hambatan dalam menjalankan bisnis online

5 Hambatan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Diposting pada

Meski terlihat mudah, menjalankan bisnis online ternyata tidak sesimpel yang banyak orang pikirkan. Pola kerjanya sangat berbeda jauh dengan bisnis offline. Ada banyak hambatan dalam menjalankan bisnis online, salah satunya Anda tidak bisa bertemu langsung dengan pembeli. Jika Anda tidak terbiasa dengan hal ini, maka akan sulit untuk menarik minat pembeli terhadap produk Anda.

Resiko jualan online juga perlu Anda perhatikan jika ingin menjalankan model bisnis ini. Karena ketika Anda strategi yang Anda terapkan salah, maka bisnis beresiko gagal. Pada artikel ini, kita akan membahas hambatan apa saja yang biasa dialami oleh pebisnis online. Anda bisa belajar dari hal ini agar tidak menemui kesalahan nantinya.

hambatan dalam menjalankan bisnis online

5 Hambatan Dalam Menjalankan Bisnis Online

Berikut ini beberapa hambatan yang kemungkinan Anda akan alami saat menjalankan bisnis online.

Persaingan yang Ketat

Berbeda dengan bisnis offline, bisnis online memiliki persaingan yang lebih ketat. Jika pasar Anda mencakup seluruh daerah di Indonesia, maka harus siap bersaing dengan pebisnis dari berbagai daerah. Karena tentu saja, jika produk Anda banyak yang menyerupai, maka akan menimbulkan persaingan. Ini merupakan salah satu contoh kendala dan hambatan yang paling sering dialami oleh pembeli.

Baca Ini Juga  5 Ide Bisnis Online Bukan Jualan Paling Menguntungkan

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan persaingan. Karena Anda bisa mempelajari bagaimana memenangkan persaingan dalam bisnis online. Hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran, Anda harus bisa membuat media promosi yang menarik. Sehingga pembeli akan datang untuk membeli produk kepada Anda.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Bisnis online memang sangat bergantung dengan koneksi internet. Jika koneksinya bagus, ini akan membantu Anda untuk melayani pembeli. Akan menjadi masalah pada saat melayani pembeli, namun koneksinya tidak stabil. Pembeli biasanya tidak sabar menunggu balasan pesan yang terlalu lama. Alhasil, mereka bisa saja membeli produk di penjual lain.

Maka dari itu, koneksi internet sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Hambatan dalam menjalankan bisnis online ini harus Anda pecahkan masalahnya. Sehingga nantinya bisa menjalankan bisnis online dengan baik.

Masalah Keuangan

Masalah keuangan juga menjadi salah satu hambatan dalam bisnis online. Berbeda dengan bisnis online, dimana Anda akan langsung mendapatkan uang ketika ada pembeli yang melakukan transaksi. Di bisnis online, mungkin Anda tidak langsung mendapatkan uang hasil penjualan. Sebagai contoh, ketika berjualan di marketplace seperti Shopee, Lazada. Uang hasil penjualan tidak bisa langsung di cairkan.

Baca Ini Juga  5 Situs Bisnis Online Tanpa Modal Dijamin Untung Besar

Bisnis online juga membutuhkan modal yang tidak sedikit, khususnya untuk melakukan promosi. Modal untuk promosi ini akan sangat berpengaruh untuk memenangkan persaingan. Anda harus mengelola keuangan dengan baik agar tidak bermasalah.

Komplain Pembeli

Setiap bisnis pasti akan ada masalah yang berkaitan dengan pembeli. Biasanya disebabkan oleh kelalaian karyawan atau bahkan pembeli itu sendiri. Dalam bisnis online, pembeli biasanya melakukan komplain melalui pesan, telpon atau memberikan penilaian negatif. Anda harus tetap bisa melayani pembeli dengan baik, meskipun mereka melakukan komplain secara tidak wajar.

Penipuan

Bisnis online juga sangat rawan penipuan, sehingga harus berhati-hati. Penipuan yang sering terjadi biasanya berupa struk pembayaran palsu. Ini akan menjadi masalah serius jika Anda tidak memperhatikan dengan baik. Anda harus teliti ketika mendapatkan struk pembayaran dari pembeli.

Demikian informasi mengenai hambatan dalam menjalankan bisnis online yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik agar bisnis berjalan lancar.