Cara Membuat Kue Nastar untuk Jualan, Enak Lembut dan Lumer

Cara Membuat Kue Nastar untuk Jualan, Enak Lembut dan Lumer

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat kue nastar untuk jualan.

Kue nastar adalah makanan yang wajib kamu hidangkan dalam setiap perayaan nasional atau keagamaan seperti Lebaran atau Natal. Makanan ini memang sangat cocok untuk di suguhkan kepada tamu yang berkunjung karena kue ini memiliki tekstur yang lembuh dan rasa yang enak.

Namun demikian, masih banyak orang yang  gagal dalam membuat kue ini sehingga rasa nastar buatannya menjadi tidak enak kering dan terasa seret untuk di makan.

Cara Membuat Kue Nastar untuk Jualan

Resep kue nastar yang akan kami bagikan ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai kue jualan. Cara membuat nastar memang terbilang susah-susah gampang, jadi simak artikel ini hingga akhir ya, supaya kamu mengetahui tips-tips dalam pembuatan nastar yang enak, lembut dan lumer di mulut.

Bahan membuat nastar:

  • 100 gr mentega kualitas tinggi
  • 30 gr gula halus
  • kuning telur

Bahan kering:

  • 125 gr tepung terigu
  • 15 gr tepung maizena
  • 30 gr keju parmesan parut
  • 10 gr susu bubuk
  • 300 gr selai nanas

Untuk pelapis:

  • kuning telur dikocok
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt air 

Baca Juga:

Cara Membuat Link WA untuk Bisnis Online

Cara Membuat Website Tanpa Coding

Cara membuat nastar lumer:

  • Pertama Ayak setiap bahan-bahan yang berwujud tepung. Campur bahan kering dalam satu tempat lalu sisihkan.
  • Kemudian letakkan mentega dan kuning telur pada suhu kamar selama sekitar 30 menit. Memotong mentega menjadi potongan-potongan kecil juga membantu mempercepat proses pelunakan mentega. Yang pasti, kamu perlu melunakan mentega dalam suhu ruang, jangan kocok mentega yang baru keluar dari lemari pendingin.
  • Setelah itu masukkan mentega dan gula ke dalam mangkuk pencampur dan aduk sampai rata dengan spatula karet. Tidak perlu menggunakan mikser. Mentega terlalu banyak akan membuat kue nastar kamu terlalu rapuh setelah Anda memanggangnya.
  • Lalu tambahkan kuning telur dan aduk menggunakan spatula. Tambahkan campuran tepung secara bertahap dan aduk dengan spatula karet.
  • Jangan heran jika adonan tampak kering dan sepertinya tidak menyatu pada tahap ini. Gunakan tangan yang bersih untuk mengaduk hingga adonan menyatu menjadi bola.
  • Mungkin agak lengket pada awalnya. Kamu boleh menaburkan sedikit tepung di tangan kamu, tetapi jangan menambahkan tepung lagi ke dalam adonan. Bungkus adonan dan dinginkan selama sekitar 30 menit.
  • Bagi adonan menjadi 35 bagian sama besar. Gulung menjadi bola dan ratakan menjadi lingkaran sekitar 5 cm. Letakkan isian selai nanas di tengah adonan, tarik ujung-ujungnya dan jepit hingga menutup. Tempatkan sisi jahitan di atas loyang yang dilapisi dengan kertas roti.
  • Dinginkan adonan nastar yang sudah berbentuk di dalam freezer selama 1 jam atau jika kamu melakukan ini sehari sebelumnya, tutup dan dinginkan di lemari es semalaman.
  • Panaskan oven pada suhu 150 derajat celcius 15 menit sebelum kamu berencana untuk memanggang adonan yang telah didinginkan. Ini untuk pengaturan oven konvensional.
  • Jika kamu memiliki oven modern (panas atas dan bawah, tanpa kipas), turunkan suhu sebanyak 20 derajat.
  • Panggang kue nastar selama 20 menit.
  • Setelah di panggang selama 20 menit adonan akan tetap terlihat lembut dan pucat (mentah). Keluarkan dari oven dan olesi dengan kocokan telur di sekeliling kue.
  • Tingkatkan suhu oven hingga 180 C dan panggang lagi selama 10 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan diamkan di atas loyang selama sekitar 5 menit lalu pindahkan ke rak pendingin agar benar-benar dingin.

Cara membuat selai nanas sendiri

Bahan:

  • 1 kg Nanas terbaik
  • 40 gr kayu manis batangan
  • 5 gr cengkeh batangan
  • 350 gr gula pasir

Langkah:

  1. Pertama-tama bersihkan nanas dan parut semua bagian nanas mulai dari bonggol, tulang dalam, dan dagingnya. Hal ini di lakukan agar mendapatkan tekstur selai nanas yang berserat.
  2. Setelah itu masak nanas parut di atas wajan bersih dan tambahkan kayu manis, cengkeh, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga mengental dan berwarna cokelat. Kami sarankan agar memasaknya lebih lama agar kandungan airnya sedikit.
  3. Angkat kemudian dinginkan.
  4. Setelah benar-benar dingin masukkan ke dalam kulkas atau freezer. Hal ini agar selai nanas mudah untuk di bulat-bulatkan dan mudah untuk dilapisi adonan.

Tips Membuat Kue Nastar untuk Jualan

Ada beberapa tips penting yang perlu untuk ketahui agar kamu dapat membuat nastar yang enak, lembut dan lumer di mulut.

1. Buatlah selai nanas beberapa hari sebelumnya

Memang tidaklah sulit dalam membuat selai nans ini, tetapi butuh waktu untuk memasaknya hingga mencapai konsistensi kental yang cocok untuk kue tar nanas. Selain itu kamu perlu mendinginkan selai nanas agar mudah untuk dibentuk. Selai nanas yang telah didin

2. Gunakan mentega yang berkualitas tinggi

Mentega memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam pembuatan nastar. Jika kamu memilih mentega kualitas rendah kamu akan mendapatkan nastar yang jelek juga.

3. Dinginkan adonan kue nastar

Jika selama ini kamu tidak penah menggunakan langkah ini. Mulai sekarang jangan lewati langkah ini karena mendinginkan adonan selama minimal 30 menit akan memudahkan untuk membentuk dan menggulung. Sehingga proporsi cetakan kue nastar kamu akan sesuai dengan rencana.

4 Bekukan adonan kue nastar yang sudah terbentuk

Jika kamu tidak membekukan adonan yang sudah terbentuk nastar, maka adonan kamu akan mengembang ke samping dan membuatnya jelek. Bahkan dalam beberapa kasus adonan dapat menempel satu sama lain. Bekukan adonan yang sudah terbentuk minimal selama 1 jam sebelum dipanggang.

5. Gunakan kocokan telur dengan kuas

Perpaduan telur kocok, susu, dan madu membuat kue tart yang mengkilat.

FAQ

Kenapa adonan kue nastar sulit dibentuk?

Cobalah untuk mendinginkan adonan sebelum dibentuk. Ketika kita mengadoni nastar yang terbuat dari mentega, ketika bersentuhan dengan tangan mentega akan mencair ditangan karena tangan kita hangat.

Kenapa kue nastar meluber ketika di oven?

Jika kamu tidak mendinginkan/membekukan adonan nastar sebelum memanggangnya dalam, kue nastar kamu pasti akan menyebar ke samping saat kamu memanggangnya. Membekukan adonan sebelum di oven dapat membantu menjaga nastart tetap menggembung.

Kenapa nastart tidak lembut/lumer?

Menggunakan campuran tepung terigu dan tepung maizena sangat berkontribusi pada kelembutan nastar buatan kamu dibandingkan saat kamu hanya menggunakan tepung terigu tanpa maizena.

Cara Menyimpan Nastar

Kue nastar sangat mudah sekali untuk di simpan. Kamu hanya perlu menyimpannya dalam wadah kedap udara. Jika dalam suhu ruangan kamu dapat menyimpannya dalam kurun waktu hingga 2-3 minggu. Namun jika kamu masukkan dalam lemari pendingin atau kulkas kamu dapat menyimpannya hingga 2 bulan.

Nah itulah tadi adalah pembahasan kita kali ini seputar bagaimana cara membuat kue nastar untuk jualan yang enak, lembut dan lumer di mulut. Kamu dapat memaksimalkan peluang binis kue ini dengan menggunakan media sosial dalam promosi. Kami tim hargabelanja.com mengucapkan terimakasih dan semoga sukses!

Baca Ini Juga  Soal PAI Kelas 2 SD dan Jawabannya

1 komentar.

Comments are closed.