Jenis-jenis Kurma
Jenis-jenis Kurma

Daftar Harga Kurma Berdasarkan Jenisnya di Indonesia

Diposting pada

Menjelang perayaan besar umat Islam seperti idul fitri, orang Indonesia banyak sekali mencari informasi terkait daftar harga kurma berdasarkan jenisnya. Fenomena ini tidak lain muncul karena budaya berkirim makanan antar sesama saudara yang masih kental. Kita erat mengenalnya dengan sebutan parcel lebaran.

Buah kurma adalah satu yang wajib ada dalam isian parcel. Bahkan, sebelum itu pun buah yang berasal dari timur tengah ini sangat digemari sebagai kudapan ketika berbuka puasa. Jadi bisa kita simpulkan bahwa buah kurma adalah buah favorit orang Indonesia di bulan suci. Tidak heran banyak yang mencari daftar harga buah kurma berdasarkan jenisnya.

Nah, jika kamu merupakan salah satu dari mereka. Maka artikel ini adalah informasi yang tepat kamu baca. Karena kami akan merinci daftar harga kurma berdasarkan jenisnya yang paling sering kita temui di Indonesia.

Lanjutkan Membaca

Daftar Harga Kurma Berdasarkan Jenisnya

Sebagai catatan di awal. Kami mungkin akan memberikan informasi yang terbatas pada jenis kurma yang paling populer saja di Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa jenis-jenis kurma begitu banyak. Sangat tidak mungkin kami bisa menyajikannya semua di sini.

Baca Ini Juga  Harga Cokelat Silver Queen Untuk Hadiah Valentine Tahun Ini

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa sering juga disebut sebagai kurma nabi. Alasan penamaan itu adalah karena semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW paling sering mengkonsumsi kurma Ajwa ini. Berdasarkan alasan itulah banyak sekali orang Islam di Indonesia memfavoritkannya juga.

Adapun rasanya, kurma Ajwa ini memiliki kemiripan dengan buah kismis. Dengan tekstur lembut dan kering, serta rasa yang tidak terlalu manis. Sehingga tidak akan merasa eneg meski makan cukup banyak.

Daftar harga kurma Ajwa di Indonesia cukup bervariasi, mulai dari Rp. 120 ribu sampai Rp. 200 ribu rupiah per kilo gramnya. Tergantung dari kualitas kurma yang ditawarkan.

2. Kurma Barhi (Barhee)

Kurma barhi memiliki cita rasa yang kaya dan manis. Bahkan sebagian orang mengatakannya seperti rasa sirup. Ciri fisik kurma barhi berukuran kecil dengan buah yang cukup rapuh dari tangkainya. Warna kulitnya coklat cerah (cenderung kuning), dan akan berubah menjadi coklat keemasan ketika sudah melalui proses pengawetan.

Jika kamu ingin membelinya, daftar harga kurma barhi berkisar di Rp. 100 ribu hingga Rp. 150 ribu per kilo gramnya.

Baca Ini Juga  Biaya Langganan JOOX VIP, Streaming Musik Termurah

3. Kurma Sukari

Kurma Sukari (Sukkur) adalah kurma paling banyak dijual di Indonesia. Jenis ini memiliki cita rasa manis dan tekstur daging yang lembut. Kurma Sukari merupakan salah satu jenis kurma premium dan paling populer di Arab Saudi. Adapun warna kurma sukari seperti coklat keemasan.

Di Indonesia, harga kurma sukari cukup terjangkau jika membandingkannya dengan dua jenis kurma sebelumnya, yakni berkisar Rp. 50 ribu sampai Rp. 75 ribu per kilo gramnya.

4. Kurma Safawi

Warna kurma safawi hampir mirip dengan kurma ajwa, yakni coklat agak kehitaman. Tekstur dagingnya mirip dengan daging ayam atau sapi, agak kenyal. Harga kurma jenis ini yang dijual di Indonesia berada di kisaran Rp. 75 ribu hingga Rp. 125 ribu rupiah per kilo gramnya.

5. Kurma Medjool

Kurma medjool (medjul) memiliki tekstur daging yang lembut di luar dan berserat di bagian dalamnya. Rasanya terbilang cukup manis dengan ukuran buah mulai dari besar sampai besar sekali.

Baca Ini Juga  Pengertian Harga Jual

Harga kurma medjool yang ada di pasaran Indonesia bervariasi, mulai dari Rp. 100 ribu sampai Rp. 250 ribu per kilo gramnya. Adapun besaran harga yang terpaut jauh tersebut dipengaruhi oleh ukurannya. Semakin besar ukuran kurma medjool, maka semakin tinggi pula harganya.

Itulah daftar harga kurma berdasarkan jenisnya di Indonesia yang bisa kami tulis di sini. Harga yang tertera akan sangat bergantung pada wilayah di mana kamu membelinya dan apakah kamu membeli dalam jumlah besar (grosir) atau membeli secara eceran.