cara membuat jamu kunyit asam

Hargabelanja.com – Halo sobat belanja! Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat jamu kunyit asam yang berkhasiat untuk diet.

Indonesia tidak hanya dikenal dengan makanannya yang beragam, tetapi juga dengan aneka minumannya yang tidak boleh dilewatkan. Contohnya adalah Jamu, salah satu minuman yang patut dicoba. Jamu terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah jamu kunyit asam.

Meski namanya jamu kunyit asam, bukan berarti minuman tradisional ini hanya memiliki rasa asam dan pahit yang sulit diterima lidah. Bahkan, jamu kunyit asam ini memiliki rasa yang manis dan segar serta nikmat. Selain itu, jamu kunyit asem ini tidak pahit seperti jamu lainnya.

Jamu asam asam terbuat dari berbagai bahan herbal dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain mengurangi nafsu makan, membakar lemak dalam tubuh dan dipercaya dapat memperlancar siklus haid. Nah, makan dari itu jamu kunyit asam tidak hanya dikenal sebagai minuman herbal tetapi juga sebagai minuman diet alami.

Baca Ini Juga  Among Us Mod Apk Download Versi Terbaru

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Setelah membaca informasi di atas, apakah kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah? Jika iya, kamu dapat mengikuti pembahasan langkah demi langkah cara membuat jamu kunyit asam berikut ini. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg kunyit
  • 1/4 kg gula jawa
  • 1/2 kg asam jawa
  • 2 liter air
  • Sedikit garam

Cara membuat jamu kunyit asam:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu kunyit asam. Kemudian cuci bersih kunyit yang sudah disiapkan lalu kupas kulitnya lalu parut kunyit.
  2. Selanjutnya, gunakan blender dan tambahkan kunyit parut. Blender hingga kunyit benar-benar halus, lalu siapkan wadah dan saringan untuk menyaring kunyit yang sudah diblender dan ambil air kunyitnya.
  3. Setelah itu, ambil panci dan campurkan air dan air kunyit yang sudah disaring di dalamnya. Tambahkan asam jawa, gula aren dan garam ke dalam panci, lalu didihkan semua bahan. Selalu aduk agar tidak gosong.
  4. Saat titik didih tercapai, angkat panci dan biarkan campuran asam jawa dan kunyit mendingin terlebih dahulu. Jika sudah dingin ramuan jamu kunyit asem siap digunakan. Jika kamu menginginkan sensasi yang berbeda, tambahkan es batu saat disajikan.
Baca Ini Juga  15 Contoh Soal IPS Kelas 8 BAB 3 Beserta Jawaban Lengkap

Cara menyimpan jamu kunyit asem

Jamu kunyit asam dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama jika menggunakan metode yang benar. Seperti dikutip dari laman ipb.ac.id, jamu kunyit asam jika disimpan pada wadah kaca gelap dan disimpan pada suhu pembeku maka bisa bertahan hingga 48 hari. Lumayan lama, jika untuk dikonsumsi pribadi. Nah berikut ini adalah cara membuat jamu kunyit asam agar awet:

  1. Setelah jamu kunyit asam dibuat langsung kemas menggunakan botol kaca berwarna gelap.
  2. Tutup rapat botol menggunakan penutup kedap udara.
  3. Lalu masukkan jamu tersebut kedalam freezer.

Nah demikianlah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat jamu kunyit asam untuk diet dan bisa bertahan lama. Semoga artikel ini membantu kamu ya. Jangan lupa untuk mengimbangi diet dengan olahraga rutin. Terimakaish telah berkunjung.

Bagikan: