startegi pemasaran untuk tingkatkan penjualan bisnis online

5 Strategi Pemasaran Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Diposting pada

Dalam memasarkan produk, memang butuh kreativitas serta pengalaman yang baik. Bukan hal yang mudah untuk membuat orang tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Apalagi jika produknya terbilang masih baru, dan belum banyak orang yang mengetahui. Namun, ada strategi pemasaran untuk tingkatkan penjualan bisnis online Anda.

Bisnis yang berkembang bisa ditandai dengan penjualannya yang terus meningkat. Untuk itu, Anda harus benar-benar memahami jenis-jenis pemasaran yang bisa dilakukan. Jangan sampai, kompetitor Anda lebih cepat dalam memenangkan persaingan. Orang cenderung untuk lebih memilih produk yang pertama kali mereka kenal. Sehingga Anda harus cepat dalam mengenalkan produk ke orang lain.

startegi pemasaran untuk tingkatkan penjualan bisnis online

5 Strategi Pemasaran Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Berikut ini beberapa jenis strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis online.

Gunakan Sosial Media

Pertama, Anda bisa menggunakan sosial media untuk meningkatkan penjualan bisnis online. Bukan rahasia lagi jika sosial media memang memiliki pengaruh besar terhadap bisnis. Hal ini karena setiap harinya, ribuan bahkan jutaan orang mengakses soaial media dengan durasi waktu yang lama. Sehingga sangat efektif jika Anda melakukan pemasaran melalui sosial media.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Web Gratis untuk Jualan Online

Ada beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan, seperti Facebook, Instagram, TikTok dan masih banyak lagi. Gunakan konten-konten yang menarik, agar orang lain tertarik.

Deskripsikan Produk Dengan Jelas

Agar pembeli tidak bertanya-tanya, Anda perlu mendeskripsikan produk dengan jelas. Deskripsi ini berkaitan dengan nama produk, kelebihan, komposisi jika produk makanan atau minuman dan sebagainya. Berikan penjelasan sejelas mungkin, sehingga pembeli akan lebih paham. Pastikan deskripsi yang Anda buat tidak bertele-tele, karena tipe pembeli online seringkali ingin cepat.

Jangan lupa untuk memberikan foto produk yang jelas, ambil foto dari beberapa sisi untuk menarik minat pembeli. Anda bisa menggunakan fotografer profesional sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus. Jangan lupa untuk membuat deskripsi yang tidak menimbulkan pro dan kontra.

Berikan Testimoni Pelanggan

Sebelum membeli produk, orang biasanya akan membaca testimoni dari pelanggan lain terlebih dahulu. Mereka cenderung akan lebih tertarik ketika mengetahui secara langsung perkataan dari pelanggan. Untuk itu, Anda bisa menambahkan testimoni dalam pemasaran yang bakal dilakukan. Testimoni ini bisa berupa pesan dari pelanggan beserta fotonya.

Baca Ini Juga  10 Ide Bisnis Online Untuk Anak Sekolah Modal Kecil

Calon pembeli pasti akan lebih percaya dengan adanya testimoni ini. Tapi perlu diingat, hanya testimoni yang positif saja yang nantinya ditampilkan.

Tunjukan Cara Pemakaian

Jika produk Anda masih baru, biasanya orang akan kesulitan ketika akan memakainya. Produk yang dimaksud bisa berupa peralatan, pakaian atau yang lainnya. Agar pembeli tidak khawatir ketika sudah membeli, Anda bisa membuatkan video tutorial pemakaiannya. Sehingga pembeli bisa mencobanya di rumah sendiri tanpa perlu khawatir.

Banyak pembeli baru biasanya khawatir ketika menggunakan peralatan atau produk yang belum pernah mereka gunakan. Dengan adanya tutorial ini, akan membantu mereka dalam menggunakannya.

Mudahkan Proses Pembelian

Meski banyak masyarakat yang sudah terbiasa dengan pembelian online, ternyata masih ada saja orang yang kesulitan. Biasanya mereka memang masih baru pertama kali, sehingga sering merasa bingung. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu memberikan kemudahan pada saat proses pembelian. Misalnya seperti mengalihkan proses transaksi ke Whatsapp, sehingga admin bisa memandu.

Itulah beberapa strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Jika ingin transaksinya lebih besar, Anda harus lebih gencar dalam melakukan pemasaran.

Baca Ini Juga  6 Ide Bisnis Rumahan yang Menghasilkan 10 Juta Perbulan