Pengertian Retinol dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit
Pengertian Retinol dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit

Pengertian Retinol dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit

Diposting pada

Bagi kamu pengguna setia produk-produk skincare yang banyak beredar di pasaran, mungkin mulai saat ini harus mencari tahu mengenai pengertian retinol dan manfaatnya. Karena senyawa ini merupakan salah satu unsur penting yang biasanya terdapat pada produk kecantikan tersebut.

Skincare sendiri biasanya dapat berupa cleanser, tooner, serum, hingga masker wajah. Pada jenis-jenis bentuk perawatan wajah itulah retinol biasanya terkandung. Adapun alasan kenapa senyawa ini menjadi bagian penting dalam produk kecantikan adalah karena manfaatnya yang baik untuk kulit.

Agar lebih paham, mari langsung saja kita membahas lebih dalam pengertian retinol dan manfaatnya untuk kulit.

Pengertian Retinol dan Manfaatnya Bagi Kulit

Retinol adalah salah satu bahan yang memiliki manfaat baik untuk kulit. Sebagian besar dokter kecantikan bahkan meresepkannya sebagai salah satu bentuk skincare yang dapat mengurangi garis-garis halus dan flek hitam yang ada di wajah. Lalu apa sebenarnya retinol itu?

Pengertian Retinol Adalah

Pengertian retinol dan manfaatnya mulai banyak menarik minat para pengguna produk skincare di Indonesia. Adapun retinol itu sendiri merupakan sebuah zat yang tersari dari vitamin A. Di mana menjadi kandungan penting yang ada dalam krim kecantikan.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Proposal Kegiatan Usaha 2022

Retinol pada mulanya memiliki fungsi sebagai obat penghilang jerawat pada dekade 1970an. Setelah itu, para ahli kecantikan kemudian menemukan manfaat lain yang bisa dihasilkan oleh retinol. Yakni sebagai zat yang bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebagai bagian terpenting pada produk anti-aging, pengertian retinol dan manfaatnya terbagi ke dalam beberapa jenis tergantung dengan kadar efektivitasnya. Yang mana saat kita membeli produk kecantikan di pasaran, biasanya adalah produk skincare yang mengandung retinol, retinaldehyde, retinyl palmitate, atau adapalene.

Manfaat Retinol Bagi Kecantikan Kulit

Berdasarkan informasi dari para dokter spesialis, retinol memiliki manfaat untuk merangsang produksi kolagen pada kulit. Sehingga dapat mencegah atau memperlambat terjadinya penuaan dini. Di mana biasanya ditandai dengan adanya kerutan dan garis-garis halus di sekitar wajah.

Selain itu, penggunaan jenis retinol yang lebih kuat juga dapat memperbaiki tekstur warna di wajah atau bagian kulit lainnya yang terlihat belang dan tidak teratur. Namun tentu untuk jenis ini harus dengan resep dokter. Agar kita tidak menyalahgunakan pengertian retinol dan manfaatnya dengan sembarangan.

Baca Ini Juga  5 Produk Pembersih Lantai

Adapun yang perlu kita perhatikan saat menggunakan produk mengandung retinol adalah waktu pemakaiannya. Banyak dokter menyarankan agar memakai skincare tersebut di malam hari. Alasannya adalah karena produk perawatan wajah yang mengandung retinol ini dapat menjadikan lapisan kulit bagian atas menjadi kering bahkan bersisik.

Sementara keesokan harinya, pengguna juga sebaiknya menggunakan pelembab kulit atau tabir surya. Jika menggunakannya secara rutin, setidaknya butuh waktu 3 sampai 6 bulan untuk bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Selain itu, penggunaan skincare berbasis retinol juga harus kamu pakai secara rutin dan terus menerus. Agar manfaatnya bisa terasa dan kulit bisa meregenerasi dirinya dengan sempurna. Karena jika tidak demikian, pengertian retinol dan manfaatnya bisa hilang begitu saja, bahkan kamu harus mengulanginya lagi dari awal.

Meski retinol cukup bagus untuk peremajaan kulit, namun ternyata zat ini tidak untuk semua orang. Ada beberapa orang juga yang memiliki alergi atau kulitnya terlalu sensitif ketika menggunakan skincare berbasis retinol.

Jadi agar kamu tahu apakah pengertian retinol dan manfaatnya ini cocok untuk kamu atau tidak. Maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena dialah yang akan lebih mengenal jenis kulit dan obat apa yang kiranya cocok.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan Hotel Santika Beserta Jabatannya