Apakah Membuat Inverter Backlight Sulit?

Cara membuat Inverter Backlight TV LED – Rangkaian Backlight TV LED mungkin agak sedikit asing bagi Anda, biasanya hal ini sudah menjadi aktivitas sehari-hari tukang servis TV. Namun bagi Anda yang ingin membuat Inverter Backlight tidak perlu bingung, kalian bisa mempelajarinya sendiri untuk membuatnya.

TV LED bukan berarti salah satu jenis tv yang memiliki kualitas sangat baik. Untuk beberapa kendala pastinya akan terjadi dan biasanya dalam jangka waktu yang lama. Dari sekian banyaknya kendala yang ada, gambar gelap namun suara tidak ada menjadi salah satu kendala yang sering terjadi. Biasanya hal itu karena Backlight TV LED yang mati, inverter rusak, tegangan menurun, IIC TCon rusak, dan lain sebagainya.

Inverter Backlight TV LED

Rangkaian Backlight TV LED bisa Anda rakit dengan mudah yaitu mendapatkan komponennya terlebih dahulu. Untuk kendala ini tidak memandang jenis TV yang kalian gunakan seperti Panasonic 32 inch, sharp, polytron, LG, Samsung, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  4 Manfaat Kursus Bahasa Inggris

Untuk rangkaian backlight yang akan kami bagikan ini cukup sederhana karena hanya memakai 2 buah trafo 500 ma dan diode brideg, IC 555 yang bisa kalian temukan di pasaran. Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan trafo bekas charger hp sebagai pembangkit tenaga.

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Apakah Membuat Inverter Backlight Sulit?

Bagi kalian yang mengalami kendala dan ingin membuat inverter backlight TV LED bisa melalui tiga skema di antaranya:

  • Alat tes lampu LED TV menggunakan 2 trafo

Gunakan 2 buah trafo dan 4 buah diode 1N4007 atau memakai diode bridge sebagai penggantinya. Anda juga bisa menggunakan trafo ct atau non ct. Dengan menggunakan alat yang satu ini yaitu memiliki keunggulan auto voltage, yakni tegangan yang sudah keluar mengikuti kebutuhan banyaknya LED yang kalian tes.

  • Alat tes lampu minimalis

Cara membuat Inverter Backlight TV LED yang selanjutnya adalah mamakai alat tes lampu minimalis. Rangkaian backlight ini cukup sedikit dan lebih hemat biaya. Kurang lebih biaya yang harus Anda keluarkan RP10 ribu untuk mendapatkannya. Alat ini sudah auto voltage dan tegangannya mengikuti banyak lampu.

  • Alat tes lampu LED JT
Baca Ini Juga  10 Contoh Soal Gaya Lorentz Kelas 9 Beserta Jawabannya

Skema yang satu ini merupakan joule thieft dan Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat ukur lampu LED. Seperti yang ada di atas, alat ini sudah auto voltage dan kalian tidak perlu khawatir akan kerusakan yang terjadi. Menggunakan alat tes lampu LED JT cukup rekomended untuk Anda lakukan.

Ikuti beberapa skema di atas untuk membuat Inverter Backlight TV LED. Dengan cara ini tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menjalankannya.

Apakah Membuat Inverter Backlight Sulit?

Sesulit apapun dalam melakukan sesuatu pasti memiliki solusinya. Bagi kalian yang penasaran dan ingin membuat Inverter Backlight bisa mencobanya sendiri. Anda tidak perlu modal yang besar karena dengan budget RP10 ribu sudah bisa membuatnya. Yang terpenting kalian mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Cara membuat Inverter Backlight terbilang cukup mudah. Kalian harus memahami skemanya dan cari komponen di toko terdekat. Seperti halnya skema Voltage Doubler dengan IC 555 yang harganya murah dan mudah untuk Anda gunakan. Rakit dan coba pada projectboard untuk mendapatkan hasilnya.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Amerta Indah Otsuka dan Jabatannya

Namun jika Anda frustasi dan tidak bisa membuatnya sendiri, menggunakan jasa yang sudah berpengalaman akan lebih efektif. Untuk hasilnya sudah tidak perlu kalian ragukan karena dapat selesai dengan sangat cepat dan memiliki kualitas yang baik.

 

Bagikan: