Cara Memilih HP Gaming Terbaik Dijamin Lancar

10 Cara Memilih HP Gaming Terbaik Dijamin Lancar

Diposting pada

Perkembangan yang begitu cepat, seringkali membuat kita bingung memilih hp gaming yang akan dibeli. Sebagian besar harganya sangat mahal, tentu akan menjadi tantangan jika anggaran yang tersedia sangat terbatas.

Hp gaming membutuhkan spesifikasi yang bagus agar tidak lemot saat bermain game. Terlebih jika bermain game yang sering mengalami pembaruan.

Dengan memilih hp gaming yang bagus, berbagai jenis game baik ringan maupun berat dapat Anda mainkan dengan lancar.

Sebagian besar produsen hp menawarkan seri khusus untuk penggemar game. Tentu dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, agar tidak bingung ketika membeli hp untuk bermain game, kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Cara Memilih HP Gaming Terbaik

Bingung memilih hp yang cocok untuk game berat? Beberapa tips ini akan membantu Anda menemukan hp gaming dengan spesifikasi yang sesuai untuk bermain game.

1. Ukuran RAM dan Memori Internal Sesuai

Untuk bermain game, hp android gaming membutuhkan RAM dan memori internal yang cukup besar. Pasalnya, game-game saat ini memiliki ukuran yang besar, sehingga penyimpananya harus disesuaikan.

Semakin banyak fitur yang ada pada sebuah game, biasanya akan menjadikan ukurannya lebih besar. Untuk itu, perlu memperhatikan hal ini sebelum membeli.

Di sisi lain, penggunaan RAM juga penting saat bermain game. Jika hp gaming Anda memiliki RAM yang besar, maka tidak akan terjadi gangguan ketika bermain game berat.

Baca Ini Juga  Harga iPhone 10 dan Spesifikasinya

2. Menggunakan Chipset Terbaru

Dalam sebuah hp, chipset memiliki peranan yang sangat penting.  Tugasnya untuk mengatur berbagai tugas komputasi dan juga menghubungkan beberapa hardware yang ada di dalam hp.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait hp yang akan dibeli. Dengan begitu, bisa dengan mudah memastikan kualitas chipset yang digunakan sebuah hp.

Di dalam chipset ini terdapat beberapa komponen seperti prosesor, GPU, pengontrol manajemen perangkat dan lainnya. Jika chipset yang ada pada hp bagus, tentu komponen-komponen tersebut memiliki kinerja yang tinggi.

Ada beberapa brand chipset yang cukup terkenal, seperti Qualcomm, MediaTek, Exynos dan yang lainnya. Perhatikan serinya juga, karena performanya tentu berbeda-beda.

3. Memiliki Kapasitas Baterai Besar

Banyak gamer yang bermain game tidak hanya satu jam, bahkan bisa mencapai 5 jam sekaligus. Kebiasaan tersebut tentu tidak dapat dilakukan jika baterai hp yang digunakan memiliki kapasitas kecil.

Khusus untuk hp gaming, memang disarankan memiliki kapasitas baterai yang besar. Sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, pilih hp yang memiliki fitur save mode dan fast charging. Fitur tersebut akan membantu mempertahankan daya baterai dan memperpanjang durasi pakainya.

4. Ukuran Layar Besar

Kenyamanan menjadi hal yang sangat penting dalam bermain hp. Seorang gamer dapat bermain game dengan durasi yang lama ketika merasa nyaman.

Salah satunya caranya dengan bermain game menggunakan hp yang memiliki layar luas. Saat ini, banyak hp gaming yang menyediakan fitur fullview display untuk meluaskan area pandang dari penggunannya.

Bukan hanya luas, sebaiknya pilih hp dengan layar yang memiliki resolusi tinggi dan kerapatan layar yang baik untuk mengantisipasi pecah-pecah saat bermain game.

Pilih hp gaming murah yang memiliki resolusi Full HD 1080p dengan kerapatan layar di atas 400 ppi. Ini akan membantu Anda merasakan kenyamanan lebih saat bermain game.

Baca Ini Juga  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 11 Lite Resmi Indonesia

5. Terdapat Fitur Pendingin

Fitur pendingin pada hp sebenarnya bersifat opsional. Tidak semua hp gaming memiliki fitur yang sangat bermanfaat ini.

Dengan adanya fitur pendingin, hp yang digunakan untuk bermain game tidak mudah panas. Jika tidak ada fitur ini, hp yang terlalu panas dapat menyebabkan overheating yang berakibat kerusakan.

Anda tentu tidak nyaman dengan kondisi panas, untuk mengantisipasi hal itu digunakanlah aksesoris hp gaming ini.

Tapi tidak perlu khawatir jika hp yang Anda miliki tidak tersedia fitur pendinginnya. Karena saat ini sudah banyak produk kipas pendingin eksternal yang dapat ditempelkan ke hp saat digunakan.

Meski sedikit menganggu karena harus ditempelkan ke hp, namun cara ini sangat efektif untuk menstabilkan suhu hp agar tidak overheating.

6. Tidak Terlalu Berat

Ketika bermain game, biasanya seseorang akan menghabiskan hingga 3-5 jam. Dengan durasi selama itu untuk memegang hp, tentu akan menjadi masalah jika bobotnya terlalu berat.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk memilih hp yang memiliki bobot ringan. Saat ini, sebagian besar hp gaming memang sudah sangat ramping dan nyaman dipegang.

Tidak sulit untuk mencari hp yang cocok untuk game berat dan murah serta berbobot ringan. Anda bisa mengecek terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Biasanya, di bagian wadah hp atau kemasannya sudah dilengkapi informasi ini. Atau Anda bisa bertanya dengan customer service yang melayani Anda.

7. Fitur Lengkap

Untuk memberikan kenyamanan lebih saat bermain game, hp gaming sebaikya memiliki beberapa fitur penting ini. Salah satunya adalah memiliki dual battery, artinya di dalam hp ini terdapat dua baterai yang kapasitasnya terbagi.

Baca Ini Juga  Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A71

Selain itu, fitur headphone jack juga sangat dibutuhkan bagi para pemain game. Dengan adanya fitur ini, nantinya bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan suara dari game.

Fitur lain yang dibutuhkan adalah mode gaming yang sebenarnya semua hp gaming sudah memiliki fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kinerja hp yang Anda gunakan akan dimaksimalkan untuk bermain game.

Fitur terakhir yang sangat dibutuhkan adalah batasan mengisi daya. Anda dapat mengatur batas maksimal ketika mengisi daya, karena disarankan untuk mengisi daya tidak lebih dari 80%.

8. Sesuaikan dengan Budget

Setelah membahas berbagai hal yang berkaitan dengan hp, sekarang saatnya kita membahas dari sisi Anda. Hp gaming dengan spesifikasi yang bagus tentu memiliki harga pasaran yang tinggi.

Jika budget Anda pas-pasan, maka harus lebih jeli dalam memilih. Hp yang murah tidak serta merta memiliki spesifikasi yang buruk.

Pada intinya, harga akan sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan. Semakin tinggi harganya, tentu spesifikasi yang akan didapatkan semakin besar.

Sebagai catatan, jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran hp gaming dengan harga yang sangat murah. Pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu apakah hp tersebut original atau tidak.

Kesimpulan

Memilih hp gaming memang bukan perkara yang mudah, terlebih jika budgetnya terbatas. Anda harus menyesuaikan spesifikasi dari sebuah hp dan tentu budget yang tersedia.

Sebagian besar produsen hp sudah memiliki seri khusus untuk bermain game. Harga-harganya pun bervariasi, banyak yang menawarkan dengan harga terjangkau, tidak sediki juga yang memberikan harga selangit.

Tapi tenang, saat ini sudah banyak hp gaming 3 jutaan yang memiliki spesifikasi bagus. Hp tersebut sudah mampu digunakan untuk bermain game online seperti Mobile Legends, Free Fire dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara memilih hp gaming terbaik. Anda dapat membelinya melalui toko hp gaming di marketplace yang terpercaya.