Modal untuk bisnis fashion muslim.| Unsplash.com
Modal untuk bisnis fashion muslim.| Unsplash.com

5 Modal Untuk Bisnis Fashion Muslim

Diposting pada

Harga Belanja- Modal untuk bisnis fashion muslim itu sangat murah dan tidak akan mencapai ratusan juta rupiah. Akan tetapi si calon penjualnya harus menentukan sistem perniagaan, apakah ingin berjualan secara online atau offline. Sedangkan kalau berjualan secara online, modalnya hanya 5-10 juta rupiah saja bahkan ada yang gratis (dropship).

Modal Untuk Bisnis Fashion Muslim

Modal untuk bisnis fashion muslim.| Unsplash.com
Modal untuk bisnis fashion muslim.| Unsplash.com

Selain online, kamu pun dapat memulai bisnis secara offline dan jika tertarik, tentunya modal yang dibutuhkan sangat besar. Salah satunya modal untuk membeli tanah serta membangun toko. Jadi, nominalnya bukan jutaan lagi bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Nah, di bawah ini kami akan mengulas modal standar untuk berjualan fashion. Ini ulasannya:

1. Modal Penyediaan Produk

Jika Kamu ingin berjualan fashion muslim, maka modal pertama yang harus dipersiapkan ialah modal untuk penyediaan produk. Modal ini berlaku untuk seluruh reseller kecuali dropship. Karena kalau dropship, biasanya yang mengeluarkan modal adalah perusahaan. Sedang Kamu tinggal membantu menawarkan saja produk tersebut ke pelanggan.

Untuk modal ini, Kamu cukup menyediakan uang Rp10juta, itu sudah mumpuni untuk membeli produk fashion yang lengkap. Untuk stok-nya tidak usah terlalu banyak, yang penting varian produknya yang harus tersedia. Sedangkan penambahan stok produk bisa dilakukan ketika usaha sudah berkembang dengan baik.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan untuk Jualan

2. Modal untuk Marketing

Mau berjualan secara online maupun offline, Kamu tetap membutuhkan teknik marketing atau pemasaran. Karena konsep ini yang akan mempermudah calon pelanggan untuk mengenal produk yang dijual. Sedangkan marketing usaha online dan offline memiliki perbedaan yang mencolok.

Kalau secara online, Kamu cukup membeli ponsel yang seharga Rp1jutaan dengan kuota Rp100.000 saja perbulan. Kalau menggunakan wifi, Kamu cukup menyediakan uang Rp400.000 setiap bulan. Nah kalau ini sudah terpenuhi, maka silakan tawarkan produk melalui WA, Tiktok dan FB menggunakan perangkat tersebut.

3. Modal Taksasi Program

Modal untuk bisnis fashion muslim yang berikutnya ialah, silakan sediakan modal taksasi program. Semisal, modal untuk merilis harga diskon, harga promo, beli satu produk dapat 2 produk dan lain sebagainya. Program semacam ini sangat penting karena bisa menjadi pengalaman pertama yang bagus bagi calon pelanggan.

Untuk nominalnya terserah Kamu. Jika jangkauan pasarnya cukup luas, tentu modal yang harus dipersiapkan sangat besar. Selain itu penyediaan modal juga tergantung berapa lama program tersebut diberlakukan. Kalau yang lumrah Rp2juta sudah lebih dari cukup untuk disediakan.

Baca Ini Juga  5 Cara Membuat Bisnis Online Di Instagram Agar Untung

4. Modal Kebutuhan Rumah Tangga

Baik berjualan fashion muslim secara online atau offline, kamu harus tetap menyediakan modal kebutuhan rumah tangga. Seperti di antaranya modal untuk biaya listrik, biaya air, uang bensin untuk kurir pribadi dan selainnya. Untuk modal ini sediakan saja Rp1juta perbulan.

Jika usaha masih kecil-kecilan dan berstatus rumahan, mungkin biaya kebutuhan rumah tangga bisa dibebankan ke belanja rumah tangga harian. Namun, ini tidak dianjurkan karena bisa merusak neraca keuangan usaha. Untuk itu, biaya listrik dan air untuk rumah harus dibedakan dengan biaya listrik dan air untuk usaha.

5. Modal untuk Gaji Karyawan

Kalau kamu memiliki usaha fashion muslim yang sudah maju, tentunya membutuhkan karyawan supaya pelanggan terlayani dengan baik. Untuk itu, kamu harus menyediakan modal baru untuk menggaji mereka. Untuk teknisnya terserah, apakah gaji diberikan bulanan atau harian.

Dan perlu diketahui, modal gaji karyawan tidak hanya untuk bisnis offline saja. Usaha online fashion muslim juga perlu untuk dianggarkan. Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan sudah populer dan dicari oleh banyak orang. Tentunya akan sangat kesulitan kalau usaha tersebut dijalankan sendirian.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Kentang Goreng Frozen untuk Jualan

Jika membaca ulasan di atas, maka bisa disimpulkan modal untuk bisnis fashion muslim yang paling standar adalah Rp20jutaan. Nah, kalau kamu ingin menjalankan usaha secara offline, maka modal harus ditambah dengan biaya sewa toko . Bahkan kemungkinan dana untuk membeli tempat untuk store maupun gerai yang berada di lokasi strategis menurutmu. Selain itu, baca juga infromasi lainnya yang menarik di rekomendasi.idseperti life stayle dan lain sebagainya.