tips menentukan target pasar bisnis online

5 Tips Menentukan Target Pasar Bisnis Online yang Tepat

Diposting pada

Menentukan target pasar bisnis online merupakan salah satu hal yang paling krusial. Tidak selamanya bisnis online akan berjalan sesuai dengan rencana. Salah satu penyebab kegagalan dalam sebuah bisnis online adalah kesalahan dalam menentukan target pasar. Karena hal ini akan berkaitan dengan strategi pemasaran, komposisi produk dan sebagainya.

Ada banyak macam-macam target pasar yang biasanya dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, status sosial, kebiasaan atau hobi dan sebagainya. Banyak pebisnis yang tidak memperhatikan hal ini, mereka langsung saja menjalankan bisnis tanpa ada persiapan yang baik. Alhasil, bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana dan justru banyak mengalami kegagalan.

tips menentukan target pasar bisnis online

5 Tips Menentukan Target Pasar Bisnis Online yang Tepat

Untuk mengantisipasi kegagalan, Anda perlu melakukan analisis target pasar. Beberapa tips ini akan membantu Anda dalam melakukan hal tersebut.

Memahami Kebutuhan Konsumen

Pada dasarnya, bisnis adalah problem solving. Dimana Anda harus memiliki produk yang bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen. Sebagai contoh, konsumen membutuhkan pakaian yang nyaman dan tidak membuat mereka gerah saat dipakai. Anda bisa menyediakan pakaian yang mampu membuat konsumen nyaman saat memakainya.

Baca Ini Juga  Ide Bisnis Makanan Mewah Modal Kecil

Jika Anda masih meraba-raba mengenai kebutuhan konsumen, Anda bisa mencoba beberapa produk dan kemudian pasarkan melalui media sosial. Produk yang paling banyak dibeli bisa Anda fokuskan kedepannya.

Perhatikan Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen ini berkaitan dengan hobi yang sering mereka lakukan. Ada banyak jenis hobi, seperti memancing, berenang, naik motor dan sebagainya. Dari hobi tersebut, Anda bisa mengenali apa saja yang dibutuhkan oleh mereka. Jika produk Anda sesuai dengan hobi, maka itu bisa menjadi target pasar bisnis online Anda.

Dengan mengetahui target pasar ini, Anda bisa menyesuaikan strategi pemasaran dan sebagainya. Setiap bisnis memang memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda.

Manfaatkan Tools Untuk Analisa

Jika Anda ingin menjalankan bisnis online, sebaiknya mampu memahami penggunaan tools untuk analisa. Salah satu tools yang banyak dipakai yakni Google Trend. Dengan tools ini, bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang trend di daerah tertentu. Misalnya Anda memiliki produk berupa baju renang, dan masih kesulitan mencari target pasarnya.

Baca Ini Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Nasa Dijamin Untung Besar

Anda bisa mencoba melakukan analisa baju renang melalui Google Trend. Nantinya akan muncul beberapa informasi mengenai daerah-daerah yang banyak melakukan pencarian mengenai produk tersebut. Dan Anda bisa memfokuskan promosi di daerah tersebut, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Lakukan Riset Lapangan

Meski bisnis Anda nantinya akan sepenuhnya online, tidak ada salahnya untuk melakukan riset lapangan. Riset ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar secara langsung. Kunjungi tempat-tempat yang ramai dan tanya beberapa orang yang ada di sana berkaitan dengan produk Anda. Cara ini akan berguna untuk mengetahui apakah produk Anda memang banyak orang yang membutuhkan atau tidak.

Sesuikan Dengan Produk

Untuk menentukan target pasar, Anda bisa menyesuaikan dengan produknya. Sebagai contoh jika Anda memiliki produk berupa fashion, maka target pasar bisnis fashion bisa dari kalangan anak muda, khususnya wanita. Berbeda halnya jika produk Anda dominan untuk pria, maka harus menargetkan pemasaran untuk pria.

Bisnis online memang terlihat cukup mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Namun memang membutuhkan persiapan yang matang, sehingga bisnis tidak berhenti di tengah jalan.

Baca Ini Juga  Tips Bisnis Budidaya Ayam Petelur yang Prospektif

Demikian informasi mengenai tips menentukan target pasar bisnis online yang bisa Anda lakukan. Persiapkan bisnis dengan baik, sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana.