peluang bisnis jual buku online

Peluang Bisnis Jual Buku Online Untung Besar

Diposting pada

Indonesia memang terkenal dengan tingkat keinginan membacanya yang rendah. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada orang yang suka membaca. Buktinya, peluang bisnis jual buku online kini kian menjamur, dan tak sedikit orang yang berhasil sukses dari bisnis ini. Hal ini yang membuat bisnis ini layak untuk Anda geluti, karena memang pasarnya masih sangat luas.

Kini buku bukan hanya sebatas media untuk belajar saja, bisa juga untuk hiburan. Karena sudah banyak genre buku yang tak kalah menarik, seperti romantis, horor dan sebagainya. Anda bisa menjual buku baik dalam keadaan baru maupun bekas. Untuk mendapatkan stoknya, Anda bisa daftar reseller buku dari berbagai penerbit langsung.

peluang bisnis jual buku online

Peluang Bisnis Jual Buku Online Untung Besar

Prospek bisnis jual buku online masih sangat bagus kedepannya. Banyaknya genre buku yang ada membuat pasarnya semakin luas. Dengan menjual buku secara online, maka jangkauan pasarnya tidak hanya di satu daerah saja. Ini yang membuat penjualan online seringkali lebih besar daripada offline.

Baca Ini Juga  5 Aplikasi Untuk Membuat Brosur Bisnis Online Terbaik

Jualan buku secara onlin membuat Anda tidak perlu khawatir sulit mendapatkan pembeli. Anda bisa dengan mudah memasarkan produk melalui marketplace maupun media sosial. Biaya operasionalnya jauh lebih hemat karena tidak memerlukan anggaran untuk sewa tempat.

Apalagi masyarakat Indonesia memang cenderung lebih suka belanja online. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda juga mempromosikan buku secara online.

Cara Memulai Bisnis Jual Buku Online

Ada beberapa langkah untuk memulai bisnis jual buku online agar menguntungkan, Anda bisa mempraktekannya.

Siapkan Modal

Dalam memulai sebuah bisnis, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup. Untuk modal bisnis jual buku online ini sebenarnya tidak terlalu besar, tergantung buku apa yang bakal Anda jual. Jika ingin menjual buku bekas, maka modalnya akan lebih sedikit. Berbeda jika Anda ingin menjual produk baru yang diambil dari penerbit, mungkin modalnya harus lebih besar.

Namun jika Anda mmemiliki stok buku bekas di rumah, Anda bisa memulainya dengan menjual buku tersebut. Sehingga tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis ini.

Baca Ini Juga  7 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga

Tentukan Jenis Buku

Ada berbagai jenis buku yang bisa Anda jual di pasaran. Mulai dari buku novel, komik atau yang lainnya. Dalam menjalankan bisnis jual buku online ini, bisa berfokus untuk menjual satu jenis buku saja atau beragam buku sekaligus. Sesuaikan dengan target pasarnya saja, jika targetnya anak-anak, mungkin bisa menjual buku khusus anak-anak.

Biasanya, jenis buku seperti novel yang paling laris di pasaran. Apalagi jika buku tersebut berasal dari penulis terkenal, pasti akan lebih cepat lakunya.

Cari Supplier Buku

Untuk mendapatkan stok buku, Anda bisa bekerjasama dengan penerbit langung. Akan tetapi, biasanya Anda perlu memesan buku dengan jumlah banyak sekaligus. Sebagai alternatif, Anda bisa bekerjasama dengan toko buku yang memiliki banyak stok. Biasanya tersedia untuk buku baru dan buku bekasnya. Dari segi harga juga jauh lebih murah, dan Anda bisa menyesuaikan dengan modal.

Promosikan Secara Online

Untuk melakukan promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace. Seperti Tokopedia, Lazada, Shopee atau yang lainnya. Kini berjualan online memang sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan produk melalui media sosial.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Analisis SWOT Bisnis Online Dan Contohnya

Demikian informasi mengenai peluang bisnis jual buku online yang menguntungkan. Bisnis ini memiliki prospek yang sangat bagus, sehingga layak untuk Anda coba.