usaha yang cocok di kampung
usaha yang cocok di kampung.|Unsplash.com

5 Usaha Yang Cocok Di Kampung

Diposting pada
usaha yang cocok di kampung
usaha yang cocok di kampung.|Unsplash.com

Ada beberapa ide usaha yang cocok di kampung, sehingga kamu dapat menjalaninya disana. Biasanya, darah ini lebih asri dan tanahnya lebih subur dibandingkan dengan di kota. Nah, bagi kamu yang sedang bingung mau usaha apa, artikel ini cocok untuk kamu baca.

Usaha Yang Cocok Di Kampung

Wilayah ini terkenal dengan berbagai macam profesi. Hanya saja tidak sebanyak di kota. Selain itu, profesi yang paling umum di wilayah ini adalah nelayan dan petani. Tentu hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang untuk kamu, bukan? Nah, inilah beberapa usaha yang cocok kamu coba di kampung halaman!

1.    Usaha Pupuk Pertanian

Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa mata pencaharian di desa lebih banyak mengandalkan hasil bumi. Salah satunya adalah petani. Tentu, para petani membutuhkan pupuk dan bahan maupun peralatan untuk menunjang pekerjaan tersebut.

Hal tersebut dapat kamu jadikan lahan peluang usaha, bukan? kamu bisa menjual macam-macam pupuk, benih, peralatan, dan lain sebagainya. Dimana produk tersebut memang dibutuhkan oleh para petani di daerah tersebut,

Baca Ini Juga  7 Tips Mudik 2022 Dengan Aman

2.    Warung Sembako

Sebenarnya  orang yang usaha di bidang ini sudah banyak. Namun, tidak menutup kemungkinan hal tersebut tidak bisa kamu lakukan , bukan? Meskipun banyak, rezeki tidak akan tertukar. Salah satu strategi yang bisa kamu coba adalah membuat bahan atau produk yang ada di warung kamu lengkap. Dari mulai beras, telur, bumbu, makanan kaleng, tepung, dan lain sebagainya.

Selain itu, cobalah kamu pun analisa, asap saja kebutuhan pokok yang warga sekitar butuhkan, tetapi warung lain belum ada yang menyediakan. Nah, produk tersebut bisa kamu sediakan di warung. Dengan begitu, hal tersebut pun bisa jadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar.

3.    Warung Khusus Sayuran

Tentu makanan yang sehari-hari di konsumsi tidak terlepas dari sayuran, ikan, bumbu, maupun lainnya. Nah, hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai peluang. Untuk awal-awal, cobalah kamu survey mengenai harga di pasar maupun harga jual orang-orang yang suka berjualan sayur. Kemudian, setelah itu kamu dapat mencari supplier sayuran.

Baca Ini Juga  Bagged Packaged Goods Untuk Lebaran Murah

Biasanya, disana harganya lebih murah. Namun, jika tidak ada, kamu bisa membelinya dari pedagang biasa di pasar. Harga yang ditawarkannya pun sudah pasti lebih murah dibandingkan penjual sayuran di rumah. Sehingga, masih bisa kamu jual lagi.

4.    Pulsa Dan Data Internet

Usaha ini pun tidak kalah menariknya dengan ide usaha di atas. Hal ini karena internet sudah masuk ke berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk wilayah pedesaan. Namun, meskipun begitu, orang yang jualan pulsa dan data internet masih jarang. Nah, jika di daerah kamu pun sama seperti itu, ini bisa jadi lahan untuk kamu berjualan.

Untuk memulai berjualan sendiri, kamu bisa belanja di toko-toko besar terlebih dahulu. Bahkan kamu bisa bekerja sama dengan pihak-pihak penyedia provider. Dengan begitu, harganya pun akan jauh lebih murah, bukan? Karena mereka adalah pihak pertama.

5.    Usaha Yang Cocok Di Kampung Yaitu Perlengkapan Nelayan

Selain menjadi petani, di desa pun banyak pelayan. Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah atau dekat pantai. Ini bisa dijadikan ide usaha yang cocok di kampung. Namun, kamu perlu riset terlebih dahulu. Mengenai apa saja hal atau produk yang dibutuhkan oleh para nelayan.

Baca Ini Juga  Cara Mudah Kredit Hp Melalui Shopee

Ide usaha yang cocok di kampung ini dapat dijadikan bahan pertimbangan. Apabila kamu sudah yakin ingin kembali atau merintis usaha di kampung halaman. Namun, meskipun di desa, kamu pun perlu terus update kemampuan pemasaran. Sehingga, hasil yang kamu dapatkan pun lebih maksimal.