Tips Lolos Rekrutmen BUMN, Gaji Dan Syarat Agar Lolos Tes

Tips Lolos Rekrutmen BUMN, Gaji Dan Syarat Agar Lolos Tes

Diposting pada

Banyak perusahaan BUMN yang membuka lowongan untuk anak muda yang ingin memiliki karir lebih baik. Setiap adanya lowongan baru, ribuan calon pekerja berbondong-bondong melamar. Hal itu yang membuat persaingan untuk lolos seleksi menjadi lebih ketat. Tapi tenang, ada tips lolos rekrutmen BUMN yang bisa Anda aplikasikan agar bisa lolos.

Bekerja di BUMN memang memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, suasana pekerjaannya pasti akan berbeda dengan perusahaan-perusahaan startup. Anda mungkin akan bekerja dengan orang-orang yang sudah senior dan tentunya berbeda generasi. Namun itu tidak menjadi masalah asalkan Anda bisa menjalankan pekerjaan menjadi lebih baik.

cara agar bisa bekerja di bumn

Tips Lolos Rekrutmen BUMN

Untuk bisa lolos dan bekerja di BUMN memang bukan hal yang mudah. Anda harus bersaing dengan banyak orang yang memiliki keinginan yang sama.

Persiapkan Dokumen yang Lengkap

Dalam proses rekruitmen, akan ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui. Salah satunya harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Biasanya, proses rekruitmen dilakukan secara online, sehingga Anda mungkin hanya memerlukan soft copynya saja. Pastikan semua dokumennya lengkap dan sesuai dengan kebutuhan.

Setiap BUMN biasanya memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Anda bisa mengetahui informasi ini melalui website resminya. Berbagai informasi mengenai syarat dokumen bisa Anda ketahui dengan mudah. Pada saat upload dokumen ke website rekuitmennya, Anda harus berhati-hati. Sehingga bisa mengirim data dengan benar.  Pastikan dokumennya jelas, agar nantinya lebih berpeluang untuk lolos.

Memiliki Sertifikat Menjadi Lebih Baik

Memiliki sertifikat akan menjadi kelebihan Anda daripada calon karyawan lainnya. Anda sebaiknya memiliki sertifikat yang berhubungan dengan posisi yang akan dilamar. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi dari BNSP. Meski harganya mahal, namun hal itu akan benar-benar membantu Anda.

Sertifikat ini menjadi bukti bahwa Anda memiliki kompetensi. Pihak perusahaan pasti akan lebih mengutamakan pelamar yang memiliki kompetensi yang baik. Proses untuk mendapatkan sertifikat tidak lama, asalkan Anda memang sudah mampu mengerjakan tugasnya.

Pilih BUMN yang Cocok

Ada banyak perusahaan BUMN yang membuka lowongan. Namun Anda lebih baik memilih salah satunya saja, sehingga bisa lebih fokus. Pastikan hanya memilih BUMN yang cocok dengan diri Anda sendiri. Cari tahu posisi serta tugas yang harus dikerjakan ketika sudah bekerja. Jika Anda merasa cocok, itu bisa menjadi pilihan.

Bekerja tanpa didasari rasa suka memang akan membuat Anda kesulitan. Apalagi jika harus berhadapan dengan tugas yang tidak sesuai dengan kompetensi Anda. Itu hanya akan membuat Anda bosan dan pada akhirnya tidak betah. Untuk itu, pilihlah BUMN yang cocok dengan keahlian Anda.

Pelajari Soal Tes Masuk

Pada saat melakukan tes rekrutmen, Anda harus mengerjakan berbagai soal. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, pasti akan kesulitan. Untuk itu, Anda perlu mempelajari soal-soal yang banyak tersedia di Internet. Ini benar-benar akan membantu Anda untuk bisa lolos.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Whipped Cream Rumahan

Soal tes masuk ini bisa menjadi gambaran sebelum Anda mengikuti tes. Dengan mengetahui gambarannya, Anda akan lebih mudah dalam mengerjakan soal nantinya. Semakin baik dalam mengerjakan soal, pasti peluangnya akan semakin besar.

Persiapkan Fisik

Salah satu hal yang harus Anda persiapkan dengan baik adalah soal fisik. Banyak orang yang tidak mempersiapkan hal ini sehingga tidak bisa maksimal dalam mengikuti tes. Proses tes masuk BUMN ini tidak sebentar, sehingga membutuhkan fisik yang baik.

Lakukan persiapan dengan baik agar fisik Anda kuat sampai selesai. Percuma jika Anda sudah mempersiapkan dokumen dan pengetahuan, namun fisik tidak memadai.

Berapa Gaji Di BUMN ?

Untuk gaji di BUMN sendiri tentu berbeda-beda, tergantung posisi yang Anda jalani. Untuk gambaran, kami memiliki informasi terkait gaji kerja di BUMN dari beberapa perusahaan besar.

Telkom

  1. Product Manager: 88 – 94 juta per bulan
  2. Strategic Investment Manager: 58 – 62 juta per bulan
  3. Senior Manager: 39 – 43 juta per bulan
  4. Staf: 8 juta per bulan

 PLN

  1. Engineering: Rp. 11 – 13 juta
  2. IT Auditor: Rp. 12 – 15 juta
  3. Deputy Manager: Rp. 12 – 17,5 juta
  4. Manager: Rp. 8,5 – 25 juta
  5. Area Manager: Rp. 13 – 15 juta
  6. Assistant Manager: Rp. 6 – 12 juta
  7. Supervisor Keuangan: Rp. 9 – 11 juta
  8. Legal Officer: Rp. 9 – 11 juta

Bank Mandiri

  1. Branch Manager: 68 – 74 juta per bulan
  2. Manager: 27 – 30 juta per bulan
  3. Internal Auditor: 10 – 11 juta per bulan
  4. Frontliner: 3 – 4 juta per bulan
  5. Satpam / Security: 3 juta per bulan

Pertamina

  1. Chief Supply Chain: Rp 63 juta – Rp 68 juta.
  2. Manager IT Solution: Rp 57,5 juta – Rp 62,5 juta.
  3. Engineering Manager: Rp 55,5 juta – Rp 60 juta.
  4. HSE (Health, Safety and Environment) Supervisor: Rp 24 – 26 juta.
  5. Reservoir Engineer: Rp 21 juta – Rp 32 juta.
  6. Pekerja Kilang: Rp 14 juta – Rp 26 juta.
  7. Engineer: Rp 99 juta – Rp 21 juta.
  8. Administrasi: Rp 19 juta – Rp 21 juta

Cara Ikut Rekrutment Bersama BUMN

Memang bukan hal yang mudah untuk bisa bekerja di perusahaan BUMN. Anda harus mengikuti serangkaian tes dan bersaing dengan pelamar lainnya. Baca tips lolos rekrutmen BUMN dengan baik sebelum mendaftar.

Syarat Ikut Rrkrutment BUMN

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: 1) Diploma I/II/III: 27 tahun, 2) S1/Diploma IV: 30 tahun, 3) S2: 35 tahun
  • Memiliki IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi
  • Siap untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba
  • Memiliki dokumen SKCK dari Kepolisian
  • Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja (jika ada)
Baca Ini Juga  Link Download Twibbon Bansos Terbaru

Ketentuan Peserta Rekrutmen BUMN 2022

  • Pelamar hanya bisa melakukan pendaftaran maksimal 3 posisi di BUMN yang bebreda.
  • Tidak ada pungutan biaya dalam prose rekrutmen.
  • Peserta bisa melakukan pendaftaran melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.
  • Pihak FHCI tidak menerima lamaran dari media lainnya.
  • Pengumuman hasil seleksi onlin akan diumumkan melalui website tersebut.
  • Seluruh biaya kebutuhan pelamar merupakan tanggung jawab pelamar.
  • FHCI memiliki kendali penuh dalam menentukan kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi.
  • Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

Alur Pendaftaran BUMN

Ikuti panduan ini jika Anda kesulitan dalam melakukan pendaftaran.

  1. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya Anda membaca informasi yang ada di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id terlebih dahulu.
  2. Jika sudah klik tombol Register yang berada di pojok kanan atas.
  3. Sistem dari FHCI akan mengirimkan email aktiviasi, Anda perlu melakukan akitivasi email yang digunakan untuk pendaftaran.
  4. Lengkapi beberapa dokumen yang diperlukan seperti CV (Curriculum Vitae) dan yang lainnya di menu Daftar Riwayat Hidup.
  5. Klik menu Lowongan untuk melihat daftar lowongan yang masih tersedia. Seperti ketentuan yang sudah dijelaskan, Anda hanya bisa melamar maksimal 3 posisi di BUMN yang berbeda.
  6. Anda bisa melihat progres lamaran, jadwal hingga pengumuman melalui halaman Lamaran Saya.

Alur pendaftaran rekrutmen bersama BUMN memang agak sedikit rumit. Namun dengan cara ini jauh lebih efektif, karena Anda bisa melakukan pendaftaran dari mana saja. Banyak pelamar yang mengeluh ketika melakukan pendaftaran online, salah satunya karena harus mengantri.

Keputusan dari pihak FHCI sudah final, sehingga Anda tidak bisa melakukan komplain ketika hasil pengumuman tidak sesuai. Anda mungkin bisa mendaftar di periode berikutnya.

Keuntungan Bekerja Di BUMN

Ada beberapa keuntungan yang bakal Anda dapatkan ketika bekerja di BUMN. Keuntungan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk melamar.

Gaji Besar

Salah satu alasan orang tertarik untuk bekerja di BUMN adalah karena tawaran gaji yang besar. Banyak perusahaan BUMN yang memberikan gaji besar untuk karyawannya. Seperti beberapa data di atas, sangat jarang menemukan karyawan yang mendapatkan gaji UMR atau dibawah UMR. Contoh gaji yang besar seperti gaji karyawan PT Taspen.

Meski begitu, tanggung jawab dari karyawannya terhadap perusahaan tentu besar. Apalagi perusahaan BUMN sudah berskala nasional bahkan internasional. Tentu tidak sembarang orang bisa bekerja di perusahaan milik negara ini.

Jenjang Karir Bagus

Bukan hanya gaji besar saja yang bakal didapatkan oleh karyawan BUMN,melainkan juga jenjang karir yang bagus. Asalkan Anda bisa bekerja dengan baik, bukan tidak mungkin kedepannya akan mendapatkan jabatan yang lebih besar. Hal itu tentu akan berpengaruh terhadap besaran pendapatannya. Anda bisa mencoba melamar di PT Jasa Marga yang menawarkan gaji besar.

Baca Ini Juga  Persyaratan CPNS Wajib Untuk Anda Siapkan

Bagi sebagian orang, memiliki jenjang karir yang stabil merupakan salah satu tujuannya. Ini membuktikan bahwa hasil kerja selama ini tidak sia-sia. Anda tentu akan merasa bosan ketika hanya menempati jabatan-jabatan itu saja. Dengan adanya jenjang karir di BUMN, membuat Anda berpeluang untuk menempati jabatan yang lebih tinggi.

Dapat Tunjangan Dan Asuransi

Sebenarnya, bukan hanya BUMN saja yangmemberikan tunjangan maupun asuransi kepada karyawannya. Banyak juga perusahaan swasta yang memberikan benefit tersebut. Akan tetapi, sistem tunjangan yang ada di BUMN lebih terstruktur sesuai dengan jabatannya. Semakin tinggi jabatannya, tentu akan mendapatkan tunjangan dan asuransi yang lebih baik.

Maka dari itu, penting adanya jenjang karir. Karena nantinya Anda bisa naik jabatan dan mendapatkan tunjangan lebih besar. Tunjangan ini akan sangat bermanfaat untuk menambah pemasukan. Karena seringkali nilainya cukup besar, sehingga akan sangat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak tunjangan ketika mendapatkan tugas di luar kota atau bahkan luar negeri.

Jaminan Hari Tua

Semua orang tentu menginginkan hari tua yang menyenangkan. Dimana untuk kehidupan sehari-hari, tidak perlu lagi untuk bekerja keras. Salah satu keuntungan bekerja di perusahaan BUMN adalah, Anda akan mendapatkan jaminan hari tua. Ini merupakan program pensiun, dimana karyawan akan mendapatkan dana dari perusahaan ketika sudah memasuki usia pensiun, mengalami cacat total atau bahkan meninggal.

Jaminan ini bisa kita sebut juga sebagai tabungan kelak. Pada saat bekerja, Anda tetap mendapatkan gaji sesuai dengan ketentuannya. Nah ketika sudah memasuki masa pensiun atau karena alasan lain, dana pensiun ini akan cair. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Bonus Tahunan

Keuntungan lain jika bekerja di BUMN seperti PT Pupuk Indonesia adalah adanya bonus tahunan. Gaji karyawan di PT Pupuk Indonesia pada dasarnya sudah besar. Dengan adanya bonus ini, tentu pendapatan karyawannya akan semakin besar. Anda bahkan bisa mendapatkan bonus lebih besar ketika berhasil menyelesaikan target tertentu. Maka dari itu, penting untuk bekerja secara maksimal. Karena akan benar-benar membantu untuk mendapatkan bonus tahunan itu.

Demikian informasi mengenai tips lolos rekrutmen BUMN beserta dengan syarat dan gajinya. Untuk bisa menjadi karyawan BUMN, Anda harus benar-benar memiliki kemampuan yang baik. Pasalnya, Anda harus bersaing dengan banyak orang yang mungkin memiliki keahlian yang sudah tinggi. Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar bisa lolos.