Daftar Harga Tiket Masuk Monumen Nasional (Monas) Tahun Ini

Diposting pada

Monumen Nasional atau biasa juga disebut dengan Monas ini adalah ikon Kota Jakarta yang tersohor. Tugu monas yang dibangun pada bulan Agustus tahun 1959 oleh para arsitek Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1961 diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno. Dan kemudian itu Monumen Nasional ini dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Monas juga dijadikan sebagai wahana membangkitkan semangat patriotisme bagi generasi sekarang dan juga masa depan. Didirikannya Tugu Monas ini bertujuan untuk selalu mengenang dan mengabadikan Perjuangan Pahlawan Revolusi Indonesia. Sekarang ini monas dijadikan salah satu pusat tempat wisata sekaligus pusat edukasi bagi masyarakat, tidak masyarakat jakarta saja, tetapi masyarakat dari luar jakarta atau bahkan dari luar Negeri juga dapat menikmati wisata dan suasana di Monumen Nasional.

Daftar Harga Tiket Masuk Monumen Nasional (Monas) Terbaru 2020

Lanjutkan Membaca

Tugu Monumen Nasional ini mempunyai gaya bentuk bangunan yang tersendiri dengan ciri khasnya yang unik. Ketika melihat Tugu monas yang paling dominan itu adalah adanya tugu api yang seolah tidak pernah padam, Api yang terletak diatas bangunan monas itu melambangkan semangat perjuangan bnagsa Indonesia yang tidak pernah surut. Lidah api yang ada di atas bangunan Tugu Monumen Nasional ini terbuat dari perunggu dan dilapisi oleh emas yang mencapai 50 kilogram.

Harga Tiket Masuk Monas

                                                Harga Tiket Masuk Monas
Jenis Tiket                         Puncak Monas         Cawan & Museum
Dewasa                                Rp. 15.000                 Rp. 5.000
Pelajar                                  Rp. 8.000               Rp. 3.000
Anak                                     Rp. 4.000               Rp. 2.000
Jakcard*                                                          Rp. 15.000
Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk This Is Me Bandung, Update Terbaru

Tiket Masuk dengan menggunakan Jakcard, harga yang telah tercantum belum termasuk dengan harga jakcard Rp. 15.000/kartu.

Memasuki kawasan Monas tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Jika ingin masuk ke bangunan tugu monas pengunjung akan dikenakan tiket. Untuk tiket masuk ke Tugu Monas kini diwajibkan untuk membeli kartu elektronik.

Tiket elektronik Monas ini selain digunakan untuk tiket masuk tugu monas saja tetapi juga untuk fasilitas umum yang lainnya seperti untuk tiket bus Trans Jakarta dan pengunjung juga akan dikenakan tiket untuk masuk ke cawan atau puncak Monas. Dan tiket elektronik ini dijual dengan beragam harga dari mulai Rp. 30.000 dengan saldo Rp.20.000.

Di Tugu Monas ini terdapat teropong yang telah disediakan tetapi hanya sedikit sehingga pengunjung yang ingin menggunakan teropong tersebut harus bergantian dengan wisatawan yang lainnya. Nah teropong inilah yang membuat tertarik pengunjung untuk melihat kota dengan menggunakan teropong, maka dari itu pengunjung diharuskan untuk membeli koin seharga Rp. 2.000 saja.

Pembelian tiket dibagi kedalam 3 sesi yaitu itu dilakukan pada pagi, siang dan juga malam hari. Jika pengunjung membeli tiket pada pagi hari maka hanya boleh naik ke tugu Monumen Nasional di pagi hari, begitupun dengan pembeli yang membeli tiket pada waktu siang dan sore.

BACA JUGA

Jam Operasional Monumen Nasional

                                        Jam Buka Monas (Selasa-Minggu)
Sesi 1                                                                          08.00 – 16.00 WIB
Sesi 2                                                                          19.00 – 22.00 WIB
Area Taman Monas                                                     07.00 – 24.00 WIB
                                      Jam Buka Ramadhan 2020
Tugu Monas / Museum                                                07.30 – 19.00 WIB

Tugu Monumen Nasional pada hari Senin ditutup dan dibuka pada hari Selasa sampai hari Minggu. Ada dua sesi waktu untuk masuk ke dalam Tugu Monumen Nasional yaitu sesi pertama pada pukul 08.00 – 16.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 19.00 – 22.00 WIB. Jika pada hari Senin bertepatan dengan hari libur Nasional, maka Tugu Monumen Nasional dibuka untuk umum.

Jika pengunjung ingin menikmati taman saja, Tugu Monumen Nasional ini dibuka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 24.00 WIB. Pada pukul 16.00 hingga 18.00 0perasional Tugu ditutup sementara untuk mengistirahatkan lift yang digunakan pengunjung.

Aktivitas Olahraga

Monas memiliki lahan yang sangat luas, Monas juga bisa dijadikan tempat olahraga bagi para pengunjung. Di taman monas menyediakan salah satu lapangan voli.

Banyak pengunjung yang melakukan aktivitas olahraga yaitu lari maraton yang mengelilingi lapangan Monas itu hampir setiap hari ada. Pengunjung juga dapat melakukan olahraga yang lainnya seperti bulu tangkis dan sebagainya, namun melakukan olahraga tersebut jangan sampai mengganggu aktivitas pengunjung yang lainnya.

Mengunjungi Museum Sejarah Nasional

Museum sejarah Nasional ini mempunyai ruangan yang dilapisi dengan batu marmer pada setiap dinding dan juga lantainya. Monas memiliki museum yang terletak 3 meter dibawah permukaan tanah dengan ukuran ruangan yaitu 80×80 meter. Museum Monumen Nasional ini mempunyai kapasitas yang bisa menampung pengunjung kurang lebih 500 orang. Di ruangan Museum Monumen Nasional ini berisi tentang Sejarah Indonesia dari zaman Prasejarah hingga pada masa Orde Baru.

Rute Angkutan Umum Menuju Monas

Jika pengunjung yang ingin berkunjung ke Monas Monumen Nasional Anda dapat menggunakan Bus TransJakarta yang tujuan untuk ke Kota-Blok M atau Pulogadung, kemudian turun ke Halte Monumen Nasional. Jika pengunjung menggunakan kereta commuter line, maka sebaiknya Anda turun di Stasiun Gondangdia. Setelah itu disambung dengan naik bus Kopaja P 20 tujuan Pasar Senen, kemudian ANda turun di Stasiun Gambir. Dari Stasiun Gambir Anda dapat berjalan kaki menuju Monumen Nasional.

Monumen Nasional – Monas Harga Tiket: Rp. 2.000 – Rp. 15.000 Jam Buka: 07.00 WIB-24.00 WIB No. Telepon: (021) 3504333 Alamat: JL. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110.