Mengenal surat pribadi.| Unsplash.com
Mengenal surat pribadi.| Unsplash.com

Harga Belanja- Surat pribadi cenderung lebih banyak digunakan untuk dapat mengekspresikan dengan leluasa perasaan dari penulis. Tidak hanya itu saja, jenis surat ini pun sering digunakan untuk mengkomunikasikan mengenai ide maupun gagasan. Sebelum adanya handphone maupun internet, dahulu surat dengan menggunakan tulis tangan menjadi salah satu metode mengirimkan pesan yang banyak digandrungi. Dengan begitu, orang-orang dapat saling bertukar cerita maupun informasi dari hal tersebut.

Pengertian  Surat Pribadi

Mengenal surat pribadi.| Unsplash.com
Mengenal surat pribadi.| Unsplash.com

Surat ini sendiri merupakan jenis surat yang secara personal ditulis untuk kepentingan pribadi. dimana  biasanya, orang menulisnya mewakili dirinya sendiri bukanlah lembaga atau instansi tertentu. Sehingga bahasanya pun lebih santai dan tidak formal atau sekaku surat resmi. Adapun isinya sendiri biasanya mengenali masalah atau kepentingan pribadi.

Seperti halnya pemberitahuan, menanyakan kabar, keperluan pribadi, permintaan, maupun tujuan komunikasi yang bersifat personal lainnya. Surat ini pun dapat menjadi salah satu sarana komunikasi antar anggota keluarga, baik dengan sanak keluarga, kakak adik, antar kerabat, orang tua, teman, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  7 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula, Catat!

Struktur Surat Pribadi

Meskipun tidak terlalu rumit dan bahasanya pun tidak terlalu kaku seperti halnya surat resmi. Namun, jenis surat ini memiliki struktur nya sendiri. Sehingga jika kamu ingin membuatnya atau membedakannya dengan surat resmi jauh lebih mudah.

Untuk stukturnya sendiri yaitu terdapat alamat dan tanggal surat, salam pembuka, kalimat pembuka, isi surat, penutup surat, dan salam penutup.  Selain itu, biasanya terdapat juga nama dan tanda tangan dari pengirim surat pada bagian akhirnya.

Ciri Dari Surat Pribadi

Walaupun surat ini cenderung lebih casual, tetapi kamu tetap perlu memperhatikan etika dan kesopanan dalam penyampaiannya. Baik kamu mengirimkannya untuk orang yang lebih mudah, seumuran, dan khususnya lebih tua. Untuk ciri-cirinya sendiri yaitu sebagai berikut!

  • Tidak perlu melampirkan nomor surat
  • Tidak menggunakan kop surat
  • Salam pembuka maupun penutup tidak kaku sehingga dapat berbeda-pedas setiap orang. Tergantung kepada siapa dan dari siapa surat tersebut dikirimkan.
  • Penggunaan bahasa santai
  • Format surat nya sendiri biasanya akan pengirim sesuaikan dengan kebutuhannya.
Baca Ini Juga  3 Buah Penghilang Bau Badan untuk Aroma Tubuh Lebih Baik

Jenis Surat Pribadi

Surat ini memang memiliki karakteristik tersendiri dalam pembuatannya. Sehingga lebih mudah dalam membedakannya dengan surat resmi. Selain itu, terdapat beberapa jenis yang masuk ke dalam kategori surat ini.

1.      Surat kekeluargaan

Jenis surat ini biasanya dibuat untuk anggota keluarga atau orang-orang yang pengirimnya kenal dengan baik. Seperti hanya saudara, sahabat, kekasih, orangtua, dan lain sebagainya. Pada zaman dulu, surat ini ditulis menggunakan tangan lalu dikirimkan kepada pos.

Akan tetapi, pada era sekarang macam surat ini dapat kamu sampaikan menggunakan surat elektronik. Seperti halnya email maupun aplikasi pesan lainnya. Bertukar kabar dengan anggota keluarga dapat mempererat jalinan tali silaturahmi maupun hubungan sosial.

2.      Surat setengah resmi

Surat ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu surat permohonan dan lamaran kerja. Meskipun ini tergolong dalam surat pribadi, tetapi kamu tidak bisa menulisnya dengan asal asalan. Misalnya, jika ingin menulis lamaran kerja, maka cobalah sampaikan tujuan maupun kelebihan yang kamu miliki.

Tentunya hal tersebut kamu sampaikan dengan memperhatikan tata bahasa dan jelas.   Begitu Pula dalam pembuatan surat permohonan, etika dan kesopanan sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Dengan begitu, tidak bisa kamu samakan dengan yang untuk keluarga, teman, maupun yang lainnya.

Baca Ini Juga  60 Gaji Karyawan PT Taspen Semua Posisi

Surat pribadi merupakan salah satu surat yang memiliki gaya bahasa kasual dan tujuannya yaitu untuk kepentingan secara personal. Meskipun begitu, kamu tetap harus menjaga kesopanan dan etika dalam membuatnya. Kamu pun dapat membaca informasi lainnya dengan mengklik ini. 

 

 

Bagikan: