Tips Belanja Di Marketplace
Tips Belanja Di Marketplace

5 Tips Belanja Di Marketplace

Diposting pada
Tips Belanja Di Marketplace
Tips Belanja Di Marketplace.|Unsplash.com

Belanja di marketplace bukan hal yang awam lagi. Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari hal ini sudah sering dilakukan. Dari mulai belanja kebutuhan fashion, makanan, bahkan untuk kebutuhan furniture sekalipun.  Terutama jika terdapat promosi di marketplace. Selain itu, di era ini sudah banyak marketplace yang dapat diakses dengan mudah.

Tips Belanja Di Marketplace

Sebenarnya belanja di marketplace secara umum sama dengan belanja offline atau ke toko. Namun, biasanya dikarenakan belanjanya secara online ada beberapa hal yang sering dialami. Dari mulai pengalaman yang menyenangkan hingga pengalaman yang kurang menyenangkan. Adapun untuk menghindari beberapa hal yang kurang mengenakan, kamu dapat mencoba beberapa hal berikut ini!

1.    Riset Produk Terlebih Dahulu

Seperti yang diketahui harga-harga yang ada di marketplace tercantumkan dengan jelas. Selain itu, meskipun produknya sama. Namun, terkadang harganya berbeda. Hal ini dikarenakan beberapa hal. Baik karena dipengaruhi oleh jarak, bahan, maupun hal lainnya.

Sehingga, untuk mendapatkan harga terbaik. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal dan dapat membeli barang dengan harga yang pas dikantong.  Untuk merawatnya pun cukup murah. Kamu hanya perlu memasukan kata kunci apa yang kamu cari. Setelahnya, akan muncul berbagai jenis produk yang sesuai dengan kata kunci yang kamu tulis.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank Ganesha dan Jabatannya

2.    Membaca Deskripsi Produk Dengan Detail

Ketika melakukan transaksi atau belanja di marketplace. Sangat penting untuk membaca deskripsi produk dengan seksama. Hal ini dilakukan agar kamu dapat terhindar dari produk yang tidak sesuai dengan kamu.  Misalnya, kamu ingin membeli sebuah panci listrik. Namun, karena kamu tidak membaca deskripsi dari produk tersebut.

Sehingga meningkatkan risiko kamu membeli barang tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini karena kamu tidak memperhatikan aspek lainnya. Seperti daya yang dibutuhkan panci tersebut berapa, material nya, dan lain sebagainya.

3.    Perhatikan Review Produk

Hal ini merupakan poin yang sangat penting. Pasalnya, kamu dapat mengetahui bahwa produk tersebut memang bagus itu dari review. Tentunya, penilaian dari para customer yang sebelumnya lebih jelas. Pasalnya, karena mereka telah membeli produknya terlebih dahulu.

Selain memperhatikan produk, perhatikan pula bagaimana cara penjual merespon berbagai tanggapan tersebut. Sehingga, kamu akan lebih memahami bagaimana service atau pelayanan yang dilakukan.

4.    Ambil Video Ketika Unboxing Produk

Seperti yang kamu ketahui, bahwa semua barang dalam marketplace itu beragama. Sehingga, ada yang mudah pecah, tahan banting, cepat rusak, dan lain sebagainya. Membuat kamu lebih asyik lagi belanja. Namun, usahakan ketika membuka paket yang telah diantar oleh jasa ekspedisi.

Baca Ini Juga  Gaji Pegawai Bank QNB Indonesia dan Jabatannya

Maka, seharusnya kamu langsung merekamnya. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Hal ini karena dapat memberikan jaminan dan pihak penjual pun tidak bisa lepas tangan begitu saja. Terutama barang-barang yang mudah pecah ( piring keramik, gelas kaca, guci, dan lain sebagainya).

5.    Belanja Di Marketplace Terpercaya

Kamu dapat melihat toko seperti ini dari bintang yang ia dapatkan, review, maupun cara ia membalas pesan, dan lain sebagainya. Biasanya, toko-toko yang sudah memiliki bintang banyak merupakan toko yang dapat dipercaya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips belanja di marketplace ini dapat kamu terapkan setiap saat kamu ingin membeli barang. Terutama, jika produk tersebut memang kamu butuhkan. Selain itu, jika kamu sudah belanja, harap mencantumkan review. Hal tersebut dapat membantu orang lain. Terutama jika reviewnya positif. Tentu hal tersebut akan sangat membantu sang penjual.