan tidak memiliki pekerjaan. Hal tersebut tentunya menjadikan kamu kurang percaya diri untuk bergaul diantara orang – orang yang sukses. Dengan munculnya penilaian rendah dalam diri pribadi.

Hal ini sering terjadi ditengah masyarakat yang notabene hidup secara individualis. Memandang rendah orang yang tidak memiliki kemampuan finansial, sehingga memunculkan kasta sosial di masyarakat. Bahkan ada anggapan “punya uang banyak, semua orang menganggap saudara” kalau tidak mampu? Kamu bisa menjawabnya sendiri.

2.   Penyebab Insecure Karena Faktor Pendidikan

Di masa sekarang, pendidikan seseorang menjadi prestise tersendiri di masyarakat. Ketika kamu punya pendidikan tinggi, siapapun akan meyakini kamu memiliki kapabilitas yang mumpuni alias pandai. Akan tetapi, jika kamu memiliki pendidikan yang rendah, tentu akan menjadikan rasa kurang percaya diri untuk bisa menunjukan kebolehan.

Padahal skill dan pengetahuan bisa saja didapatkan meskipun bukan melalui jalur pendidikan formal. Melainkan juga jalur non-formal seperti mengikuti kursus tertentu. Akan tetapi, standar menilai kebanyakan di masyarakat berupa materi (pendidikan tinggi, memiliki pekerjaan, mampu secara finansial) yang  menjadi penyebab insecure pada sebagian seseorang.

Baca Ini Juga  Ide Usaha Rumahan yang Tak Ada Matinya 2022

3.     Penyebab Insecure Karena Faktor Fisik

Faktor ini sering menjadi penyebab insecure pada kebanyakan kaum hawa. Ketika memiliki berat badan yang berlebih, kulit kusam, dan berjerawat. Menyebabkan para wanita berpikir keras untuk memiliki fisik yang ideal. Maka jangan heran jika kamu banyak melihat iklan atau produk skin care banyak bertebaran. Kaum hawa telah menjadi target pasar yang empuk.

Tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha produk kesehatan dan kecantikan, karena menjadi bagian dari solusi masalah kebanyakan wanita. Akan tetapi, berbagai produk yang ada belum tentu berhasil pada sebagian orang, sehingga masalah fisik ini perlu kamu tanggapi secara wajar dengan melakukan perawatan dan menjaga kesehatan.

4.      Faktor karier

Penyebab insecure tidak hanya terjadi karena faktor finansial atau penghasilan. Melainkan juga dari segi karir. Misalnya, ketika kamu sulit memperoleh pekerjaan atau diberhentikan dari pekerjaan. Hal ini sering kali memunculkan rasa insecure dalam diri setiap orang. Terlebih baik kaum laki – laki yang menjadi tulang punggung keluarga.

Baca Ini Juga  Aplikasi Live Streaming VCS Uncensored Gratis Tanpa Koin

Hal ini banyak terjadi  karena sulitnya mendapatkan kesempatan kerja dengan berbagai kendala yang ada. Baik karena faktor pendidikan, faktor kemampuan atau skill yang dimiliki. Sehingga tidak sedikit yang mengalami pengangguran. Untuk itu kamu perlu berusaha lebih keras untuk bisa lebih baik dari sebelumnya tentunya dengan cara yang benar.