Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta, Update Terbaru

Diposting pada

Taman Sari Yogyakarta ini adalah sebuah istana air yang merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta, dengan bangunan bersejarah yang dibangun diatas tanah kebun istana Keraton Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta ini berada di JL. Komplek Wisata Taman Sari Pathen, Keraton kota Yogyakarta, DI Yogyakarta Indonesia 55133.

Bangunan tersebut yang efektif pada tahun 1765-1812 yang sekarang tidak lagi utuh, namun terdapat sisa-sisa bangunan istana air yang menjadi menarik perhatian para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara ditambah lagi dengan letaknya yang strategis ini membuat wisatawan menjadi mudah untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Pengunjung akan dikenakan biaya jika menikmati salah satu cagar budaya yang megah ini dengan tarif yang sangat terjangkau, untuk tiket masuk tersebut dibedakan antara wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara.

Pengunjung juga dapat menggunakan jasa pemandu wisata yang akan berlisensi, dengan harga yang telah ditawarkan relatif murah yaitu Rp25.000 dan disana para wisatawan akan dijelaskan secara detail mengenai istana dan juga sejarahnya.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Museum Indonesia, Update Terbaru
  • Tiket Wisatawan Domestik Rp5.000
  • International Tourist Rp15.000
  • Berfoto Rp3.000

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Untuk para wisatawan dapat berkunjung ke taman sari yogyakarta ini setiap hari di buka mulai pukul pagi hari sampai sore hari.

Berbagai Wisata di Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Kawasan cagar budaya tersebut pengunjung dapat melakukan menyusuri jejak runtuhnya dan juga sisa bangunan yang sangat megah ini. Pada dahulu Taman Sari Yogyakarta ini yang memiliki 57 bangunan dan memiliki luas tanah 10 hektar, yang terdiri dari gedung, danau beserta pulau buatan, kolam pemandian, lorong bawah air, kanal air, dan jembatan gantung dengan bangunan yang lainnya.

Dan sekarang istana air ini yang terdiri dari 4 bagian, tetapi cuman satu yang masih itu seperti asalnya yaitu pemandian umbul binangun dan sebagiannya lagi wilayah istana tersebut sudah menjadi pemukiman warga yang dulunya merupakan abdi keraton yogyakarta tersebut.
Gapura Agung Taman Sari

Gapura Agung Taman Sari tersebut merupakan sebuah tempat untuk memberhentikan kereta kencana sultan dan juga keluarganya.Dan gapura yang ada di pintu masuk bangunan tersebut di dominasikan dengan ornamen yang berbentuk bunga dan juga sayap burung.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Setu Babakan Terbaru Bulan Ini

Pesanggrahan

Pesanggrahan dulunya digunakan oleh sultan untuk melakukan bersemedi dan menyusun strategi perang, yang di dalamnya berfungsi sebagai penyimpanan baju perang, senjata, serta ritual menyucikan keris dan tepat berada didepan pesanggrahan tersebut terdapat lapangan yang dulunya difungsikan untuk tempat berlatih pedang.

Umbul Binangun

Terdapat kolam dengan air yang berwarna biru kolam tersebut termasuk dari 3 Umbul Binangun yaitu Umbul Kawitan, Umbul Pamuncar, serta Umbul Panguras. Untuk Umbul Kawitan adalah tempat pemandian untuk putri-putri raja, dan Umbul Pamuncar untuk pemandian para selir raja, Kedua Umbul kolam yang berada di satu tempat namun untuk Umbul Panguras tempatnya terpisah.

Sumur Gumuling

Sumur Gumuling yang berfungsi untuk dijadikan sebagai masjid bawah tanah, masjid tersebut yang terdiri dari dua tingkat dengan bentuk yang melingkar 360 derajat dan bangunan tersebut dibangun tengah berlubang.

Bangunan ini dibuat dengan penataan yang akustik dengan menghasilkan gema ke seluruh ruangan saat imam memimpin sholat. Dan pada bagian tengah masjid tersebut terdapat sebuah ruangan yang berbentuk persegi dan terhubung dengan 5 anak tangga. tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto yang sangat menarik, bahkan banyak yang mengadakan sesi untuk foto prewedding.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Taman Tebing Breksi, Update Bulan Ini

Gedung Kenongo dan Gedhong Gapura Panggung

Terdapat gedung yang tertinggi di bangunan istana air tersebut adalah gedung kenongo, gedung tersebut digunakan untuk bersantap raja, dan untuk wisatawan bisa menikmati golden sunset dan juga seluruh bagian taman tersebut. Gedung dengan memeiliki dinding dengan tinggi 2-4 meter selain gedung tersebut difungsikan sebagai tempat bersantap juga digunakan sebagai tempat mengintai musuh.

Untuk Gedhong Gapura Panggung yang terdapat relatif dengan ular disekelilingnya, gapuratersebut sering dijadikan sebagai spot foto yang instagrammable. Bangunan yang bertingkkat dua ini difungsikan untuk gerbang masuk utama untuk memasuki kompleks istana tersebut.