Harga Tiket Museum Ullen Sentalu Yogyakarta, Update Terbaru

Diposting pada

Museum Ullen Sentalu merupakan wisata yang bersejarah di Yogyakarta yang menjadi saksi bisu tentang keberadaan Dinasti Mataram yang masih berdiri hingga sekarang. Tempat wisata ini dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat edukasi.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata Museum Ullen Sentalu tersebut yang bertujuan untuk belajar dan sekaligus berwisata. Museum Ullen Sentalu yang berada di daerah pegunungan sehingga menghasilkan suasana yang sangat asri ditambah dengan sejuknya udara berada di 15-25 derajat celcius.

Di sana para pengunjung akan merasakan ketenangan karena keheningan suasana tersebut yang menyatu dengan alam, dengan pemandangan yang sangat indah itu yang ada di sekitar museum yang seolah-olah berpadu dengan benda-benda bersejarah di museum tersebut.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Harga Tiket Masuk ke Museum Ullen Sentalu ini dibedakan berdasarkan dengan pengunjung domestik dengan pengunjung mancanegara dan untuk dewasa dengan anak-anak. Nah para pengunjung akan dikenakan biaya dengan harga yang terjangkau untuk bisa masuk ke Museum Ullen Sentalu.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Tol Laut Ke Kalimantan dan Sulawesi Terbaru
  • Dewasa Domestik Rp40.000
  • Anak-anak Domestik Rp20.000
  • Dewasa Mancanegara Rp100.000
  • Anak-anak Mancanegara Rp60.000
  • KITAS Rp60.000

Jam Operasional Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata museum ini dibuka untuk dari hari Selasa sampai hari Minggu dan untuk hari Senin museum ini ditutup, mulai dari pagi hari sampai sore hari.

Napak Tilas Dinasti Mataram di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu yang memiliki area seluas 1,2 hektar yang dikembangkan dengan cara bertahap dengan nama nDalem Kaswargan, yang memiliki arti Rumah Surga yang menggambarkan suasana yang damai dan juga asri.

Pengunjung setelah memasuki gerbang akan disuguhkan dengan ruang pamer yang berupa artshop serta restoran, pengunjung akan melalui jalan yang berkelok, undakan dan juga labirin yang memberikan para pengunjung dengan nuansa pegunungan yang sangat indah.

Di dalam kolam tersebut terdapat sebuah kolam, taman, gapura, dan juga dinding yang menggambarkan sebagai keagungan para leluhur. Tempat ini yang telah menyajikan berbagai peninggalan dimulai dari sebuah patung, serta barang yang bersejarah.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Tol Surabaya Semarang Terbaru

Museum Ullen Sentalu ini masih dirawat dengan baik dan tidak hanya terdapat ben bersejarah saja melainkan sering mengadakan acara dan bahkan sudah termasuk standar internasional, terdapat jasa pemandu wisata pengunjung dapat menggunakannya disana nanti akan menjelaskan seluruh yang ada di museum tersebut.

Jasa pemandu wisata tersebut disebut dengan nama Educator Tour, dengan nama sebutan Educator Tour ini karena pemandu yang akan mengedukasikan kepada pengunjung dengan melalui penjelasan. Disana jasa pemandu wisata akan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

Terdapat pula Tour Audio yang akan menjelaskan dengan menggunakan audio, pengunjung dapat mendengarkan penjelasan tersebut lewat audio. Auso tersebut terdapat bahasa Mandarin, Belanda, serta Jepang.

Program Jelajah Budaya

Museum Ullen Sentalu selain menyediakan tour tetapi juga telah menyediakan sebuah program jelajah budaya yang bertujuan untuk memperkenalkan keragaman seni serta budaya yang ada di luar museum.

Mengikuti Kegiatan Klub

Terdapat pula acara rutin yang diselenggarakan dengan adanya tajuk Klub Diskusi, klub ini yang akan membahas tentang berbagai tema tentang budaya. Selain itu juga terdapat pula kegiatan yang sering diadakan pemutaran film dokumenter yang bercerita tent5ang sejarah pendirian keraton dan juga terbentuknya sebuah kota jogja.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk Jakarta

Fasilitas di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu ini selain menyediakan museum tetapi juga telah menyediakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yaitu seperti toko dan ruang pameran yang bernamakan Kaligonal, selain menampilkan pameran tetapi juga sering menampilkan pagelaran budaya dengan terdapat fasilitas restoran yang telah menyuguhkan berbagai menu yang ada di Indonesia hingga mancanegara.

Lokasi dan Transportasi ke Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta tersebut yang berlokasi di Jl. Boyong KM.25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.