Simulasi Kredit Mobil Bekas, Pembeli Harus Tahu Ini!

Diposting pada

Membeli mobil menjadi impian bagi banyak orang, baik itu yang masih baru atau bekas. Selama memiliki budget yang cukup, maka Anda bisa membeli kendaraan sesuai selera. Terdapat pembelian dengan sistem kredit ataupun cash. Jika membeli sistem kredit, Anda harus mengetahui seperti apa perhitungannya. Salah satunya simulasi kredit mobil bekas yang kini banyak orang cari.

Kendaraan bekas belum tentu memiliki kualitas yang buruk. Jika Anda mengetahui tentang mobil, maka kesempatan mendapatkan mobil bekas berkualitas bisa Anda dapatkan. Selain itu, biasanya orang-orang lebih memilih mobil bekas karena keterbatasan budget. Mobil baru memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada mobil yang sudah dipakai.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Mungkin bagi Anda masih bingung bagaimana bank melakukan perhitungan bunga dan cicilan kredit mobil bekas. Terdapat 3 komponen di dalamnya yaitu biaya bunga dan cicilan pokok, biaya lain seperti administrasi dan biaya asuransi. Untuk biaya uang muka biasanya 20% dari harga mobil yang ingin Anda beli.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Psikologi

Simulasi kredit mobil bekas antara harga mobil dan uang muka seperti contoh harga Rp100 juta, dp 20% berarti Rp20 juta. Plafon kredit maka sebesar Rp80juta. Perhitungan bunga yang harus dibayar adalah pokok x tenor/100 x bunga. Jadinya bunga tersebut 8%, tenor 36 bulan, 80 juta x 6×3/100= Rp19.200.000.

Angsuran + bunga yang harus Anda bayar tia pbulan yaitu (Rp80 juta +Rp19,2 juta) : 36= Rp9,5 juta untuk dp. Namun ada beberapa daftar pilihan yang biasanya penjual memberikan penawaran mengenai biaya dp, tenor dan cicilan yang harus Anda bayar. Tentukan sendiri sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Perhitungan Kredit Mobil Bekas

Dalam simulasi kredit mobil bekas mengacu pada dp dan cicilan yang harus Anda bayar. Semakin besar dp yang Anda bayarkan maka biaya cicilannya akan lebih minim. Selain itu, hal tersebut juga dipengaruhi oleh jangka waktu atau tenor yang Anda pilih.

Tentukan terlebih dahulu mengenai mobil yang akan Anda beli. Ada banyak sekali tipe mobil dengan varian yang berbeda mulai dari Honda Jazz, Daihatsu Sigra, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki harga yang berbeda dan dapat menentukan dp serta angsuran yang harus Anda bayar.

Baca Ini Juga  Kendaraan Boleh Pakai Rotator Mobil

Biaya Kredit Mobil Bekas

Ada banyak sekali orang-orang yang ingin menjual mobil bekas. Mungkin karena kebutuhan sehingga mereka lebih memilih untuk menjualnya. Biasanya ada dealer tertentu yang menyediakan berbagai macam mobil bekas baik dari produk Honda, Daihatsu, Suzuki ataupun lainnya. Setiap merk menyediakan berbagai macam tipe mobil yang berbeda.

Harganya sendiri sudah pasti lebih murah daripada yang baru. Jika ingin membelinya secara kredit, ketahui terlebih dahulu simulasi kredit mobil bekas agar tidak tertipu. Jika sudah cocok dengan harga dan biaya cicilan yang harus Anda bayar, maka dapatkan mobil tersebut untuk keperluan Anda.

Beli Mobil Bekas

Dapatkan mobil bekas melalui dealer terdekat, berbagai macam pilihan bisa Anda beli sesuai selera. Banyak sekali dealer yang menyediakan mobil bekas karena sekarang sedang tren dan banyak orang yang mencarinya. Sehingga cukup menguntungkan bila menjualnya.

Untuk pembeli juga bisa diuntungkan apabila mobil bekas belum lama pemakaiannya. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau namun kualitasnya masih cukup baik.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Panel Surya Sederhana dari CD

Jika tertarik untuk membelinya, langsung saja beli mobil yang menjadi incaran Anda. Lakukan simulasi kredit mobil bekas terlebih dahulu kira-kira berapa biaya dp dan cicilan yang harus Anda bayar.