Harga Bahan Bangunan 2020 Lengkap dan Murah

Diposting pada

Bahan bangunan merupakan salah satu material yang digunakan untuk membuat bangunan seperti rumah, gedung, atau yang lainnya. Tanpa adanya bahan bangunan tentu tidak akan terjadi pembangunan dimanapun anda berada. Dengan adanya bahan bangunan yang lengkap juga dapat memperkokoh kualitas bangunan yang dibuat.

Seperti halnya ketika kalian hanya menggunakan material pasir dan batu saja tanpa ditaburi semen di dalamnya. Hal seperti itu tentu tidak akan efektif, bangunan yang dibuat nantinya akan mudah rapuh dan tidak kokoh. Dengan menyatukan bahan-bahan bangunan secara lengkap, pastinya bangunan yang dibuat akan lebih berkualitas.

Apabila kamu membutuhkan Pemborong untuk membangun atau merenovasi rumah atau gedung kamu, silahkan hubungi kami, melalui link ini, kami akan membantu. Khususnya daerah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Jenis Bahan Bangunan

Ada beberapa jenis bahan bangunan yang harus kamu tahu sebagai berikut!

  1. Pasir

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang paling penting dan harus ada dalam suatu pembangunan. Tidak adanya pasir pembangunan tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Pasir menjadikan bangunan lebih rekat antara campuran bahan lainnya supaya menjadi lebih halus. Biasanya bahan yang satu ini didapatkan dari hasil tambang di sungai-sungai besar.

  1. Semen

Semen juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam pembangunan. Semen berperan sebagai pengeras dan penghalus antara material yang satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan semen menjadikan pembangunan lebih rapi dan juga halus ketika dicampurkan dengan material lainnya. Biasanya semen dicampurkan dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan material lainnya.

  1. Batu Kecil
  Harga Kran Air TOTO Terlengkap

Batu kecil juga menjadi salah satu bahan yang penting untuk membangun sesuatu. Biasanya batu-batu kecil ini diterapkan pada bangunan yang kecil seperti jalan stapak di pedesaan atau yang lainnya.

  1. Batu Besar

Selain batu kecil, batu besar juga diperlukan untuk membangun suatu tempat. Seperti halnya kalian akan membangun sebuah rumah harus memerlukan batu yang besar sebagai pondasi bagian bawah. Bahan yang satu ini wajib kalian miliki apabila ingin membangun suatu tempat yang besar.

  1. Batu Bata

Ada banyak sekali jenis batu bata yang bisa kalian pilih untuk pembangunan. Beberapa diantaranya seperti batu bata merah, batu bata pasir, dan lain-lain. Setiap batu bata masing-masing kelebihan dan keunggulan tersendiri. Ada yang mudah rapuh dan juga ada yang sangat kokoh.

  1. Baja dan Besi

Baja dan besi juga menjadi salah satu bahan yang penting untuk proses pembangunan. Kalian harus memiliki keduanya untuk memperkokoh kekuatan tempat yang dibangun supaya lebih awet. Tanpa adanya besi dan baja tentu akan membuat bangunan menjadi rapuh seketika.

  1. Asbes

Bagi kalian yang ingin membuat rumah, asbes menjadi salah satu bahan yang diperlukan. Adanya asbes akan membantu rumah anda menjadi lebih cantik, kalian tidak akan melihat pemandangan genteng atau yang lainnya secara langsung.

  Cara Beli Berlangganan Tantan Melalui Playstore Terbaru 2020

Masih ada banyak lagi bahan-bahan bangunan yang ada, beberapa jenis bahan di atas merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan.

harga bahan bangunan

Harga Bahan Bangunan Terbaru

Berikut daftar estimasi harga bahan bangunan di tahun 2020!

  • Semen Rp. 50.000
  • Asbes Rp. 45.000
  • Pasir Rp. 350.000
  • Batu Koral Rp. 370.000
  • Batu Kali Rp. 320.000
  • Batu Bata Rp. 500 per biji
  • Batako Rp. 1800 per biji
  • Keramik Rp. 110.000
  • Baja Ringan Rp. 99.000
  • Besi beton Rp. 15.000 – Rp. 156.000
  • Tripleks Rp. 62.000 – Rp. 173.000
  • Kayu Rp. 8.000 – Rp. 128.000
  • Pipa Rp. 36.000 0,5 inc

Demikian artikel mengenai harga bahan bangunan terbaru Februari 2020. Bagi yang mau membangun rumah, atau toko, bisa menghitung berapa dana yang dibutuhkan. Besaran harga memang berbeda-beda tiap daerahnya ada yang murah, ada yang mahal, untuk itu sesuaikan saja dengan daerah Anda melalui toko bangunan.