Pengertian Harga Jual

Diposting pada

Harga jual adalah jumlah yang digunakan untuk mendapatkan barang yang akan dibeli. Ketika seseorang hendak membeli sebuah barang, maka harus menyiapkan uang sejumlah harga yang telah ditentukan oleh pemilik barang. Pemilik barang akan selalu menetapkan harga di awal, namun nilainya bisa berubah ketika adanya negosiasi. Karena terkadang, nilai yang ditentukan oleh pemilik tidak sesuai atau kurang pas dengan keinginan pembeli.

Harga Jual Barang Sangat Penting Dalam Penjualan

Penetapan harga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi barang, harga pasaran ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan barang tersebut. Maka dari itu, pemilik barang harus benar-benar memperhatikan harga yang akan ditawarkan, agar tetap mendapatkan keuntungan, bukan justru kerugian.

Tujuan Menentukan Harga Jual Barang

Mendapatkan Target Pasar yang Sesuai

Penentuan harga adalah salah satunya bertujuan untuk nantinya barang yang ditawarkan sesuai dengan target pasarnya. Hal ini perlu diperhatikan oleh pihak yang memproduksi barang. Dengan menentukan harga yang pas, akan membuat target pasar bisa dikuasai. Jadi misalkan sebuah produk memiliki target pasar dari kalangan bawah, tentu harga barangnya harus disesuaikan agar calon pembeli lebih mudah untuk memiliki barang yang diinginkan. Penentuan harga barang tentu harus sesuai dengan biaya produksi, sehingga nantinya bisa mendapatkan keuntungan meski harga rendah.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta, Update

Untuk Mempertahankan Kualitas Barang

Harga yang baik bisa ditandai dengan tertutupinya biaya produksi suatu barang. Ketika hasil penjualan menutupi biaya produksi, tentu produksi barang selanjutnya bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas barang yang dihasilkan. Kualitas barang bisa dijaga dengan menggunakan bahan-bahan yang sesuai, pekerja yang melakukan tugasnya dengan baik, hingga mesin produksi yang digunakan. Itu semua bisa dipenuhi dengan keuntungan yang didapat. Untuk itu, harga yang ditentukan harus memberikan keuntungan kepada perusahaan.

harga jual

Agar Penjualan Maksimal

Perusahaan tidak bisa menentukan harga terlalu tinggi atau terlalu rendah. Karena jika tidak sesuai, bisa membuat kerugian pada perusahaan. Penjualan maksimal tentu diharapkan oleh setiap perusahaan karena dengan itulah keuntungan bisa didapat. Harga yang sesuai dapat meningkatkan penjualan barang, karena harga tersebut telah disesuaikan dengan kondisi pasar, serta biaya produksinya. Ketika penjualan maksimal, tentu keuntungan besar akan didapatkan oleh perusahaan. Jadi sangat disarankan untuk tidak mematok harga barang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Bersaing Dengan Kompetitor

Persaingan dalam dunia perdagangan tidak bisa dihindarkan. Ini menjadi salah satu faktor mengapa harga barang harus benar-benar ditentukan dengan baik. Terkadang kompetitor terlalu semena-mena dengan menaik turunkan harga barang. Ini akan berdampak ke penjualan perusahaan nantinya. Ketika harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi dibanding kompetitor, kecil harapan untuk bisa menguasai pasar, namun bisa diatasi dengan memberikan diskon. Karena setinggi apapun harga , tidak ada gunanya jika tidak ada konsumen yang membeli.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Pesawat Lebaran Murah Terbaru Tahun Ini

Agar Untung Dan Balik Modal

Salah satu tujuan dari penentuan harga yakni agar mendapatkan keuntunga serta modal yang dikeluarkan bisa kembali. Untuk itu dalam menentukan harga , bisa didiskusikan dengan bagian produksi, penjualan ataupun bagian lainnya. Sehingga nantinya tercipta harga yang sesuai dan memberikan keuntungan untuk perusahaan.

Itulah artikel mengenai harga jual serta tujuannya. Dengan adanya harga membuat perusahaan bisa menganalisa keuntungan yang nantinya akan didapat. Sehingga tidak terjadi salah strategi dalam menjalankan usaha.